Cara Mengetahui Review Palsu di Situs Belanja Online yang Meresahkan

Di Tips Android 221 views

Cara Mengetahui Review Palsu di Situs Belanja Online, AndroidSeluler,com ~ Perkembangan Infrastruktur internet Indonesia yang semakin maju tak Cuma memberikan berbagai kemudahan dalam memperoleh akses informasi saja. Hal ini juga telah memengaruhi kebiasaan netizen Indonesia dalam mengakses konten digital dan berbelanja online.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, kepercayaan konsumen untuk berbelanja online belum meningkat seperti sekarang ini. hal tersebut bisa dilihat dari menjamurnya situs jual beli online yang seakan memikat masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam aktivitas ekonomi digital tersebut.

Demi menjamin kenyamanan dan kepercayaan dalam berbelanja, para pelaku bisnis e-commerce tak hanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, namun juga membangun sistem yang menjamin keamanan setiap transaksi. Sistem rating dan review juga menjadi salah satu alat untuk memastikan reliabilitas penjual.

Tapi Sayangnya, tren belanja online ini ternodai oleh beberapa oknum penjual yang curang. Alih alih menarik minat pembeli, tak sedikit dari mereka yang membuat review palsu.  Nah untuk itu anda harus hati hati dan cermat memilih. Selain itu anda juga bisa mengikuti tips mengetahui review palsu di situs belanja online agar tidak tertipu dan menyesal. Langsung saja berikut tips selengkapnya

Tips Mengetahui Review Palsu di Situs Belanja Online

1. Jangan Terpaku Pada Jumlah Review Atau Rating

Jumlah review dan rating memang bisa menjadi indikasi popularitas barang yang hendak dibeli. Akan tetapi, tidak semua rating tersebut asli buatan konsumen. Tak jarang ada review palsu yang dibuat oleh akun anonim atau akun bayaran.

Jadi , anda juga perlu tahu. Review seperti ini tak selamanya berbau positif karena dalam beberapa kasus, ada juga review yang terkesan menjelek-jelekkan. Review seperti ini biasanya berasal dari kompetitor.

Saat melihat review yang banyak, sempatkan juga untuk membaca beberapa di antaranya. Dari sinilah anda akan memperoleh gambaran objektif dari produk yang hendak dibeli.

2. Bandingkan Beberapa Review yang Ada

Setelah membaca semua review asli ditulis oleh konsumen biasanya sangat beragam. Ada yang bernada positif, ada juga yang negatif. Akan tetapi selalu ada korelasi di dalamnya. Di sinilah kesempatan anda untuk mengidentifikasi apakah review yang ada itu asli atau palsu.

Setelah membaca semua review anda bisa membandingkan beberapa yang ada. Untuk melihat fakta, anda harus bisa melihat hubungan antara review-review tersebut. Perhatikan bagaimana konsistensinya. Jika terlalu banyak kontradiksi, ada kemungkinan beberapa review yang dibuat adalah review palsu.

Harus diakui, sebagian besar review memang terlalu singkat. Misalnya saja review yang kerap dijumpai di situs e-commerce Indonesia.

Jika sudah begini, informasi yang bisa diperoleh memang hanya sedikit dan terbatas pada aspek tertentu yang umumnya terkait dengan reliabilitas penjual. Sedangkan untuk review produk, anda memang harus mencarinya di sumber lain.

Selain itu, pada saat mencari review produk, pastikan juga untuk selalu mencari review dari beberapa sumber. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja.

3. Akses Sang Reviewer

Selain membaca review dan membandingkannya, anda sebenarnya juga bisa melihat beberapa informasi seputar reviewer. Dalam beberapa situs, anda bisa melihat review atau komentar apa saja yang pernah ditulisnya. Jika ingin mencari tahu informasi lebih banyak seputar pengalaman reviewer tersebut, anda juga bisa menanyakannya secara langsung.

Reviewer yang cukup aktif memberi review dan benar-benar menggunakan barang yang ia review umumnya tidak akan keberatan untuk membagikan pengalamannya kepada calon pembeli lain. Dari mereka, anda juga bisa mengetahui apakah produk yang hendak anda beli itu memang layak beli atau tidak. Bahkan, tidak jarang mereka memberi rekomendasi produk yang lebih baik.

Nah, itu tadi Tips- tips Mengetahui Review Palsu di Situs Belanja Online yang bisa kami sampaikan. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk dipakai pada belanja offline.

Baca juga:

Tips diatas harus anda ketahui dan dipraktekan agar anda tidak terlena dan akan menyesal dikemudian hari. Pastikan juga selalu menyimak laman dfatarandroid,com karena aka nada banyak sekali tips dan trik memilih barang berkualitas. Sekian dan semoga bermanfaat [AndroidSeluler/Jt]

4 Seri Samsung Galaxy Tahan Air dan Debu Cocok Untuk Penggiat Ekstrim
Daftar Kamera Sejutaan yang Tak Kalah Bokeh Dengan DSLR

Tags: #Cerdas Dalam Transaksi Online #Cermat Dalam Jual Beli Online #Tips Belanja Online #Tips Beli Barang Secara Online #Tips Sebelum Beli Barang Secara Online #Tips Transakasi Online #Trik Mengetahui Review

author
Penulis: 
    9 Cara Mengatasi dan Memperkuat Sinyal Lemah HP Android Tanpa Aplikasi
    9 Cara Mengatasi dan Memperkuat Sinyal Lemah HP Android Tanpa Aplikasi
    Cara Memperkuat Sinyal Hp, AndroidSeluler.com ~ Sinyal
    Tips Agar Baterai Hp Android Tidak Cepat Jebol dan Rusak
    Tips Agar Baterai Hp Android Tidak Cepat Jebol dan Rusak
      Mencegah Baterai Hp Android Cepat Jebol,AndroidSeluler.com
    Inilah Tips Menghadapi Hater di Internet, Jangan Terpancing!
    Inilah Tips Menghadapi Hater di Internet, Jangan Terpancing!
    Tips Menghadapi Hater di Internet , AndroidSeluler.com
    Cara Mencoba Fitur Android Oreo Tanpa Update
    Cara Mencoba Fitur Android Oreo Tanpa Update
    Mencoba Fitur Android Oreo, AndroidSeluler,com ~ Google

    Tinggalkan pesan "Cara Mengetahui Review Palsu di Situs Belanja Online yang Meresahkan"

    Baca Juga×

    Top