3+ Cara Menyatukan File PDF Sekaligus Dengan Mudah dan Cepat

3+ Cara Menyatukan File PDF Sekaligus Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menyatukan File PDF, AndroidSeluler.com ~ Penggunaan PDF sudah tak asing lagi bagi banyak orang terutama di dunia kerja. Banyak orang memilih menggunakan format PDF karena dinilai sangat praktis bagi penggunanya.

Namun ada yang masih bingung kala menyatukan file PDF satu dengan file yang lainnya agar lebih mudah membukanya. Tapi sekarang kamutak usah bingung lagi sebab artikel ini akan menjelaskan tips dan trik menggabungkan PDF.

Tapi sebelumnya disarankan terlebih dahulu melakukan rename atau mengubah nama file PDF supaya lebih urut contohnya Jaringan Bagian 1, Jaringan Bagian 2, Jaringan Bagian 3 dan seterusnya. Hal ini dilakukan supaya file yang akan digabung tidak berantakan dan sesuai urutannya.

3+ Cara Menyatukan File PDF Menjadi Satu Dengan Mudah dan Cepat

Terdapat tiga cara termudah dan paling cepat untuk menggabungkan file PDF diantaraya menggunakan tool online dari iLovePDF, menggunakan Adobe Acrobat Pro dan dengan menggunakan NitroPDF. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak ulasan berikut ini:

A. Menggunakan Tool Online iLovePDF

Untuk bisa menyatukan file PDF kamu bisa menggunakan cara online melalui iLovePDF. Situs ini menawarkan bagaimana menggabungkan dan memisahkan PDF atau mengubah PDF ke Word dengan mudah dan tanpa ribet. Caranya:

1. Kunjungi situs iLovePDF

2. Lalu upload file PDF yang ingin kamu gabungkan menjadi satu dengan klik tombol Select PDF files.

3. Gabungkan file PDF secara berurutan seperti Jaringan Bagian 1 Jaringan Bagian 2, dan seterusnya menjadi satu file PDF. Lalu pilih MERGE PDF.

4. Kemudian tunggulah beberapa menit saat proses penggabungan file. Bila berhasil digabung, file akan terdownload otomatis.

5. Bila file tidak otomatis terunduh, kamu bisa download ulang dengan klik Download Merged PDF.

B. Memakai Adobe Acrobat Pro

Adobe Acrobat Pro adalah software freemium yang bisa digunakan untuk mengolah file PDF seperti mengedit, membaca, menggabungkan dan masih banyak lagi. Inilah cara menggabungkan file PDF (2 file atau lebih) menggunakan Adobe Acrobat Pro:

1. Bukalah Adobe Acrobat Pro, lalu pilih Create > Combine Files into a Single PDF.

2. Kemudian pilihlah Add Files untuk menambahkan file PDF yang kamu mau gabungkan  menjadi satu. Atau bisa juga dilakukan dengan drag file secara berurutan

3. Lalu pilihlah opsi List View. Kamu harus pastikan file PDF yang akan disatukan sudah terurut dengan benar. Setelah itu klik Combine Files.

4. Tunggulah beberapa saat, setelah itu hasil gabungan file PDF terbuka secara otomatis. Simpanlah file PDF yang sudah disatukan dalam nama file dan lokasi folder dengan pilih File > Save As.

C. Menggunakan NitroPDF

Nitro PDF adalah software PDF viewer yang tak kalah populer dengan Foxit Reader dan Adobe Acrobat Pro. Kamu bisa menyatukan file PDF menjadi satu menggunakan NitroPDF dengan cara berikut ini:

1. Bukalah NitroPDF, lalu pilih Combine

2. Pilih Add Files untuk upload file PDF yang ingin digabung

3. Kemudian pilih Create untuk menyatukan beberapa file PDF menjadi satu

4. Lalu pilihlah lokasi folder dan pilih nama file yang kamu inginkan, seperti: Gabungan Jaringan 1, Gabungan Jaringan 2, dan seterusnya. Kemudian pilih Save.

5. Tunggulah beberapa saat tergantung berapa ukuran atau halaman PDF yang digabungkan. Bila proses penggabungan berhasil maka file PDF hasil gabungan akan otomatis terbuka.

Baca Juga:

Nah itu dia ulasan tentang cara menggabungkan file PDF menjadi satu dengan mudah dan cepat. Jadi kamu tak perlu bingung lagi bagaimana menggabungkan file PDF untuk kebutuhan dokumentasi. Semoga bermanfaat! [AndroidSeluler/ Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *