5 Tips Jitu Agar Laptop Tetap Awet, Silahkan Coba!

Hal Yang Dilarang Agar Laptop Awet, AndroidSeluler.com ~ Sebagian orang lebih memilih menggunakan laptop daripada komputer atau PC, Selain mudah untuk dibawa kemana-mana . Laptop juga memiliki banyak fungsi layaknya PC. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak memperhatikan  laptopnya sehingga mudah  rusak.

Perlu diketahui, laptop yang tidak dirawat, biaya perawatanya akan sangat mahal. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat laptop contohnya seperti kebersihan, peletakan atau pemakaianya. Berikut tips agar laptop anda tetap terawat dan tidak cepat rusak.

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Laptop Rusak

1. Jangan Taruh di Atas Kasur

Biasanya memang sangat nyaman ketika sedang melihat film di laptop sambil berbaring dikasur. Tak sedikit dari kita memilih lebih nyaman menaruh laptop di atas kasur. Sebenarnya hal ini sangat berbahaya bagi laptot tersebut karena akan terjadi overheat atau panas yang berlebih.Hal tersebut terjadi karena lubang udara dibawah laptop tertutup oleh sprei. Baiknya taruh laptop pada permukaan yang keras seperti kayu, agar sirkulasi udara tetap berjalan.

2. Jangan Membuka Layar Dari samping

Ketika sedang terburu-buru, biasanya akan lebih mudah membuka layar laptop melalui samping. Sebenarnya hal ini tidak terlalu membahayakan. Namun jika anda sering melakukanya hal ini dapat membuat engsel laptop anda mudah  patah pada satu bagian. Cara yang tepat adalah letak tangan tepat membuka ditengah atau diatas kamera, jadi tumpuan  pembukaanya tepat di kedua engsel. Jika hanya dari salah satu engsel, maka tumpuan pembukaan akan lebih terbebani hingga bisa patah

3. Jangan Biarkan Debu Menumpuk di Atas Keyboard

Keyboard  pada laptop sering sekali cepat terkena debu. Jika kita tidak memperhatikan kebersihanya, tuts pada keyboard tidak akan berfungsi. Baiknya sering bersihkan keyboard dengan menggunakan  kuas. Jangan sampai lupa membersihkan  keyboard jika iya, anda harus mengganti keyboard dengan yang baru.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Layar

Layar pada laptop memang sangat rentan rusak, jika terinjak atau jatuh bisa saja layar akan menjadi rusak. Ada baiknya jangan menaruh barang yang berat diatas laptop karena bisa menyebabkan LCD retak.

5. Jangan Digunakan Terlalu Lama

Karena keasikan bermain game atau menonton film, laptop digunakan terus menerus. Alangkah baiknya jika anda sudah menggunakan laptop lebih dari 3 jam , baiknya diistirahatkan dulu. Hal ini mencegah agar laptop tidak menjadi overheat atau panas.

Baca Juga:

Demikian 5 hal yang bisa anda  lakukan guna merawat laptop kesayangan anda agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! [AndroidSeluler/jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *