5 Tips Mencegah Pembajakan WiFi Milik Anda yang Meresahkan!

Tips Mencegah Pembajakan WiFi, AndroidSeluler,com ~ WiFi merupakan salah satu kebutuhan yang memang terbilang penting saat ini, pasalnya hal tersebut memungkinkan anda untuk terkoneksi dengan internet. Apalgi internet merupakan barang wajib.

Nah biasanya WiFi yang anda miliki ini dengan menggunakan router atau modem yang bisa dibawa kemana-mana. Dengannya anda bisa berbagi akses internet dengan orang terdekat. Namun bagaimana jika orang asing iseng membajak WiFi milik anda?

Mereka tidak hanya dapat akses internet cuma-cuma. Lebih dari itu, mereka bisa mengintip hasil browsing dan data anda. Bahaya bukan? Tapi jangan khawatir, ada lima hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah Pembajakan WiFi itu terjadi,  simak tips berikut ini.

5 Tips Mencegah Pembajakan WiFi Milik Anda

1. Rutin Mengganti Password WiFi

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengamankan WiFi. Anda bisa melakukannya melalui pengaturan router. Biasanya, ada panduan untuk mengubah kata sandi di tiap router.

Pilihlah kata sandi yang mudah diingat, tapi cukup sulit dibajak. Lebih baik lagi menggunakan gabungan huruf kecil, kapital, dan angka. Meskipun agak merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada memperbaiki, bukan?

2. Cek Pengguna WiFi

Setelah mengubah kata sandi WiFi, beberapa pengaturan lain perlu dilihat. Di laman pengaturan, biasanya terdapat daftar siapa saja yang sedang menggunakan WiFi anda. Jika ada gawai asing, anda perlu mewaspadainya. Bila perlu remove sekalian.

3. Gunakan Aplikasi untuk Memantau

Ada tips tambahan, yaitu menggunakan aplikasi. Misalnya saja Fing yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa gunakan Acrylic WiFi, sedangkan untuk macOS, gunakan Who Is On My WiFi. Semua aplikasi di atas tersedia secara gratis dan membantu anda memantau jaringan WiFi.

4. Update Router

Untuk meningkatkan keamanan, anda juga perlu meng-update sistem operasi router. Pastikan router anda menjalankan sistem operasi terbaru. Biasanya, tiap update akan menghadirkan peningkatan keamanan. Anda bisa temukan caranya di buku panduan tiap router.

5. Instal VPN

Meskipun Virtual Private Network (VPN) tidak membantu sepenuhnya, setidaknya VPN menambah lapisan keamanan WiFi. Kalaupun orang asing bisa menembus jaringan WiFi, mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengintip hasil browsing dan data anda.

Sebagai catatan, jika anda memasang VPN, hal ini akan menyebabkan sedikit penurunan kecepatan internet.

Baca juga:

Nah itulah tadi Tips Mencegah Pembajakan WiFi Milik Anda, bagaimana, anda bisa melakukan semua tips di atas bukan? sekian dan selamat mencoba. [AndroidSeluler/Tl]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *