Ternyata Beberapa Aksesoris Laptop Ini Malah Bisa Merusak Port USB

Aksesoris Laptop Ini Malah Bisa Merusak Port USB, AndroidSeluler.com ~ Universal Serial Bus atau biasa disebut USB merupakan tipe konektor yang sudah umum diterapkan pada semua device di dunia. Mulai dari kabel data untuk printer, keyboard, bahkan smartphone. karena terbiasanya memakai perangkat berbasis USB, tak terhitung berapa kali dalam sehari kita menggunakan port (lubang) USB laptop.

Namun, inilah yang sering kali tidak menjadi perhatian kita. Ternyata ada beberapa alat berbasis USB yang jika digunakan dalam jangka panjang akan merusak port USB laptop. Apa sajakah alat tersebut? simak ulasan berikut ini.

3 Aksesori Laptop Ini Ternyata Dapat Merusak Port USB

 

Kipas Portable USB

Saat ini kipas kecil dengan konektor USB atau biasa disebut kipas portable sudah umum beredar di pasaran. Selain harganya murah, sifat praktisnya juga sering menjadi daya tarik. Jika anda tertarik untuk membeli kipas tersebut, sebaiknya pikir ribuan kali.

Untuk menyalakan kipas ini, dibutuhkan voltase yang lebih tinggi dibandingkan dengan cooling pad. Jadi, tidak mengherankan jika tiba-tiba port USB laptop anda tidak berfungsi setelah menggunakan kipas ini.

Cooling Pad

Sering kali kita menggunakan cooling pad sebagai usaha untuk mendinginkan laptop. Namun, jika cooling pad digunakan berjam-jam, hal itu akan mengurangi umur wajar port USB laptop anda. Sebaiknya gunakan cooling pad hanya saat laptop anda benar-benar terasa panas, dan jangan digunakan lebih dari satu jam.

Untuk menghindari panas berlebih, tutup aplikasi yang tidak anda gunakan agar kinerja RAM tidak terlalu berat. RAM yang bekerja lebih akan menambah panas laptop anda.

LED USB

Inilah kesalahpahaman yang sering terjadi. Sebenarnya LED USB diproduksi sebagai alternatif penerangan dengan power bank sebagai sumber tenaganya. Jadi penggunaan LED USB pada laptop sangat tidak disarankan.

Itulah tadi beberapa aksesoris laptop yang bisa merusak port USB. Semoga setelah membaca ini anda mulai mengubah kebiasaan dalam menggunakan alat-alat tadi. Dan lebih berhati-hati dalam memakaikan aksesoris. Jika anda memiliki aksesoris lain yang merusak, jangan sungkan untuk share dikomentar ya. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *