Alasan Kenapa Kecepatan Internet Tidak Sesuai Dengan Iklan

Alasan Kenapa Kecepatan Internet Tidak Sesuai Iklan, AndroidSeluler.com ~Internet, semua orang hampir tahu dan sangat membutuhkanya saat ini Pasalnya hampir setiap tugas yang dikerkamin kini sangat membutuhkan koneksi internet. Mulai dari mengerkamin tugas kantor, sampai mengerkamin tugas sekolah.

Internet sendiri saat ini semakin mudah didapatkan. Mulai dari operator seluler sampai yang benar-benar ISP sudah memiliki cakupan area layanan yang luas. Namun kenapa terkadang kecepatan internet yang anda beli tidak sesuai sama iklannya? Mau tahu alasannya? Yu simak jawabanya di bawah ini

Alasan Kenapa Kecepatan Internet Tidak Sesuai Dengan Iklan

Internet saat ini semakin mudah untuk didapatkan, karena bahkan operator seluler pun saat ini sudah menjadi ISP. ISP merupakan singkatan dari Internet Sevice Provider yang berarti penyedia jasa layanan internet. Anda bisa mendapatkannya baik di perusahaan yang benar-benar merupakan ISP seperti Moratel ataupun operator seluler seperti Indosat.

Namun kenapa kecepatan internet yang anda beli kerap kali tidak sesuai dengan iklannya? Yuk, simak penjelasanya berikut sebelum benar benar menyalahkan provider.

1. Satuan yang Dipakai Berbeda

Yang pertama, alasannya adalah karena pada umumnya perhitungan satuan yang anda gunakan dan ISP gunakan itu berbeda. ISP pada umumnya mempergunakan satuan Mbps (huruf b kecil) pada kecepatan internet yang mereka tawarkan. Sementara pada komputer atau smartphone anda yang terhubung dengan internet menggunakan satuan MBps (huruf B besar).

Apa bedanya? Mbps adalah satuan Mega bit per second, sementara MBps adalah satuan Mega Byte per second. Perbedaannya adalah pada bit dan Byte. 1 Byte sendiri, berarti adalah 8 bit. Jadi kalau ISP anda menawarkan kecepatan 8 Mbps, maka kecepatan pada komputer atau smartphone anda akan menunjukkan angka kisaran 1 MBps.

Untuk lebih jelasnya simak di sini

Baca: Kenali Perbedaan Mbps Dengan MBps Biar Tidak Terkecoh Oleh Iklan Paket Internet

2. “Hingga Sampai” Atau “Up To” Sekian Mbps

Alasan selanjutnya adalah karena kecepatan internet yang ditawarkan ISP adalah “Up to” atau “Hingga sampai”. Yang artinya, apabila ISP anda menawarkan kecepatan 8 Mbps, maka itu artinya adalah “Hingga sampai” 8 Mbps. Jadi seandainya kecepatan anda hanya 5 Mbps, ya ISP anda tidak salah, karena memang seperti itulah layanan yang ditawarkan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kecepatan 8 Mbps yang ditawarkan oleh ISP anda merupakan kecepatan dari jalur inti atau utama. Jalur inti atau utama ini dipakai juga oleh orang lain, tidak hanya anda seorang. Kalau yang memakai hanya anda sendiri, tentu akan mampu mencapai kecepatan hingga 8 Mbps.

3. Kekuatan Sinyal

Selanjutnya, yang menjadi alasan adalah kekuatan sinyal yang anda dapatkan. Semakin baik sinyal anda, maka peluang kecepatan tinggi semakin besar. Namun apabila sinyal anda buruk, selain lambat bukan tidak mungkin bahkan internet anda bisa terputus.

Itu karena dengan buruknya sinyal yang anda dapatkan, membuat yang namanya loss bandwidth semakin besar. Namun apabila ISP anda mempergunakan jalur kabel, hal ini tidak akan jadi masalah besar.

4. Jenis Jalur Internet yang Dipakai

Untuk menyalurkan internet sampai kepada anda, ISP mempergunakan beberapa jenis jalur. Untuk kabel, bisa kabel tembaga atau kabel FO (Fiber Optic). Untuk wireless, bisa sinyal WiFi atau sinyal 4G ataupun 3G.

Nah, mari bahas terlebih dahulu mulai dari kabel. Setiap jenis kabel memiliki kemampuan daya alir internet yang berbeda-beda. Mulai yang tercepat adalah kabel FO, lalu disusul oleh kabel tembaga. Apabila anda memakai kabel tembaga, tentu saja kecepatan internet anda akan lebih lambat daripada yang memakai kabel FO.

Selanjutnya untuk wireless. Sama seperti kabel konsepnya, yaitu setiap jenis wireless memiliki kemampuan daya alir internetnya masing-masing. Mulai dari yang tercepat adalah sinyal WiFi, disusul oleh sinyal 4G, dan terakhir adalah sinyal 3G. Kalau anda masih memakai sinyal 3G, tentu saja kecepatan internet anda akan jauh lebih lambat dari teman anda yang memakai sinyal 4G.

Untuk selengkapnya silahkan anda simak artikel sebelumnya

Baca:Manakah Yang Paling Efisien Antara Jaringan LAN Dengan WLAN

5. Quality of Service

Alasan berikutnya adalah Quality of Service (QoS) dari paket internet yang anda gunakan. Kami sebelumnya sudah membahas diatas mengenai jalur utama atau inti yang dipakai tidak hanya untuk anda seorang, tapi banyak orang.

Dan untuk beberapa orang yang memakai jalur utama atau inti itu, mereka memiliki prioritas lebih tinggi dalam memakai jalur tersebut. Tentu saja hal ini akan membuat kecepatan internet anda lambat apabila anda sedang melakukan akses bersamaan dengan orang yang diprioritaskan tersebut.

Biasanya harga paket internet dengan pelayanan prioritas akan memiliki harga jauh lebih mahal ketimbang yang nonprioritas dengan kapasitas kuota yang sama. Contohnya, seperti pada paket internet XL Hotrod Prima, jauh lebih mahal dengan paket lainnya dengan kapasitas kuota yang sama.

6. Kemampuan Perangkat

Terakhir adalah kemampuan perangkat yang anda gunakan. Apabila anda membeli paket internet dengan kecepat sinyal 4G, tapi perangkat anda masih sinyal 3G. Tentu ini membuat kecepatan internet anda menjadi tidak maksimal.

Ataupun seandainya ISP anda mempergunakan jalur kabel hingga 1 Gbps, namun di satu sisi port router anda sendiri hanya mendukung hingga 100 Mbps. Hal ini akan membuat internet anda menjadi lambat.

Nah, itulah tadi alasan mengapa kecepatan internet anda tidak sesuai dengan iklan. Apakah ada yang terlewat? jika ada silahkan tambahkan di kolom komentar ya! [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *