Aplikasi BPJS Kesehatan di Android, Inilah 5 Kelebihan yang Bisa Didapatkan

Aplikasi BPJS, AndroidSeluler.com ~ Bila bicara tentang jaminan kesehatan di Indonesia sekarang ini, maka yang paling identik adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau dikenal dengan BPJS  Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Aplikasi BPJS, JKN Mobile Apk for Android

Layanan kesehatan dari pemerintah yang satu ini memang tengah marak menjadi pembicaraan masyarakat. Program penjamin kesehatn ini dinilai sudah memberikan solusi lain atau alternatif BPJS saat ini memang sedang marak dibahas dan dibicarakan oleh masyarakat. Program penjamin kesehatan masyarakat yang berasal dari pemerintah ini memang dinilai memberikan alternatif atau solusi lain kesehatan untuk masyarakat.

BPJS Kesehatan telah diluncurkan sejak Januari 2014 ini memang membawa angin segar bagi masyarakat di Tanah Air. Walau mekanisme dan sistem BPJS Kesehatan dari beberapa aspek masih dirasa sulit, tapi pemerintah terus berusaha memperbaiki agar masyarakat sebagai peserta BPJS bisa terlayani dengan baik.

Saat ini, BPJS Kesehaan juga bisa diakses dengan bentuk aplikasi Mobile JKN. Dengan aplikasi ini, masyarakat tak repot untuk pergi ke kantor BPJS Kesehatan untuk bisa melakukan pendaftaran JKN-KIS. Ya, hanya dengan aplikasi Mobile JKN, masyarakat sebagai peserta BPJS bisa mendapatkan lima kemudahan yang dari aplikasi PJS ini.

Aplikasi BPJS Kesehatan untuk martphone Android, Inlah 5 Kelebihan yang Didapatkan Penggunanya

Apa saja keuntungan masyarakat sebagai peserta BPJS yang menggunakan aplikasi BPJS, JKN Mobile? Berikut ulasannya:

1. Mengetahui informasi data peserta keluarga

Dengan mengakses aplikasi BPJS ini, para pengguna bisa mengetahui informasi data tentang peserta keluarga yang sudah menjadi  peserta BPJS.

2. Mudah mengetahui informasi tagihan iuran peserta

Pengguna juga bisa mendapatkan informasi tagihan iuran peserta BPJS yang biasa rutin dibayar setiap bulannya sesuai tingkatannya.

3. Mudah Memperoleh informasi Fasilitas Kesehatan

Dengan menggunakan aplikasi BPJS ini, pengguna bisa mengetahui informasi fasilitas kesehatan apa saja yang didapatkan peserta BPJS dengan mudah.

4. Mudah Menyampaikan keluhan

Jika ingin menyampaikan keluhan, pengguna BPJS bisa memberikan keluhan yang dirasakan saat menggunakan BPJS dengan menggunakan aplikasi ini.

5. Pertanyaan & Jawaban Seputar JKN KIS.

Para pengguna juga akan disediakan ruang untuk Tanya jawab sekitar JKN KIS dengan menggunakan aplikasi BPJS dengan mudah selain menyampaikan kritik dan keluhan.

Cara Registrasi Aplikasi BPJS, Mobile JKN di Smartphone Android

Cara menggunakan aplikasi Mobile JKN di hp android sebenarnya sangat mudah. Aplikasi ini sangat kompatibel pada smartphone yang menggunakan sistem android versi 4.0 ke atas dan sistem iOS 10.

Caranya:

  • Download dan Install aplikasi JKN Mobile
  • Pilih menu Registrasi
  • Isi setiap kolom sesuai data
  • Pastikan nomor handphone dan email aktif
  • Nomor verifikasi akan langsung terkirim melalui SMS dan email
  • Isikan nomor verifikasi pada kolom yang tersedia
  • Jika sudah berhasil, maka pengguna hanya perlu mengisi alamat email atau nomor kartu BPJS beserta sandi saat masuk ke aplikasi

Fitur-Fitur dalam Aplikasi Mobile JKN di Smartphone Android

Setelah berhasil log in atau masuk, pada halaman pertama akan tampil 4 Menu utama seperti Menu Peserta, Fitur Peserta, yang isinya tentang data lepesertaan seperti nama lengkap, tanggal lahir, , nomor kartu JKN-KIS, kelas perawatan, juga data anggota keluarga sebagai peserta BPJS. Berikur fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi BPJS ini:

1. Fitur Kartu Peserta

Fitur ini akan menampilkan semua gambar kartu peserta JKN-KIS termasuk anggota keluarga yang tertanggung.

2. Fitur Ubah Data Peserta

Pengguna bisa melihat dan mengubah data kepesertaan seperti pindah fasilitas kesehata, mengubah data kepesertaan seperti nomor kartu BPJS, nomor telepon, alamat rumah, alamat email, dan sebagainya.

3. Fitur Pendaftaran Peserta

Pengguna bisa melakukan pendaftaran peserta baru dengan aplikasi BPJS ini di smartphone.

4. Fitur Catatan Pembayaran

Pengguna bisa melihat rincian berapa jumlah pembayaran premi dan denda dengan aplikasi ini.

5. Fitur Pembayaran

Jika pengguna ingin mengetahui informasi tentang pembayaran iuran dan metode pembayaran dengan menggunakan jaringan pembayaran yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan diantaranya Mandiri, BTN, BRI, dan Tokopedia.

6. Fitur Skrining,

Fitur canggih ini bisa mendeeksi penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes melitus, jantung koroner, dan ginjal kronik. Untuk bisa tahu potensi gangguan kesehatan tersebut, penguna harus menjawab 47 pertanyaan pada fitur tersebut.

7. Fitur Lokasi

Fitur ini membantu peserta BPJS untuk mencari fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dengan bantuan GPS.

8. Fitur Pengaturan

Fitur ini berguna untuk menghapus notifikasi, mengubah kata sandi serta keluar dari aplikasi.

Baca Juga:

Demikian ulasan tentang aplikasi BPJS, JKN Mobile di smatphone android. Download segera di Google Play Store atau klik tautan yang sudah tersedia dan rasakan manfaatnya. [AndroidSeluler/ Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *