Aplikasi Gmail Tidak Bisa Dibuka (Error) di Android, Ini 7 Cara Mengatasinya

Aplikasi Gmail, AndroidSeluler.com ~ Gmail merupakan layanan email terpopuler dan paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh belahan dunia. Bahkan saat ini Gmail sudah mendominasi sejak hadirnya sistem operasi berbasis android.

Download Aplikasi Gmail Apk for Android

Hal ini disebabkan, android sudah bisa terintegrasi dengan semua layanan yang ada pada Google, khusunya juga Gmail. Oleh sebab itulah, para pengguna Android harus mendaftar dan mempunyai akun Gmail jika ingin memakai smartphone Android. Jadi tidak heran jika aplikasi Gmail sudah diundug lebih dari 1 Milyar kali pada layanan Google Play Store.

Namun kadang kala,aplikasi Gmail juga dapat mengalami error di smartphone android. Banyak kasus yang terjadi jika Gmail tak dapat sinkronisasi atau tidak bisa masuk pada akunnya. Selain itu, pengguna juga sering mengeluhkan masalah Gmail yang terjadi ada Play Store, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Gmail Tidak Bisa Dibuka (Error) di Smartphone Android, Beginilah 7 Cara Mengatasinya

Aplikasi Gmail Tidak Bisa Dibuka Aplikasi Gmail Android Aplikasi Gmail Untuk Pc Aplikasi Gmail Laptop Download Aplikasi Gmail Apk Aplikasi Gmail Untuk Pc Download Aplikasi Gmail Untuk Laptop Perbarui Aplikasi Gmail Download Gmail Untuk Hp Download Gmail For Android Gmail Log In Gmail Masuk

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa ikuti 7 pilihan cara berikut ini untuk mengatasi masalah-masalah diatas. Beberapa cara ini bisa dilakukan di berbagai macam merk smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Acer, Oppo, Huawei, LG, Advance, dan sebagainya.

1. Lakukan Restart pada Smartphone Android

Jika terjadi error pada aplikasi Gmail, cara sederhana ini bisa mengatasinya dan bisa dibilang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada Gmail diponselmu. Segera lakukan restars pada smartphone androidmu dan bukalah Gmail seperti biasanya.

2. Log Out Dari Akun Gmail lalu Log In Lagi

Cara ini juga tak kalah gampang saat mengatasi masalah pada apikasi Gmail di android.  Cobalah untuk log out sementara dari akun Gmail di handphonemu. Tunggulah beberapa saat dan log ini kembali.

3. Aplikasi Gmail Paksa Berhent

Cara ini sangat berguna jika Gmail error karena sudah sangat lama berjalan pada latar belakang smartphone androidmu. Jadi kamu bisa menghentikan secara paksa Gmail dengan cara membuka Setelan, lalu masuk pada Aplikasi, pilih Gmail, dan pilih Paksa Berhenti. Tunggulah beberapa saat, dan aplikasi Gmail akan terbuka seperti biasanya.

4. Hapus Cache dari Aplikasi Gmail

Cara dengan menghapus cache.juga ampuh untuk mengatasi error pada Gmail.  Cache tersebut bisa membuat aplikasi menyompan fole semetara supaya bisa bekerja lebih cepat. Namun jika dibiarkan terlalu lama menumpuk, cache akan membuat aplikasi jadi error dan tak bisa dipakai.

Untuk itulah kamu perlu menghapus cache secara berkala, khususnya pada aplikasi Gmail. Caranya, bukalah Setelan pada smartphone androidmu, pilih Aplikasi, lalu pilih Gmail , kemudian Hapus Cache.

5. Hapus Data dari Aplikasi Gmail

Aplikasi pada android biasanya menyimpan file berupa data akun, informasi login, dan banyak data lainnya seperti halnya pada cache. Makin lama pun akan semakin banyak dan menumpuk, begitu juga dengan aplikasi Gmail.

Untuk itulah kamu perlu menghapus data pada Gmail sesekali. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal buka Setelan pada handphone, pilih Aplikasi, pilih Gmail, kemudian pilih Hapus Data. Namun kamu nantinya akan log ini ulang saat masuk akun Gmail.

6. Update Gmail pada Layanan Google Play Store

Google selalu merilir pembaruan untuksetiap aplikasinya termasuk aplikasi Gmail yang berguna untuk peningkatan performa dan perbaikan bugs. Jadi jika muncul notifikasi update, sebaiknya jangan dilewatkan. Cara ini sangat ampuh untuk menghindari terjadinya error pada Gmail.

7. Pakai Email Clien Alternatif

Bila keenam cara di atas tak bisa mengatasi error, terpaksa gunakan aplikasi email client alternatif selain akun Gmail. Namun pastikan aplikasi email tersebut juga mendukung Gmail. Alternatif ini membuatmu bisa menerima dan mengirim email seperti biasanya.

Baca Juga:

Nah itu dia ulasan tentang 7 cara mengatasi aplikasi Gmail yang tidak bisa dibuka atau error. Semoga bermanfaat! [AndroidSeluler/ Bs].

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *