Aplikasi

Aplikasi GrabCar, Kelebihan dan kekurangannya yang Wajib Kamu Tahu

Aplikasi GrabCar, AndroidSeluler.com ~ Di zaman yang serba canggh dan praktis ini, apapun bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan smartphone termasuk penggunaan transportasi.

Free Download GrabCar Apk

Hanya dengan lewat ponsel pintar kita sudah bisa memesan transportasi secara online seperti ojek, mobil ‘omprengan’ dan taxi. Termasuk salah satunya adalah Grabcar.

Aplikasi Grabcar adalah fitur pemesanan mobil pribadi yang dapat disewakan untuk melakukan perjalanan ke tujuan yang sudah ditentukan sang pemesan.

Grabcar merupakan perluasan dari aplikasi GrabTaxi selain Grabbike yang diluncurkan pertama kali di Bali pada bulan Juni 2015 silam. Grab Indonesia berlomba dengan Uber, dan Gocar untuk saling meraih perhatian masyarakat dengan menawarkan fitur dan segala manfaatnya.

Kelebihan Aplikasi GrabCar salah satu Grab Indonesia yang Banyak Diminati Masyarakat

Sebenarnya apa saja kelebihan atau manfaat tranportasi online seperti GrabCar untuk masyarakat? Berikut ulasannya yang wajib kamu tahu:

1. Sebelum Naik Bisa Lihat Tarif

Salah satu keutamaan ojek online termasuk Grabcar adalah kita bisa mentehaui terlebih dahulu tarif sebelum memesan. Jadi tak ada lagi tawar-menawar harga, kamu pun bisa menyiapkan ongkos GrabCar sebelum berangkat.

2. Pilihan Cara Bayar Tarif

Selain tunai, terdapat alternative pembayaran lain yang ditawarkan dalan aplikasi GrabCar seperti meggunakan melalui Top Up yang sudah diisi saldo, kartu kredit, dan sebagainya. Jadi kita tak perlu mengguakan uang tunai.

3. Bisa Mengetahui Informasi Driver dan Kendaraannya

Kamu bisa melihat foto driver (pengemudi) beserta nomor telepon, jenis mobil dan plat nomornya.  Kamu bisa melakukan kontak dengan driver untuk informasi lokasi penjemputan.

4. Bisa Mengukur Waktu Penjemputan ke Lokasi Tujuan

Aplikasi Grabcar juga bisa mengetahui iInformasi berapa menit lagi sang driver sampaitiba di lokasi penjemputan dan berapa lama waktu untuk mencapai tujuan.

5. Memiliki Histori Perjalanan Pada Fiturnya

Kamu bisa mengetahui catatan perjalanan yang sudah kamu tempuh dengan aplikasi GrabCar ini.  Bahkan bila ada driver yang mencoba curang seolah melakukan perjalanan tapi tidak menjemputmu, akan bisa terdeterksi melalui histori ini.

6. Harga Relatif Terjangkau

Harga yang murah dan terjangkau akan jadi pilihan masyarakat. Itulah mengapa perangkat ojek online banyak dipilih. Tarif ojek online khususnya GrabCar lebih rendah jika menggunakan taksi atau angkutan umum.

Selain itu, kamu bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan aman. Kamu juga akan lebih hemat jika ada harga promo.

7. Bukti Pembayaran Bisa Dikirim Lewat Email

Dalam emailmu oleh pengelola aplikasi GrabCar akan dikirimkan histori dan, bukti pembayaran dari transaksi setelah perjalanan selesai.

Kekurangan Aplikasi GrabCar yang Wajib Kamu Tahu

Selain keunggulan dari aplikasi GrabCar yang sudah dipaparkan di atas, kamu juga harus tahu kekurangan atau esiko yang dihadapi saat kamu menggunakan perangkat ojek online terutama GrabCar, berikut ulasannya:

1. Driver Tidak Semua Bersikap Profesional.

Pengemudi GrabCar yang profesional adalah yang melakukan pelayanan prima seperti berpakaian rapi, cara mengemudi yang aman, mobil bersih dan wangi, bersikap baik dan ramah, dan sebagainya.

Tapi selalu ada saja ditemukan driver yang nyetir ugal-ugalan, atau bersikap tidak sopan kepada pelanggannya. Tentunya inilah yan akan membuatmu tidak nyaman menggunakan aplikasi GrabCar.

2. Supir GrabCar yang Tidak Tahu Jalan

Sebagai driver memang sudah seharusnya hafal atau mengetahui banyak jalan di daerahnya. Namun ada saja yang belum paham tentang alur tujuan yang sudah ditentukan penumpang.

Tapi saat mengemudi, mereka bisa sambil melihat Google Maps atau Waze untuk mengikuti agar sampai ke tujuan.  Tapi alangkah lebih baiknya jika driver paham tentang jalanan saat berkendara.

3. Kendala teknis smartphone dan aplikasi

Memesan GrabCar bisa gagal karena aplikasinya yang error atau koneksi internet yang mengalami gangguan. Tak hanya itu, aplikasi transportasi online memang mengandalkan fitur location based pada android yang bisa menguras daya baterai.

4. Harga Berubah Sewaktu-waktu

Sewaktu-waktu harga bisa saja berubah  jika terdapat kelangkaan jumlah transportasi di suatu daerah. Biasanya hal ini terjadi saat libur Lebaran, hari besar, jam sibuk seperti pulang kantor, waktu makan siang, dan sebagainya.

Baca Juga:

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kelemahan aplikasi GrabCar yang perlu kamu tahu sebelum menggunakannya. Semoga perjalananmu aman, selamat, dan nyaman sampai tujuan! [Androidseluler/ Bs]

Ranika S