Categories: Internet

Google Rilis Aplikasi Penghemat Kouta Data Internet Hingga 30 Persen

Datally Aplikasi Hemat Internet, Androidseluler.com ~ Perusahaan raksasa teknologi Google baru saja merilis aplikasi bernama “Datally” yang berfungsi sebagai kontrol penggunaan data untuk mengendalikan paket kuota data internet. Aplikasi tersebut diklaim Google dapat menghemat kuota data internet sebesar 30 persen.

Aplikasi ini diciptakan Google setelah sebelumnya melakukan penelitian di Negara-negara berkembang khususnya di Indonesia. Umumnya, pengguna internet Indonesia khawatir akan paket kuota data mereka yang terlalu cepat habis. Mereka juga tidak paham untuk apa saja kuota mereka digunakan, karena kesulitan mengontrol penggunaan kuota internet.

Vice Presiden Tim Next Billion Users di Google, Caesar Sengupta, mengatakan bahwa aplikasi ‘Datally’ merupakan hasil umpan balik dari masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan potensi Internet.

“Ini alasan kami membuat Datally, sehingga Anda bisa lebih menghemat dan melakukan lebih banyak hal dengan kuota Anda,” kata Sengupta, Kamis (30/11/2017).

4 fitur Datally yang dapat Menghemat Penggunaan Kuota Data Internet

Kehadiran Datally (Data Tally) diharapkan dapat membantu pengguna dalam memahami, mengontrol, dan menghemat kuota internet. Selengkapnya, inilah fitur yang ada pada aplikasi penghemat data internet Datally:

1. Fitur Penghemat Kuota Data

Fitur Penghemat Kuota di Datally memungkinkan Anda mengontrol kuota yang digunakan oleh setiap aplikasi, sehingga kuota bisa dimaksimalkan pada aplikasi yang Anda sukai.

Seperti diketahui, sebagian aplikasi menggunakan data di background tanpa sepengetahuan pengguna. Pengguna yang tidak tahu akan hal ini terkadang merasa paket data yang mereka punya mendadak habis tanpa alasan. Dengan fitur ini, pengguna bisa menentukan aplikasi apa saja yang diizinkan untuk menggunakan data internet, termasuk yang berjalan pada background.

2. Balon Penghemat Kuota

Balon Penghemat Kuota ini berfungsi seperti spidometer kuota daata untuk smartphone. Setelah Penghemat Kuota diaktifkan, balon ini akan menampilkan jumlah penggunaan kuota pada sebuah aplikasi, baik penggunaan harian ataupun mingguan. Dalam hal ini, pengguna bisa memilih untuk memblokir penggunaan kuota di aplikasi tersebut jika penggunaan kuota sudah mulai tak terkendali.

3. Fitur Kelola Data

Fitur ini memungkinkan pengguna melihat berapa besar data yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi tertentu serta berapa banyak kuota yang Anda gunakan per hari, per minggu, hingga per bulan. Dengan begitu, pengguna diharapkan bisa mengetahui aplikasi-aplikasi apa yang menghabiskan paket data mereka

4. fitur Cari Wi-Fi

Fitur ini membantu pengguna menemukan Wi-Fi terdekat. Pengguna juga bisa memberikan rating pada WiFi yang mereka gunakan. Jadi, ke depan, pengguna lainnya akan bisa mengetahui kualitas dari sebuah WiFi.

Baca Juga:

Datally telah sebelumnya telah diuji di Filipina sepanjang tahun 2017. Pengguna yang telah memakai aplikasi ini mengatakan bahwa Datally dapat menghemat kuota internet hingga 30%, tergantung pada cara mereka menggunakan Datally. Datally tersedia di Google Play Store secara global dan dapat berjalan di semua ponsel Android dengan minimal OS versi 5.0 (Lollipop).

Demikian ulasan mengenai aplikasi penghemat kuota data internet Datally besutan dari Google. Anda juga bisa melihat video tentang fitur lengkap aplikasi Datally dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat [AndroidSeluler/ Bs]

Rien Novianti