Bahaya Menonaktifkan Komputer Secara Paksa, Ini Akibatnya

Menonaktifkan komputer secara paksa, AndroidSeluler.com ~ kewajiban yang harus dilakukan ketika selesai menggunakan pc atau komputer adalah menonaktifkanya. Hal ini tentunya untuk memberikan waktu istirahat pada perangkat komputer agar tidak cepat rusak. Namun, terkadang komputer tersebut tiba-tiba saja freeze atau hang memberikan respon yang sangat lambat, yang mmbuat kita tidak punya pilihan lain selain Menonaktifkan paksa komputer kita tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah tindakan yang kita lakukan ini berbahaya bagi komputer? Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, ini sedikit penjelasan yang bisa membantu kalian untuk memahami hal tersebut.

Dampak Buruk Menonaktifkan Komputer Secara Paksa

Pada dasarnya ada dua jenis cara Menonaktifkan komputer yaitu melalui Start Menu yang biasa disebut dengan Soft Reboot. Melalui cara ini komputer akan Menonaktifkan satu per satu program yang sedang berjalan kemudian turut Menonaktifkan perangkat keras yang beroperasi. Tentunya  tidak ada masalah dengan Soft Reboot ini.

Bagaimana dengan Menonaktifkan paksa atau yang kita kenal dengan Hard Reboot? Nah, Menonaktifkan paksa agak sedikit berbeda dengan Soft Reboot. Menonaktifkan paksa komputer atau Hard Reboot tidak akan mengirimkan sinyal untuk menonaktifkan satu- persatu sehingga sistem operasi sebagai pihak yang bertugas Menonaktifkan program yang sedang berjalan di background tidak bisa Menonaktifkan program tersebut secara benar, tidak melakukan clean-up dan tidak melakukan perekaman log file.

Tentunya hal tersebut akan berdampak buruk pada program komputer kalian karena ada kemungkinan program komputer kalian akan mengalami crash suatu saat.

Selain itu, dengan Menonaktifkan paksa ada kemungkinan HDD kalian akan mengalami kerusakan fisik ketika sedang digunakan untuk menulis data seperti ketika melakukan proses copy file dan ada kemungkinan file yang kalian copy itu juga akan rusak. Sebagai tambahan, kehilangan daya akibat pemadaman listrik memiliki kemungkinan yang lebih besar dalam hal kerusakan HDD kalian serta ada kemungkinan terjadi korsleting listrik pada komputer kalian.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang bahaya Menonaktifkan komputer secara paksa, semoga bermanfaat. Meskipun bahaya di atas tergolong jarang terjadi,Anda harus tetap hati-hati dengan komputer kalian khususnya PC Desktop. Hindari kebiasaan membuka terlalu banyak aplikasi yang bisa membuat komputer kalian freeze dan untuk yang menggunakan PC Desktop, gunakanlah UPS atau Stabilizer untuk mengantisipasi pemadaman listrik secara mendadak. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *