Trik Mempercepat Internet dengan Cara ini Ternyata Malah Bikin Lelet?

Mitos Trik Mempercepat Koneksi Internet, AndroidSeluler ~Produk teknologi berupa jaringan yang menghubungkan seluruh dunia adalah internet. Dengan teknologi ini seorang dapat melakukan banyak hal. Adapun kegiatan yang dilakukan di internet, kita sebagai pengguna menginginkan internet dengan kecepatan yang memadai bahkan extra cepat sehingga tak membuang banyak waktu. Karna keinginan inilah banyak cara tips dan trik yang beredar untuk meningkatkan kecepatan hal tersebut. Taukah anda bahwa yang beredar saat ini ada beberapa mitos yang salah besar meningkatkan kecepatan internet . apa saja kah itu?

Inilah Kumpulan Mitos Yang Dinggap Mempercepat Intenet tapi justru malah Bikin Lelet Koneksi Internet

 

  1. Mitos : Mematikan IPv6 Dapat Meningkatkan Kecepatan Internet

 

Mitos yang juga cukup viral adalah dengan mematikan IPv6 akan meningkatkan kecepatan internet. Entah siapa yang menyebarkan mitos ini, tapi yang jelas hal tersebut sama sekali tidak benar.

Memang dulunya IPv6 sempat menyebabkan masalah kecepatan koneksi internet karena IPv6 ini tidak didukung dengan baik oleh sejumlah browser, seperti Mozilla Firefox 3. Karena selalu gagal menemukan alamat IPv6 dari situs yang diakses dan akhirnya menyebabkan tersendatnya koneksi internet (komputer sejatinya selalu menggunakan alamat IPv6 terlebih dahulu barulah kemudian berganti ke IPv4).

Namun, saat ini IPv6 sudah banyak didukung dengan baik oleh berbagai browser sehingga ketika mematikan IPv6, kemungkinan besar akan sering mengalami gagal akses ke beberapa situs internet.

 

  1. Mitos : SSL dan SSH Dapat Meningkatkan Kecepatan Internet

SSL (Secure Socket Layers) sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan internet. Sesuai namanya, SSL berfungsi sebagai protokol internet yang menyediakan layanan keamanan data. Protokol ini banyak ditemukan pada berbagai web browser dan aplikasi berbasis internet seperti Skype dan.email

Sementara itu, SSH (Secure Shell), yang sempat booming karena disebut-sebut dapat meningkatkan kecepatan internet, ternyata hanyalah sebuah mitos yang disebabkan oleh salah pemahaman.

SSH hanyalah berfungsi untuk memaksimalkan koneksi internet yang anda dapatkan dari provider dan tidak dapat meningkatkan kecepatan internet anda melebihi bandwith yang diberikan oleh provider.

 

  1. Mitos : Software Tertentu Dapat Meningkatkan Kecepatan Internet

Tentunya kebanyakan dari kita sering menggunakan sejumlah aplikasi untuk meningkatkan hal itu karena telah membaca informasi tersebut. Faktanya, hal tersebut tidaklah terbukti dan hanya merupakan klaim semata atau janji palsu. Menggunakan aplikasi tambahan untuk meningkatkan kecepatan internet justru hanya akan meningkatkan risiko anda terinfeksi  malware yang tertanam pada aplikasi tersebut yang bisa saja menyebabkan koneksi internet anda menjadi lebih lambat.

 

  1. Mitos: membersihkan Chace meningkatkan kecepatan internet

Pernah mendengar mitos yang satu ini? Percayalah itu hanya sekedar mitos. Membersihkan cache, baik itu cache aplikasi maupun cache pada browser, tidak akan bisa meningkatkan kecepatan internet kita.

Kenapa? Karena pada dasarnya, membersihkan cache berarti menghapus semua jejak kita di internet seperti temporary internet files, cookies, data yang tersimpan di website yang telah kita kunjungi, riwayat pencarian, dan sebagainya.

Sebaliknya, dengan menghapus cache tersebut kalian justru akan memperlambat koneksi internet kalian sendiri.

Alasannya karena cache juga berfungsi untuk menyimpan data yang sering kita akses melalui internet sehingga ketika kalian hendak mengakses situs tertentu yang sudah pernah kalian kunjungi, maka sistem di komputer kalian akan mengakses cache terlebih dahulu untuk untuk menampilkan situs tersebut.

Jika kalian menghapus cache situs tersebut, maka sistem komputer kalian akan butuh waktu lama untuk mengakses situs tersebut karena harus mengambil ulang data dari internet.

 

  1. Mitos : DNS Flush Dapat Meningkatkan Kecepatan Internet

Pernahkah anda mendapatkan informasi cara meningkatkan kecepatan internet menggunakan perintah CMD ipconfig /flushdns? Nah, perintah seperti itu sebenarnya berfungsi untuk melakukan pembersihan cache melalui CMD, yang artinya sama saja dengan mitos pertama tadi, tentang membersihkan cache dapat meningkatkan koneksi internet dengan menghapus riwayat browser, cookies, temporary internet files dan data yang tersimpan di website.

Dengan melakukan hal tersebut, sekali lagi anda justru akan memperlambat koneksi internet anda sendiri karena cache adalah sarana pertama yang digunakan oleh komputer anda untuk mengecek data situs yang anda kunjungi. Jika data situs yang anda kunjungi tidak terdapat di dalam cache (internet cache), maka komputer anda akan melakukan pencarian ulang di internet.

Baiklah, itu tadi 5 mitos tentang meningkatkan kecepatan internet yang sebenarnya hanyalah salah pemahaman dan hanya sekedar kabar bohong saja. Kalau anda ingin meningkatkan kecepatan internet anda, bisa melakukannya dengan mengatur posisi perangkat router anda, mengatur panjang kabel jaringan, mengganti provider dan masih banyak lagi cara yang benar-benar ampuh.

Baca juga :

Pesan Kami, jangan mudah percaya pada mitos yang beredar di internet tentang cara meningkatkan kecepatan internet. Bisa saja tips yang ada di internet justru merugikan anda tanpa disadari. Bagaimana menurut anda? Jangan lupa komentar dan share tips lainya. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *