Cara Aman Menjaga Privasi dan Data Penting di Smartphone di Android

Cara Aman Menjaga Privasi di Android ~ Jika kita menyimpan berbagai  privasi, rahasia baik itu pin ATM maupun berbagai pin lainnya pada smartphone android kita, maka kita memerlukan pengamanan ekstra pada smartphone android kita.

Tidak hanya pin atau rahasia lain, bisa pula dokumen data penting, foto atau video maupun email atau pesan penting  kita yang harus kita lindungi dari tangan jahil teman atau rekan kita bahkan orang lain yang ingin berbuat tidak benar dengan sengaja.

Apakah smartphone kita memuat pin rahasia yang perlu kita simpan dan lindungi? Jika ya maka kita harus memiliki metode khusus untuk keamanan ekstra smartphone kita. Ketika suatu saat terjadi kehilangan smartphone maka tidak sembarang orang yang bisa membuka apa yang dimuat oleh smartphone kita. Jadi semua pin atau privasi kita akan tetap terjaga.

Cara Menjaga Privasi Data Penting Secara Aman di Smartphone Android

Di bawah ini akan membahas berbagai cara sederhana agar pengamanan smartphone android kita lebih optimal.

1. Gunakan Layar Kunci

Jelas sekali hal pertama yang harus kita lakukan yaitu dengan menggunakan pin atau kode akses pada layar kunci. Dengan menggunakan kunci layar kita dapat mengatur kode kode apa yang dapat kita gunakan untuk membuka smartphone kita dan yang paling penting hanya kita yang dapat mengakses smartphone android kita. Berbagai macam mode untuk membuat kunci layar, mulai dari pembutan pin khusus , kode batang, pola, Fingerprint bahkan sampai face unlock.

2. Gunakan Enskripsi

Banyak orang yang tidak menggunakan enskripsi ketika akan mengirim pesan baik teks maupun email, memulai panggilan telepon, mengarungi dunia maya atau brwsing dan bahkan ketika menyimpan data. Kebiasaan tersebut membuat orang lain dengan mudah mengetahui data serta membaca apa yang telah kita lakukan terhadap smartphone kiat.

Jika kita menggunakan enskiripsi maka setidaknya kita dapat melindungi data kita dari hacker yang ingin mangetahui data kita. Dengan menggunakan enskripsi maka hanya orang yang memiliki kunci yang tepat saja yang dapat membacannya walaupun masih mungkin di sadap namun bagi yang menyadap tidak akan mungkin memahami apa itu data kita.

Aplikasi Snapchat dan Whastapp sudah dilengkapi dengan enskripsi sehingga privasi pengguna dapat dijaga. Begitu pula jika kita ingin privasi kita dalam panggilan maka kita bisa memeriksa redphone dan untuk pesan kita biasa menggunakan textsecure.

3. Menggunakan VPN

Jika kita tidak ingin ada seseorang yang melacak pencarian web atau history kita yang mana akan mengungkap kebiasaan kita dalam belanja, politik, kecenderungan seksual dan masih banyak lagi maka kita harus menggunakan VPN ( Virtual Private Network ).

Fungsi lain dari VPN pada perangkat android kita yaitu untuk mendownload aplikasi yang kita inginkan namun tidak tersedia pada negara atau region kita, VPN dapat melakukan enskripsi ketika kita browsing melalui jaringan Wifi milik publik, Menghubungkan ke jaringan suatu perusahaan yang ingin kita akses dimanapun kita berada, dan VPN dapat digunakan untuk membuka situs yang telah diblokir oleh penyedia layanan internet yang kita gunakan.
VPN juga dapat digunakan untuk merubah lokasi kita.

Kekurangan dalam menggunakan VPN yaitu kecepatan kita dalam menggunakan internet akan lambat, karena data kita di ping melalui ring tambahan.

Ada pula VPN yang dapat di download gratis pada perangkat android kita namun kita harus hati hati menggunakannya karaena rentan akan perbuatan ilegal yang akan membuat kita kesulitan pada akhirnya.

4. Menggunakan Aplikasi

Sebut saja App Ops, aplikasi yang mempunyai kemampun untuk memblokir atau meminta izin khusus untuk menerima akses dari orang lain. Dengan menggunkan aplikasi ini kita dapat menerima atau menolak apa yang ditawarkan orang lain melalui android kita. sebenaranya banyak aplikasi serupa yang bisa kita download gratis di google play namun jika kita tidak pandai memilih aplikasi yang benar benar menjaga privasi kita maka bisa bisa malah malware yang kita dapat.

5. Mengubah Cara Kita Dalam Menggunkan Smartphone

Kita juga dapat meningkatkan dan menjaga privasi kita dengan mengubah cara kita dalam menggunakan smartphone. Jangan menghidupkan layanan lokasi ketika kita tidak sangat membutuhkan. Copot pemasangan aplikasi atau permainan yang sudah tidak kita perlukan.

Telusuri dan pilih pilihlah dulu aplikasi mana yang kita butuhkan dan tidak kita butuhkan ketika kita akan mulai mendowloadnya. Gunakan Password atau enskripsi ketika kita melakukan komunikasi baik telepon maupun internet, Terahir gunakan VPN.

Baca juga :

Itulah beberapa cara agar smartphone android kita aman dari hack maupun tangan jahil orang yang sengaja ingin berbuat tidak benar. Jika pembaca mempunyai trik maupun tips lain dalam menjaga privasi untuk smartphone android maka mohom menambahkan pada kolom komentar. Selamat mencoba! [AndroidSeluler/As]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *