15 Cara Ampuh Agar Baterai Smartphone Awet dan Tahan Lama

Diposting pada

Cara Ampuh Agar Baterai Smartphone Awet dan Tahan Lama

Cara Agar Baterai Smartphone Awet, AndroidSeluler.com ~ Siapa yang tidak menginginkan baterai HP yang tahan lama dan kuat dipakai seharian? Ukuran baterai dengan mAh yang besar tentu bisa menjadi solusinya, tetapi bentuk smartphone yang dituntut harus stylish dengan body yang ramping kadang menjadi kendala.

Baterai sebagai penopang daya smartphone menjadi komponen yang paling vital. Tanpa daya baterai yang memadai, bisa menghambat aktivitas pengguna smartphone. Meskipun kita bisa menggunakan power bank, tentu tidak efektif dan merepotkan jika kemana-mana harus membawa power bank.

Banyak produsen smartphone kini mulai berlomba-lomba menyertakan baterai dengan ukuran besar diatas 400o mAH yang menjamin Hp bisa dioperasikan seharian penuh. Tetapi terkadang fisiknya menjadi korban, ukuran body smartphone menjadi lebih bongsor sehingga kurang nyaman dalam genggaman.

Punya ukuran baterai baik dengan mAh besar ataupun yang kecil, hal yang harus kamu tahu adalah bahwa baterai itu punya umur masa pakai lho! Biasanya semakin lama dipakai, semakin sering kita melakukan charging, maka semakin pula kualitas baterai akan menurun. Lama kelamaan sel-sel baterai akan rusak dan drop saat digunakan.

Kebiasaan bagaimana kita memperlakukan baterai smartphone juga mempengaruhi panjang umur baterai. Menggunakan smartphone dengan wajar akan berbeda dengan saat kita memakai smartphone secara berlebihan. Untuk artikel yang membahas ini, kalian bisa baca di 7 Kebiasaan Buruk Tentang Baterai Smartphone yang Bisa Berakibat Fatal.

Lalu, bagaimana caranya merawat dan memperlakukan smartphone agar baterai HP kita awet kembali dan tahan lama? Simak ulasan dibawah ini.

Cara Menghemat dan Memperpanjang Umur Baterai Smartphone agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Berikut tips-tips sederhana yang sebenarnya mudah dilakukan agar baterai smartphone kesayangan kita lebih awet dan tidak cepat drop ataupun rusak.

1. Hindari Mode Getar

Bagi yang tidak suka dengan suara berisik dari notifikasi, biasanya akan memilih mode getar. Tahukan bahwa dengan mode getar ini baterai membutuhkan daya yang sangat besar sehingga harus bekerja lebih. Ada baiknya untuk melakukan mode silient atau diam saat tidak terlalu menggunakan smartphone.

2.  Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Hindari Over Heat Agar Baterai Hp Awet.jpg

Smartphone bisa mengalami overheat jika digunakan terus-menerus. Untuk menguranginya, bisa menggunakanya dengan bijak seperti, menggunakan kamera jika hanya perlu dan mematikan aplikasin dari background.

3. Hindari Permukaan Panas

Hindari Permukaan Panas Agar Baterai Hp Awet.jpg

Tahukah kamu bahwa sinar matahari dapat mengurangi kecerahan layar. Sinar matahari dapat mempengaruhi smartphone, jika sering atau tidak sengaja menaruh smartphone di daerah yang terkena sinar matahari dapat menyebabkan smartphone menjadi overheat. Panas dari luar yang bertemu dengan panas smartphone dapat beresiko baterai cepat kembung dan mudah drain.

4. Hindari Mencharge Baterai Semalaman

Hindari Mencharge Baterai Semalaman Agar Baterai Hp Awet

Meskipun kini banyak smartphone yang dilengkapi dengan fitur auto cut-off atau baterai akan berhenti mencharge saat sudah penuh, tetap saja hal ini akan membuat smartphone menjadi overheat khusus nya pada permukaan smartphone. Selain itu juga baterai akan mudah rusak tentu tidak menginginkanya bukan? Agar baterai tidak mudah rusak, baiknya untuk melakukan charge ketika baterai sudah 30%, tujuanya agar siklus baterai dapat terjaga dengan baik.

5. Aktifkan Battery Saver

Aktifkan Battery Saver Agar Baterai Hp Awet

Kini, bagi yang  memiliki smartphone Android Lollipop 5.0, sudah dibekali fitur Baterry Saver. Dengan demikian baterai smartphone akan otomatis menurunkan performa cpu nya jika keadaan baterai sedang low-batt.  Jika tetap menggunakan smartphone dengan performa tinggi dalam keadaan baterai low-batt, hal ini akan membuat kualitas smartphone menurun, baik dari performa atau baterai.

6. Hindari Aplikasi Yang Banyak Menayangkan Iklan

Selain bikin boros baterai, dalam jangka panjang aplikasi yang mengandung banyak iklan akan memperpendek umur baterai smartphone kamu dan tentunya kualitas baterai pun akan berkurang. Silahkan cari artikel terkait mengenai cara menghilangkan iklan pada smartphone.

7.  Bijak Menggunakan Lokasi

Fitur lokasi berpotensi mempercepat habisnya baterai smartphone, hal ini membuat pengguna harus sering mengisi ulang terus-menerus. Dampaknya tidak heran jika baterai smartphone akan mudah drain. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mematikan fitur lokasi saat tidak menggunakanya, bisa diaktifkan jika sedang check-in di Path atau Facebook, setelah itu silahkan matikan kembali

8. Atur kecerahan layar

Kecerahan layar pada smartphone juga mempengaruhi daya baterai, atur tingkat kecerahan ke yang paling rendah. Hal ini bisa menjadikan baterai semakin hemat, jangan lupa untuk mengatur Time-Sleep kewaktu yang kira nya tidak terlalu lama, missal 1 menit.

9. Update Aplikasi Hanya Via Wifi

Saat smartphone mengaktifkan Wifi otomatis akan terkunci pada jaringan tertentu, sehingga penggunaan CPU dan baterai jadi lebih hemat. Baiknya, update aplikasi atau update OS, sebaiknya dilakukan hanya saat terhubung dengan Wifi. Selain itu, hal ini juga dapat menghemat baterai smartphone. Cara ini juga dapat membantu dalam menghemat kuota.

10. Gunakan Airplane Mode

Aktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat jika kamu berada di daerah yang tidak terkena jaringan mobile dari operator.  Jarak smartphone ke BTS operator yang digunakan mempengaruhi umur baterai.

11. Matikan Notifikasi

Baiknya matikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasu tertentu, tujuan sama untuk menghemat baterai. Untuk langkahnya masuk ke menu Setting, lalu pilih Apps, kemudian pilih aplikasi atau game yang tidak diinginkan untuk memunculkan notifikasi, hilangkan centang pada bagian Show Notifikasi.

12.  Gunakan Wallpapers Statis

Dengan menggunakan live wallpaper di smartphone mu akan membuat tampilan mejadi lebih bagus atau keren, namun hal ini bisa membuat baterai smartphone menjadi cepat habis, ada baiknya and amenggunakan wallpaper statis saja atau gunakan wallpaper yang berwarna hitam.

13. Aktifkan Mode Smart Power

Fitur ini hanya ada dibeberapa tipe smartphone. Mengaktifkan modus hemat daya pada perangkat smartphone cerdas bisa mengurangi penggunaan CPU untuk sejumlah proses yang berbeda. Misalnya, fitur hemat daya di Hp Oppo tipe tertentu yang mempunyai mode “super power saving”. Saat mode ini diaktifkan, Smartphone menampilkan menu telepon, kontak, pesan, serta jam saja pada smartphone, sehingga sangat hemat daya.

14. Mematikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Mamatikan fitur Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth di smartphone saat tidak dibutuhkan.  Sebab, fitur-fitur tersebut akan menguras daya baterai.

15. Hapus Aplikasi yang Paling Banyak Menyedot Baterai

Aplikasi tertentu seperti media sosial dikenal paling banyak menyedot daya baterai bahkan kuota data internet. Sebab aplikasi tersebut tetap berjalan di background meski tidak sedang dibuka. Jika tidak terlalu membutuhkan, sebaiknya uninstal saja aplikasi tersebut. Selengkapnya baca: 4 Aplikasi yang Paling Boros Kuota Internet dan Cara Mengatasinya.

Baca juga:

Demikian 15 kiat dan cara ampuh agar baterai mu lebih awet dan tahan lama, mungkin salah satunya sudah pernah kalian coba? Bagi yang belum mencoba silahkan lakukan tips-tips diatas agar baterai smartphone menjadi  lebih awet dan berumur panjang. Selamat mencoba! [AS/Jt]

Cara Kirim Pesan WhatsApp tanpa Meyimpan Nomor Hp Tujuan di Kontak
5 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP yang tidak Bisa di Charge Ulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *