Aplikasi

Cara Bikin Aplikasi Android Mudah dan Gratis Untuk Pemula

Cara Bikin Aplikasi Android , AndroidSeluler.com ~ Dalam handphone kamu, tentu banyak fitur dan aplikasi baik yang sudah tersedia maupun diunduh dari Google Play Store dan sejenisnya. Tapi pernahkah terbesit di pikiranmu untuk bisa membuat aplikasi android sendiri? Apa bisa?

Jawabannya tentu bisa! Bagi para pemula pun bisa bikin aplikasi android sendiri. Bahkan caranya sangat mudah dan gratis tanpa perlu waktu lama. Kamu juga bisa mengubah isi sistem operasi dari aplikasi sesuka hatimu.

Oleh sebab itu, kamu jangan heran kalau di Google Play Store semakin banyak bermunculan aplikasi yang memiliki fitur sama, tampilannya malah tak jauh berbeda.

Cara Bikin Aplikasi Android Sendiri dengan Mudah dan Gratis Untuk Pemula

Bagaimana cara membuat aplikasi android sendiri dengan mudah dan gratis untuk pemula? Simak ulasannya berikut ini:

1. Menggunakan Android Studio

Kamu juga bisa belajar bikin aplikasi sendiri di hp android dengan Android Studio. Andorid Studio juga banyak dipilih karena punya banyak fitur yang memudahkan programmer level dasar yang ingin belajar membuat aplikasi pada smartphone.

Kelebihan Android Studio:
–  Fitur instant run pada Android Stiudio membuat program berjalan dengan cepat tanpa harus  mengubah atau membuat kode baru aplikasi
– Membantu menulis kode dengan lebih baik, cepat produktif
– Android Studio menyediakan Emulator yang lebih cepat dan kaya fitur
– Bisa dioptimalkan untuk semua perangkat Android

2. Memakai iBuild App

Jika kamu ingin membuat aplikasi android sendiri, kamu bisa membuatnya dengan gampang dan gratis menggunakan  iBuild App. Sebenarnya,  iBuild App bukanlah software, tetapi sebuah website yang menyediakan banyak template untuk membuat aplikasi sendiri. Kamu hanya tinggal pilih template-nya, dan mulai mengisi data untuk membuat aplikasinya.

Kelebihan iBuild App:
– iBuild App tidak membutuhkan kemampuan coding
– Fitur layout, tombol akses, halaman aplikasi dan semua yang dibutuhkan sudah disediakan oleh iBuild App.
– kamu hanya tinggal  mengisi setiap komponen template aplikasi yang sudah disediakan

3. Menggunakan Parallel Space

Selain iBuild App ,kamu juga bisa membat aplikasi di smartphone sendiri dengan menggunakan Parallel Space yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Parallel Space memungkinkan kamu mudah membuat kloningan aplikasi yang dikehendaki tanpa harus pintar melakukan coding.

Kelebihan Parallel Space:
– Parallel Space tidak harus melakukan coding
– Bisa mengganti tampilan aplikasi hasil kloningan aplikasi sehingga tampak seperti aplikasi baru

4. MIT App Inventor

Selain Parralel Space, kamu juga bisa bikin aplikasi di hanphone sendri dengan menggunakan MIT App Investor.  MIT App Inventor, merupakan sebuah website yang menyediakan template layout yang mempermudah kamu saat membuat aplikasi Android sendiri.

Caranya:
– Klik Create an App, lalu mulailah untuk membuat aplikasinya
– Kemudian kamu tinggal drag and drop semua komponen aplikasi yang dibutuhkan.

Kelebihan MIT App Inventor:
– Tidak membutuhkan kemampuan coding, namun kamu harus paham apa yang harus disimpan pada template yang tersedia.
– Kamu bisa belajar menjadi developer aplikasi yang profesional.

Baca Juga:

Gampang banget kan? Selain tak membutuhkan kemampuan coding, kamu tidak akan bingung dan kerepotan labi bagaimana membuat aplikasi sendiri di handphone. Uniknya kamu bisa menyebarkan aplikasi Android buatan sendiri kepada orang lain dan juga di Google Play Store. Tertarik untuk mencoba? [Androidseluler/ Bs]

Ranika S