Cara Blokir Konten Dewasa YouTube dan Play Store di HP Android milik Anak

Diposting pada

Cara Blokir Konten Dewasa YouTube dan Play Store di HP Android milik AnakAndroidSeluler.com ~ Saat ini dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman, semua informasi jadi mudah kita dapatkan. Hanya dengan sebuah gadget ditangan, kita bisa berselancar ke dunia maya, melihat dunia luar. Hanya dengan sentuhan satu ujung jari, kita bisa berbelanja barang-barang kebutuhan bahkan hingga dari luar negeri. Inilah jaman di era informasi.


Selain sejuta manfaat dan segala kemudahan yang kita dapat, tetap saja ada dampak buruknya.
Apalagi bagi sebuah keluarga, peran orang tua juga sangat dibutuhkan bagi perkembangan anak-anak. Saat ini jamanya gadget. Jika tidak punya maka akan dianggap ketinggalan. Sebagian orangtua bahkan rela menyisihkan dana hanya untuk membelikan gadget karena takut ketinggalan dengan teman-temanya.

Namun jangan salah, jika orangtua tidak pandai mengawasi dan menyaring segala informasi yang dibutuhkan bagi perkembangan anak, dampaknya bisa saja fatal. Kini, konten p0rn0grafi yang bisa dengan mudah didapatkan anak melalui sebuah ponsel yang terhubung dengan internet, kian hari makin banyak. Terkadang video-video ini muncul dengan sendirinya lewat iklan youtube, bahkan ada saja game yang dijejali konten-konten kurang pantas ini.

Orangtua harus tahu, karena hal itu juga sangat bisa merusak perkembangan otak anak. Karena itu pentingnya menyaring konten dewasa pada perangkat HP atau komputer yang bisa saja diakses oleh anak. Sayangi anak Anda demi perkembangan mereka.

Cara Blokir Konten Dewasa YouTube dan Play Store di HP Android milik Anak

Berikut ini tips penting bagi semua orangtua. Cara blokir konten-konten dewasa ini sesuai usianya di HP yang digunakan oleh anak. Khususnya di Aplikasi yang sering diakses anak-anak sepeti Youtube dan Playstore. Caranya juga mudah, anda hanya perlu melakukan setingan sederhana.

1. Berikut Cara memblokir Aplikasi Youtube agar terbebas dari Konten Dewasa:

  • Buka youtube
  • Pilih tiga titik di pojok kanan atas
  • Pilih setting/setelan, lalu pilih umum/general
  • Pilih restricted mode / mode terbatas
  • Selesai

Restricted mode akan memfilter video-video yang memiliki konten tidak layak bagi anak maupun dewasa. Segera lakukan di gadget anak kita, karena p0rn0grafi sangat berbahaya bagi anak kita.

2. Cara Blokir Playstore dari Konten Dewasa

Selain youtube, sebaiknya dilakukan filter juga untuk PlayStore Android supaya anak-anak tidak menginstall aplikasi/game yg tidak baik sesuai umurnya.

  • Caranya, cari menu “Settings” di Play Store.
  • Lalu “Parental Controls”
  • Lalu geser tombol “On” ke posisi kanan
  • Lalu “Set content restrictions for this device” pilih sesuai umur yang diinginkan.
  • Selesai

Disamping pentingnya menyaring konten dewasa pada handphone yang digunakan anak, orangtua juga harus mengawasi penggunaan komputer PC atau Laptop yang bisa dijangkau anak-anak. Ada banyak cara meblokir konten dewasa pada perangkat komputer yang akan kami ulas dalam artikel selanjutnya.

Baca Juga:

Demikian ulasan mengenai cara memblokir dan menyaring konten dewasa pada smartphone baik ios maupun android yang sering digunakan oleh anak anda. Dengan demikian diharapkan bisa meminimalisir dampak negatif dari penggunaan smartphone dan demi menjaga perkembangan anak kesayangan. Semoga bermanfaat. [AS/ Rw]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *