3 Cara Membuka Kunci Pola Android yang Terblokir Karena Lupa Password

Cara Membuka Kunci Pola Android yang Terblokir Karena Lupa PaswordCara Membuka Kunci Pola Android yang Terblokir, AndroidSeluler.com ~ Salah satu fitur keamanan yang disematkan pada semua produk android ialah Pattern Lock. Sistem keamanan yang satu ini memungkinkan para penggunanya untuk mengunci hp maupun tablet mereka dengan password berupa bentuk pola yang sederhana.

Mengunci dengan pola ini menjadi favorit para pengguna android karena selain simple, tingkat kemanan juga lebih tinggi dibandingkan dengan password konvensional dengan mengetikkan kombinasi huruf maupun angka.

Namun kehadiran fitur Pattern Lock ini kadang membawa masalah bagi sebagian para pengguna android. Banyak pengguna smartphone Android yang sering lupa akan password berupa angka atau pola kunci pada handset miliknya, sehingga layar pun terkunci, membuat mereka tidak bisa mengaksesnya.

3 Cara Membuka Kunci Pola Android yang Terblokir Karena Lupa atau Salah Memasukkan Password Berulang kali

Selain karena lupa password, smartphone Android yang terkunci, kemungkinan telah dibuka oleh teman atau orang lain dengan menggunakan password yang salah berulang kali. Dengan demikian, ketika pengguna memasukan password, smartphone akan terkunci dan tidak bisa digunakan.

Merasa bingung bagaimana cara mengatasinya? Berikut solusinya…

1. Klik “Forgot Password”

Cara pertama ini hanya bisa dilakukan bagi smartphone yang `dipaksa` dibuka oleh orang lain dengan beberapa kali memasukan password yang salah. Caranya adalah dengan mengklik ‘Forgot password` atau `Pattern`.

Kemudian, masukkan username dan password akun Google Anda dan tekan `Sign in`. Sebelum melakukan langkah ini pastikan smartphone Anda bisa mengakses internet, baik melalui koneksi WiFi atau paket kuota data internet.

2. Melakukan Panggilan Telepon

Namun, apabila smartphone Anda secara kebetulan tidak dapat mengakses jaringan internet, Anda dapat melakukan panggilan telepon dari smartphone lain ke smartphone Android Anda yang bermasalah.

Selanjutnya, jawablah panggilan telepon itu dan jangan sampai ditutup. Lalu tekan tombol ‘Home’ dan masuk ke menu `Setting`. Kemudian, aktifkan internet agar dapat memasukan password email dan bisa `Sign in` kembali.

Jika Anda ingin membuat password yang baru, bisa membuat password berupa pola kunci atau angka di menu `Setting`.

3. Factory Data Reset

Jika Anda benar-benar lupa password akun Google, Anda bisa melakukan factory data reset melalui `Android recovery`. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengakses smartphone dan memperbarui ponsel.

Pertama-tama, matikan dulu smartphone Android Anda, kemudian tekan dan tahan tombol `Volume up` (untuk memperbesar suara) dan tombol `Power` secara bersamaan – lalu lepas setelah 3-5 detik.

Cara lainnya, Anda bisa menekan tombol `Volume down` (untuk memperkecil suara) dan tombol `Power` dengan cara yang sama atau Anda dapat menggunakan kombinasi `Volume UP`, `Home` dan `Power`.

Selanjutnya, masuk ke `Recovery mode` pilih `Data/factory reset’. Langkah terakhir, Anda dapat memilih `Reboot system now. Cara ketiga ini akan membuat HP Anda seperti dalam keadaan baru, tentu saja data dan aplikasi yang tersimpan akan hilang.

Untuk cara ketiga ini sebaiknya perlu dihindari jika banyak data-data penting yang ada di Hp. Hal ini merupakan jalan terakhir memperbaiki masalah dan memungkinkan Anda untuk menggunakan telepon kembali.

Baca Juga:

Demikian ulasan mengenai tutorial dan cara membuka kunci pola android yang terblokir karena lupa atau salah berkali-kali memasukkan sandi. Dengan demikian diharapkan anda bisa membuka kembali smartphone anda tanpa perlu membawanya ke tukang service. Selamat mencoba…! [AS/ l6]

You May Also Like

About the Author: Rien Novianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *