Cara Cek Garansi iPhone yang Asli atau Palsu Dengan Mudah

Cara Cek Garansi iPhone yang Asli atau Palsu Dengan Mudah

Cara Cek Garansi iPhone, AndroidSeluler.com ~ iPhone menjadi ponsel yang digunakan oleh kalangan menengah atas karena tampilannya yang mewah dan harganya yang cukup mahal dibanding smartphone lainnya.

Untuk itu, tak sedikit orang yang waspada atau berhati-hati saat akan membeli iPhone. Sebab banyak sekali iPhone palsu yang beredar bebas di pasaran. Maka dari itu, calon pengguna iPhone harus jeli membedakan iPhone palsu dan asli supaya tidak gampang tertipu.

Cara Cek Garansi iPhone yang Asli atau Palsu Dengan Mudah

Sebenarnya ada beberapa cara untuk tahu bagaimana keaslian iPhone. Cara cek garansi iPhone dengan IMEI sebenarnya sudah banyak dilakukan, namun hal tersebut tidaklah cukup untuk mrmastikan iPhone tersebut paslu atau asli. Kamu bisa mengetahui dengan cek garansi iPhone. Dengan cara ini kamu bisa tahu iPhone pasli atau asli sebab iPhone palsu pasti tak akan memiliki garansi.

Jenis-Jenis Garansi iPhone

 Ya, dengan mengecek garansinya, maka kita akan mengetahui apakah iPhone tersebut asli atau tidak karena iPhone palsu tidak mungkin memiliki garansi. Tapi sebelum tahu lebih jauh tentang cara cek garansi iphone resmi atau distributor.Kamu harus kenali beberapa jenis garansi iPhone berikut ini:

1. Garansi Resmi

Cara Cek Garansi Iphone Resmi Atau Distributor

Garansi resmi iPhone adalah garansi yang diberikan oleh Apple untuk perusahaan maupun distributornya pada suatu negara. Misalkan distributor resmi Apple di Indonesia memberikan garansi untuk perangkat Apple asli padajangka waktu tertentu.

Untuk bisa memperoleh garansi resemi, kamu harus membeli produk Apple pada gerai resmi Apple atau bisa juga di authorized reseller Indonesia. Klaim untuk garansi resmi ini berlaku di banyak negara dan sifatnya internasional.

2. Garansi Distributor

Cara Cek Garansi Iphone Dengan Imei

 Garansi ini diberikan dari distributor yang menjual produk Apple ke Indonesia secara tidak resmi. Garansi ini tidak ditanggung oleh distributor yang mendistribusikan peranglat tersebut  di Indonesia. Jadi, kamu hanya bisa melakukan klaim pada distributor, bukan pada service center resmi Apple.

Biasanya iPhone yang dijual distributor dibanderol lebih murah dari iPhone resmi. Tapi kamu perlu waspada, sebab banyak sekali iPhone yang refurbish atau rekondisi dengan mengatasnamakan garansi distributor.

3. Garansi Toko

Cara Cek Garansi Iphone Internasional

Biasanya garansi ini berlaku untuk produk Apple palsu, supercopy, refurbish, KW, atau Black Market (BM). Garansi ini biasanya diberikan selama 1 bulan lamanya sejak tanggal pembelian dan Cuma berdasarkan kepercayaan antar penjual dan pembeli.

Reputasi penjual atau toko akan semakin baik bila mereka bisa bertanggung jawab dengan kerusakan barang pelanggan. Untuk itulah mengapa harga iPhone dengan garansi penjual atau toko lebih kurah daripada garansi resmi.

 4. Garansi Internasional

Nah, jenis garansi ini adalah yang paling fleksibel. Pasalnya, ketika Anda memiliki iPhone bergaransi internasional, Anda bisa mengklaim garansi di seluruh authorized reseller Apple di seluruh dunia. Anda mendapatkan garansi ini ketika Anda membeli iPhone di luar negeri.

 Jenis Garansi iPhone di Indonesia

Cara Cek Garansi Iphone 6

Ternyata banyak iPhone palsu yang beredar di pasaran, untuk itu kamu harus tahu beberapa istilah atau jenis iPhone di Indonesia sebelum membelinya:

iPhone Garansi Internasional

Kamu bisa memperoleh iPhone jenis tersebut saat membelinya di negara lain seperti Australian dan Singapura.Tapi walau garansinya internasional, sering terjadi pengguna yang tak bisa mengkalim garansi di negara lain selain negara saat membeli ponsel tersebut.

iPhone Garansi Resmi

Apple tak punya pabrik di Indonesia, untuk itu penggunaan istilah garansi resmi sepertinya kurang pas.  Karenanya, garansi ‘resmi’ ini diberikan dari distributor resmi Apple yang ada di Indonesia. Tapi berhati-hatilah, sebab tak semua distributor adalah resmi. Sebab banyak iPhone selundupan atau rekondisi dengan mengusung nama distributor yang tidak jelas.

iPhone Rekondisi

iPhone rekondisi dalam artian, bentuk sparepart dalam perangkatnya bekas tapi dipugar ulang sehingga tampak baru. Umumnya beberapa jenis iPhone ini adalah tipe yang sudah tidak laku di luar negeri. Biasanya, iPhone rekondisi diberikan garansi oleh distributor selama satu tahun.

iPhone rekondisi Black Market (BM)

Iphone jenis ini cuma bergaransi selama 1 bulan saja tapi harganya lebih murah dari iPhone garansi distributor. iPhone ini dijual tanpa kartu garansi dengan kondisi apa adanya dan pajak palsu.

iPhone Refurbish

iPhone refurbish hampir miripdengan rekondisi hanya berbeda pada proses manufakturnya. iPhone refurbish telah direkondisi oleh Apple. Harganya pun bisa lebih mahal atau lebih murah dari iPhone rekondisi distributor.

iPhone Supercopy, Palsu, dan KW

Jika kamu menemukan toko atau penjual yang menawarkan iPhone harga 1-2 juta rupiah saja. Kamu wajib hati-hati, sebab bisa jadi itu adalah iPhone supercopy, palsu, atau KW. Bentuk iPhone jenis ini sekilas sama dengan aslinya, tapi jika lebh teliti, banyak sekali perbedaan yang siginifikan.

Seperti material iPhone palsu ternyata dibuat dari plastik, dan tak memakai App Store tetapi Google Play Store, serta sistem operasinya malah Android dan bukan iOS.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi Iphone Melalui Imei

Kira tentu resah dengan banyak beredarnya iPhone palsu yang marak dijual bebas. Untuk itulah, kamu wajib tahu bagaimana cara cek cek garansi iPhone untuk bisa memastikan keasliannya:

  • Bukalah menu ‘Settings’ pada iPhone
  • Lalu klik‘General’
  • Lalu pilih menu ‘About’
  • Lalu akan muncul serial number dari iPhone
  • Kemudian kamu kunjungi situs Official Apple Support dan masukan serial number iPhone
  • Masukkan nama negaramu dan pada menu Service and Repair klik tulisan ‘See your service and support coverage’

Kamu akan melihat banyak informasi tentang perangkat iPhone milikmu seperti tanggal pembelian dan masa berlaku garansinya. Bila garansi ternyata sudah habis dan kamu bari membelinya, mungkin saja iPhone milikmu bukanlah bukan iPhone resmi.

Tips Membeli iPhone Supaya Tidak Tertipu

Cara Cek Garansi Iphone Online

Kamu pasti tak ingin beli iPhone dengan harga mahal namun malah mendapatkan iPhone rekondisi atau yang sudah tidak memiliki garansi lagi. Kamu bisa menghindari hal tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Belilah ponsel di distributor resmi Apple bukan melalui online atau toko virtual
  • Bukalah dus Hp di toko san cek bersama dengan petugas toko
  • Lalu cocokkan IMEI yang terdapat pada bodi iPhone dengan yang terdapat di dus dan sistem
  • Kemudian cek juga kartu garansi yang ada di dalam dus

Baca Juga:

Demikianlah ulasan tentang cara cek garansi iPhone yang wajib kamu tahu dan juga ikuti langkah-langkah sebelum membeli iPhone agar kamu tidak tertipu dengan iPhone palsu. Selain itu, kamu juga harus memahami tips hemat baterai iPhone agar tak boros saat menggunakannya. Semoga bermanfaat! [AndroidSeluler/ Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *