Cara Menghemat Kuota Internet, Trik Ampuh 1GB Cukup Untuk 1 Bulan

Cara Menghemat Kuota Internet, Trik Ampuh 1GB Cukup Untuk 1 BulanCara Menghemat Kuota Internet 1GB untuk 1 Bulan, AndroidSeluler.com ~ Kuota data memang sangat dibutuhkan untuk bisa berselancar di dunia maya. Banyak provider seluler yang menyediakan beragam paket data bahkan sampai perang harga.

Kapasitas kuota yang hanya 1 GB tentu tidak akan cukup untuk browsing, menonton Youtube, maupun download file. Tapi Anda bisa menghemat 1 GB selama paling tidak sebulan sehingga tidak boros uang di kantong.

Cara menghemat Kuota Data Internet agar 1GB bisa cukup Untuk 1 Bulan di Smartphone

Berikut ini trik ampuh yang bisa Anda gunakan untuk menghemat kuota internet pada Smartphone:

1. Gunakan WiFi

Cara Menghemat Kuota Internet dengan WiFI
Jika Anda sedang berada di tempat yang memiliki akses WiFi sebaiknya gunakan fasilitas tersebut. Tetapi pastikan Anda sudah menggunakan Incognito Mode dan aktifkan Do Not Track untuk mengantisipasi ketika Anda secara tidak sengaja mengakses data pribadi seperti akun untuk bank atau email.

2. Atur limit penggunaan data

Cara Menghemat Kuota Internet dengan Membatasi penggunaan data
Untuk menghindari penggunaan kuota yang berlebihan ketika Anda sedang asyik internetan. Segera batasi penggunaan data menggunakan fitur Set Mobile Data Limit. Fitur ini bisa kamu akses melalui Settings lalu pilih Data Usage.

3. Gunakan Offline Mode

Cara Menghemat Kuota Internet dengan mode Offline
Kini sudah sangat banyak aplikasi yang menawarkan fitur offline mode dimana kita bisa tetap menggunakan aplikasi tersebut walaupun sedang tidak terhubung dengan internet. Misalnya YouTube offline mode untuk mendengarkan musik yang kamu suka tanpa boros kuota, atau Google Maps offline untuk Anda yang ingin bepergian ke tempat yang baru dan mungkin tak ada sinyal disana.

4. Matikan Ads dan kompres Konten

Saat tengah berselancar di dunia internet, pada website-website tertentu akan menampilkan ads atau iklan. Untuk mematikan iklan yang mengganggukamu bisa menggunakan Adblock Plus.
Untuk kompres konten yang dimaksud adalah ketika kamu browsing suatu konten menggunakan sebuah browser yang dapat mengompres konten tersebut. Opera Mini merupakan salah satu browser yang menyediakan fitur kompres konten.

5. Batasi Penggunakan Data yang Berjalan pada Background

Kontrol dan batasi penggunaan data yang berjalan di background. cara ini cukup ampuh untuk menghemat kuota. caranya, masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

Dengan melakukan settingan ini, aplikasi yang berjalan di background otomatis akan terhenti. Tapi kelemahannya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang.

6. Identifikasi Aplikasi Yang Boros Kuota

Cara Menghemat Kuota Internet dengan identifikasi aplikasi boros kuota

Untuk mengetahui aplikasi mana saja yang banyak menyedot kuota data internet, kamu bisa kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Jika sudah ketemu, kamu bisa uninstall aplikasinya kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang serupa tapi lebih hemat kuota internet.

7. Update Aplikasi Hanya Saat Terhubung dengan WiFi

Cara Menghemat Kuota Internet dengan update aplikasi hanya di WiFi

Update aplikasi dari Google Playstore biasanya memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi.

Caranya, masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Selengkapnya baca: Pembaruan Aplikasi di Hp Tanpa Kuras Kuota Internet, Begini Caranya

8. Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi

Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri. Anda bisa mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin kamu atur. Contohnya pada aplikasi Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan datanya.

9. Gunakan Aplikasi Penghemat Data Internet

Salah satu aplikasi penghemat kuota data internet paling terpercaya adalah Google Datally. Aplikasi ini diklaim mampu menghemat kouta data internet hingga 30%. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang membolehkan berjalan pada backround, membatasi penggunaan data pada masing-masing aplikasi dan masih banyak lagi. Yang jelas, aplikasi ini membantumu menghemat data dengan cara yan praktis dan mudah. Selengkapnya: Google Rilis Aplikasi Penghemat Kouta Data Internet Hingga 30 Persen

Baca Juga:

Nah, demikan ulasan mengenai 9 cara ampuh menghemat kuota internet pada smartphone. Dengan langkah ini kemungkinan kamu bisa cukup banyak menghemat kuoa data internet. Sehingga hanya dengan kuota 1GB sudah cukup digunakan berinternet selama 1 bulan. Selamat mencoba. [AndroidSeluler/ Jt]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *