Cara Hemat Kuota Internet Terbaik dan Paling Ampuh di Android

Diposting pada

Cara Hemat Kuota Internet, AndroidSeluler.com ~Terkadang paket internet selalu cepat habis membuat kita bertanya-tanya padahal penggunaanya bisa dibilang irit atau tidak boros.  Hal tersebut tentunya membuat anda jengkel bukan?

Baca: Kuota Rp 1GB Cuma 1000 Perak, Mau? Begini Caranya

Penggunaan internet yang dirasa oleh anda tidaklah boros dan hanya digunakan seperlunya maka kemungkinan ada aplikasi yang tidak digunakan terhubung dengan internet maka kuota anda terus saja terpakai sampai cepat habisnya

Hampir semua aplikasi atau game selalu terhubung ke internet, ini di lakukan oleh developer game atau aplikasi tersebut untu memeriksa pembaruan, notifikasi, iklan dan lainnya. Karena aplikasi  atau game tersebut selalu terhubung ke internet tentu hal itu akan menguras banyak data.

Namun anda tidak perlu khawatir, anda dapat mematikan konektivitas internet tehadap aplikasi atau game yang memang tidak selalu digunakan. Bagaimanakah caranya, maka kali ini  kami akan membahas cara mencegah aplikasi tidak digunakan terhubung dengan internet.

Cara Hemat Kuota Internet Terbaik dan Paling Ampuh di Android

Aplikasi yang biasa di gunakan untuk menolak ijin aplikasi ke koneksi internet adalah luckypacher, networks firewall. Kali ini akan dijelaskan dengan network firewal dan Google Datally saja.

1. Menggunakan aplikasi DroidWall – Android Firewall

Untuk bisa melakukan langkah ini, sebaiknya hp android anda telah di root terlebih dahulu, Jika belum, ikuti panduannya dengan menyimak Cara Mudah Root Semua Jenis Android

  • Download aplikasi DroidWall di google playstore kemudian install
  • Setelah download dan install, Buka aplikasinya
  • Hilangkan semua ceklis pada aplikasinya dari pilihan pertama
  • Cara Hemat Kuota Internet Cara Menghemat Kuota Whatsapp Cara Menghemat Kuota Youtube Cara Hemat Kuota XlPilih aplikasi yang ingin anda batasi atau block koneksi internetnya
  • Selesai, sekarang aplikasi yang tidak digunakan tidak tersambung dengan internet lagi dan menjadi offline secara penuh. Kuota jadi irit baterai pun hemat.

 2. Gunakan Aplikasi Google Datally

Cara ini terbilang paling mudah karena tanpa perlu root, anda cukup menginstall aplikasi google Datally yang tersedia di PlaySore yang juga bisa anda download melalui artikel ini. Google Datally memungkinkan anda mengontrol dan mengendalikan aplikasi apa saja yang berjalan secara tersembunyi di Background meski Hp sedang tidak digunakan. Google mengklaim aplikasi ini bisa menghemat kuota data internet hingga 30%. Simak ulasan selengkapnya pada Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik Google Datally

3. Gunakan Browser yang Lebih Efisien

Cara Hemat Kuota Instagram Cara Hemat Kuota Tri Cara Menghemat Kuota Instagram Cara Hemat Kuota Youtube Cara Hemat Kuota Android Cara Hemat Kuota Axis Cara Hemat Kuota Indosat Ooredoo Cara Menghemat Kuota Di XiaomiPeramban atau browser juga bisa membuat kuota internet terkuras habis khususnya browser default yang menjadi bawaan smartphone.  Untuk itulah kamu bisa menggunakan browser Opera Mini yang mampu menghemat kuota.

Selain itu, Google Chrome juga bisa menghemat kuota dengan cara:

  • Buka aplikasi browser Google Chrome
  • tap ikon tiga titik yang terletak pada kanan atas
  • pilihlah opsi Settings
  • kemudian sentuh Bandwith dan klik Data Saver untuk mematikan data saving.

4. Gunakan Aplikasi `Mailbox` Untuk Kebutuhan Email

Penggunaan email juga bisa membuat kuota cepat habis seperti membuka, mengirim email juga mengunduh file attachment. Untuk itulah kamu perlu menggunakan aplikasi Mailbox dari Dropbox yang mampu menyimpan data supaya kuota tak tersedot banyak.

5. Mengubah Fitur Maps ke Mode Offline

Cara hemat kuota tanpa aplkasi ini efektif untuk mengurangi penggunaan kuota internet yang sia-sia. Perlu kamu tahu, aplikasi Maps ini sebenarnya akan semakin banyak menguras data jika kamy memakainya untuk  turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time, layanan built-in navigation, atau melihat map dengan mode satellite. Berikut cara untuk mengatasi boros  kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini:

  •  Ubahlah mode online ke mode offline pada pengaturan aplikasi Maps ini
  • Pada platform android, pilihlah Search Bar yang berada di atas aplikasi Maps
  • Geserlah layar ke bawah sampai menemukan opsi `Save map to use offline’
  • Sedangkan untuk platfom iOS, kamu hanya tinggal mengubah mode ke dalam flight mode.

6. Mematikan Opsi Sinkronisasi yang Tak Diinginkan

Tanpa kamu perlu sadari, banyak akun yang terhubung otomatis pada smartphone yang menyedot kuota internet tanpa disadari. Kamu bisa mematikan atau menon- aktifkan sinkronisasi otomatis ini terhadap akun-akun yang jarang dipakai.

Caranya:

  •  Masuklah ke Menu Settings
  • Pilih Accounts
  • Lalu pilih akun yang  tak diinginkan untuk disinkronisasikan

7. Aktifkan Peringatan dan Batasi Penggunaan Mobile Data

Cara lain untuk hemat kuota internet adalah membatasi pemakaian mobile data dengan mengaktifkan peringatannya. Kamu bisa menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in yang ada pada platform Android, jadi kamu akan mendapat peringatan ketika penggunaan kuota internetmu sudah melampaui batas.

Caranya:

  • Masuk pada Settings
  • Pilihlah Data usage
  • Klik Celular data
  • Lalu pilih Set cellular data limit kemudian tap untuk mengaktifkannya.

Baca juga:

Nah itu dia deretan cara hemat kuota internet untuk smartphone android yang wajib kamu tahu. Jadi dompetmu tak akan cepat kemps hanya untuk membeli paket data internet. Semoga bermanfaat! [AndroidSeluler/ Bs]

Download Game Jungle Adventures 2 untuk Bertualang di Dunia Prasejarah
Cara Mematikan Autoplay Video Instagram agar Tak Boros Kuota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *