Categories: Aplikasi

6 Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula dan Tips Jualan Biar Laris

Apakah kamu ingin tahu cara jualan di Shopee untuk pemula? Apakah jualan di Shopee bayar atau gratis? Bagaimana tutorial dan tips supaya jualan online di Shopee lewat HP android bisa laris manis? Artikel ini akan membahasnya untukmu.

Shopee adalah salah satu marketplace terpopuler di Indonesia dengan ciri khas warna oranye. Banyak sekali masyarakat yang berlangganan menggunakan Shopee untuk bertransaksi online. Shopee biasanya menggelar konser promosi dengan menggandeng penyanyi dari dalam dan luar negeri khususnya artis Kpop dalam sebuah konser.

Baca : Cara Jualan Online di Facebook Paling Jitu Biar Cepat Laris untuk Pemula

Jadi tak heran kalau masyarakat lebih senang untuk berbelanja di Shopee, bahkan tak sedikit yang menjadi penjual di Shopee. Banyak sekali penjual yang memanfaatkam Shopee untuk meningkatkan penjualannya.

6 Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula dan Tips Jualan Biar Laris

Dengan hanya bermodalkan smartphone, kamu bisa berjualan di Shopee dan menjadi peluang usaha. Tak hanya itu, dari hari ke hari, konsumen semakin berkembang pesat.

Shopee juga sudah terintegrasi dengan jasa pengiriman paket terpercaya. Belum lagi banyak promo menarik yang menarik para konsumen.

Kamu ingin berjualan di Shopee? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mulai berjualan:

1. Membuat Akun Shopee

Kamu harus membuat akun agar bisa melakukan aktivitas jual beli. Caranya:

Download dan Install aplikasi Shopee di Play Store atau App Store
Buka Shopee dan isilah formulir dengan email dan nomor ponsel yang aktif
Kamu akan menerima SMS atau email berisi kode OTP
Masukkan kode OTP untuk menyelesaikan pendaftaran.

2. Membuka Toko

Setelah memiliki akun, kini saatnya kamu membuka toko di Shopee. Caranya:

  • Bukalah aplikasi Shopee
  • Klik Jual di kiri atas
  • Isilah  profil toko seperti nama, deskripsi, foto profil, serta banner
  • Atur alamat toko dan jasa pengiriman yang akan digunakan
  • Masukkan juga rekening bank untuk dapat mencairkan penghasilanmu.

3. Mengunggah Produk

Setelah membuat toko, kamu dapat mulai mengunggah produk dan barang yang akan dijual. Caranya:

  • Siapkan gambar produk berkualitas tinggi dan menarik calon pembeli
  • Lalu isilah detail produk akan dijual seperti nama produk, jenis, deskripsi, ukuran, merek, dan sebagainya
  • Shopee akan melakukan pemeriksaan produk yang kamu jual dalam waktu 1×24 jam kerja.

4. Promosikan Produk

Setelah mengikuti proses verifikasi Shopee dan berhasil, produk yang kamu jual sudah muncul di etalase toko. Kamu perlu melakukan promosi agar dilirk calon konsumen. Caranya:

Baca : Cara Jualan di Lazada Lewat Hp Android Untuk Pemula

Gunakan setiap 4 jam yang diberikan Shopee untuk menaikkan produkmu
Kamu juga dapat membagikan tautan toko dan produk lewat media sosial

Baca : Cara Jualan di Bukalapak untuk Pemula dengan Mudah dan Cepat

Strategi Ampuh Jualan Online di Shopee bagi Pemula Supaya Laris Manis

Cara jualan di Shopee juga harus dengan strategi agar produk yang dijual laris manis. Ikutilah tips da trik di bawah ini:

1. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Shopee menawarkan fitur gratis ongkir dengan minimal belanja mulai dari 0, Rp 30.000, Rp 90.000, dan Rp 200.000. Gratis ongkir menjadi daya tarik terbesar bagi pembeli. Kamu harus segera mengaktifkan fitur tersebut, dengan syarat foto KTP dan foto selfie memegang KTP.

Jika pembeli memakai voucher gratis ongkir untuk belanja, kamu tak usah membayar ongkir kirim kepada jasa ekspedisi. Praktis kan?

2. Memperbanyak Produk

Memperbanyak produk yang dijual di etalase toko bisa mendapatkan pembeli yang lebih besar. Jika produk di tokomu kurang dari 5 buah, tentunya akan sangat sulit dijangkau pembeli. Tak perlu waktu lama untuk mengunggah produk, sebab Shopee menyediakan fitur upload secara massal.

3. Perbanyak Jumlah Follower Toko

Seperti Twitter dan Instagram, Shopee juga menyediakan fitur follower dan following. Hal ini sangat mempengaruhi kualitias penjualan di toko. Semakin banyak follower atau pengikut, kemungkinan produk yang laku akan menjadi lebih besar. Sebaiknya kamu fokus untuk meningkatkan jumlah pengikut saat awal pembentukan toko.

Baca : Cara Kredit HP di Shopee Paling Mudah dan Cepat

4. Mengikuti Program Khusus dari Shopee

Shopee menyediakan banyak program khusus untuk para penjual, seperti Flash Sale. Flash sale adalah penjualan produk dalam waktu singkat dengan harga yang sudah didiskon. Flash Sale bisa menjadi salah satu strategi ampuh untuk mendatangkan pembeli.

5. Pilih Produk yang Banyak Dicari Pembeli

Kamu harus menyediakan produk yang banyak dicari oleh pembeli. Ya. Kamu harus pintar membaca tren yang sedang terjadi saat ini. Penjualan produkmu akan melesat dengan cepar jika dicari banyak orang. Jika banyak pesaing, tawarkan dengan harga yang lebih rendah, agar para konsumen lebih memilih produk dari tokomu.

6. Rekap Penjualan

Walaupun berbasis online, rekap penjualan juga sangat penting untuk menganalisa hasil penjualan secara lebih mudah. Jadi manajemen usaha onlinemu bisa dilihat dan diatasi dengan baik.

Baca : 6 Aplikasi Jual Beli Online Terbaik dan Paling Laku di Android

Nah demikian ulasan tentang cara jualan di Shopee untuk pemula. Kalau kamu berminat segera lakukan dari sekarang untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan berjualan online. [AS / BS]

Ranika S