Cara Kompres Video Tanpa Merusak Kualitas Gambarnya

Cara Kompres Video Tidak Merusak Kualitas Gambar, AndroidSeluler.com ~ Bagi anda pecinta film tentunya sering menyimpannya dengan berukuran besar namun jika kapasitas hardisk yang kecil maka hal ini adalah masalah yang besar bagi anda. Anda harus tambal sulam atau mengganti film lama dengan film yang baru.

Padahal film lama tersebut adalah adalah film favorit anda. Nah untuk mengatasinya tentu anda bisa kompres video tersebut agar ukuranya menjadi lebih kecil. Namun kebanyakan setelah melakukanya kualitas gambar malah menurun bahkan lebih buruk lagi.

Terkait dengan itu kami punya solusinya yaitu Menggunakan XMedia Recode. Software ini adalah software yang bisa digunakan untuk mengonversi format suatu video atau audio ke format lain. Namun selain untuk mengonversi format, software ini juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran video. Untuk cara penggunaanya mari simak ulasanya di bawah ini

Cara Kompres Video Menggunakan XMedia Recode

Langkah 1

Pertama anda perlu mengunduh dan memasang software bernama XMedia Recode. Setelah memasang software-nya, anda tentukan video yang akan anda perkecil ukurannya. Dalam gambar, bisa anda lihat bahwa ukuran videonya adalah 118 MB.

Langkah 2

Selanjutnya, silahkan anda buka XMedia Recode yang tadi sudah dipasang.

Langkah 3

lalu pilih video yang tadi sudah anda siapkan.

Sebelum memulai ke langkah selanjutnya, tentukan terlebih dahulu format video anda nanti di tab format. Di sini Kami akan memilih format MP4

Langkah 4

Kemudian, di tab video anda tekan ikon bergambar kalkulator di sebelah kanan layar.

Di langkah inilah anda akan memulai memperkecil ukuran dari video yang sebelumnya sudah anda siapkan. Terlebih dahulu, tekan kolom tab yang sebelahnya ada durasi. Kemudian akan tampil panel video codec. Setelah itu, ubah Bitrate sesuai kebutuhan anda. Namun, karena anda akan memperkecil ukuran video, maka usahakan ubah nilai bitrate menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Langkah 5

Setelah itu langsung anda tekan tab Queue. Tab ini adalah tempat mengantrekan video atau audio yang akan diproses. Cara memasukkan video anda ke dalam antrean hanya dengan menekan nama video yang ada di tabel paling atas, kemudian tekan tombol yang bersimbol tambah. Di tab ini anda akan bisa melihat ukuran video yang nanti akan dihasilkan dan anda dapat menentukan letak hasil proses akan ditersimpan nanti.

Langkah 6

Setelah menentukan folder letak video akan tersimpan nanti, sekarang anda hanya perlu menekan tombol encode. Otomatis akan muncul panel baru yang akan menunjukan status program.

Tunggu beberapa saat. Setelah selesai, anda bisa membuka folder tempat video tersimpan.

Dan hasilnya adalah video yang sebelumnya berukuran 118 MB, sekarang sudah menjadi 74,3 MB. Cukup kecil bukan?

Perlu diketahui pada saat proses kompres ukuran, hal yang harus anda perhatikan agar ukuran video semakin kecil adalah besar bitrate. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kualitas video menurun. Oleh sebab itulah anda harus bisa menyesuaikan besar bitrate saat mengecilkan ukuran atau mengencode koleksi video anda.

Demikianlah cara kompres video tanpa merusak kualitas gambarnya. Cukup simpelk dan praktis bukan? Jika anda memiliki cara lain jangan sungkan untuk berbagi di komentar ya. Terimakasih [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *