Cara Mengetahui dan Melacak Identitas Nomor Penelpon Tak Dikenal

Cara Mengetahui dan Melacak Identitas Nomor Penelpon Tak Dikenal

Cara Melacak Identitas Nomor Penelpon Rahasia ~ Mendapatkan Telpon atau SMS dari nomor yang tidak dikenal yang menawarkan berbagai macam seperti tawaran kartu kredit, pinjam tanpa agunan, apalagi jika ada yang mau tipu-tipu dengan menjanjikan hadiah tertentu. Hal ini tentu sangat mengganggu.

Jika hal tersebut sudah jelas bisa dikategorikan penipuan, sebaiknya segera laporkan ke pihak berwenang, silahkan kunjungi arikel kami sebelumnya: Cara Melaporkan Penipuan SMS, Transaksi Online ke OJK, Operator dan Polisi

Namun jika ada panggilan tidak terjawab dari nomor yang tidak dikenal tentu membuat penasaran, siapa sebenarnya yang menelpon, barangkali penting, atau panggilan interview kerja, atau ada kondisi darurat dari pacar, teman, atau keluarga. Itulah pikiran yang ada di benak anda bukan?

Apalagi jika setiap kita mengangkat telepon tiba-tiba diputus, tentu akan semakin membuat penasaran. Mungkin ada orang yang sengaja meneror atau mengganggu kita, atau bisa jadi ada pemuja rahasia yang sedang mencari-cari perhatian kita?

Nah biar tidak kepikiran terus siapa penelpon rahasia itu, kita bisa memanfaatkan sebuah aplikasi untuk melacak identitas penelpon. Lalu, bagaimana caranya?

Cara Melacak Identitas Pemilik Nomor Penelpon Rahasia yang tidak dikenal

Nah untuk memastikan siapa yang menelpon tadi, kali ini kami akan memberikan tips untuk mengetahui identitas si penelpon rahasia dengan cara melacak pemilik nomor yang tidak dikenal tersebut, simak ulasanya dibawah ini.

1. Cara Menggunakan Truecaller: Caller ID & Dialer di Android


Langkah pertama, anda bisa mengandalkan aplikasi bernama Truecaller: Caller ID & Dialer yang tersedia di Android, iOS, dan aplikasi berbasis web. Aplikasi ini, memiliki data base jutaan nomor telepon yang telah diidentifikasi sebelumnya. Jadi, selain mengenali panggilan masuk dari siapa. Anda juga bisa mencari tahu panggilan yang tidak terjawab dan melakukan langkah seperti memblokir mereka. Caranya:

  • Buka Truecaller dan login, anda lihat di bawah ada 4 tab utama, yakni calls, search, block, dan contacts. Anda pilih search.
  • Anda bisa melacak nomor telepon berdasarkan nomor atau nama.

2. Cara Menggunakan Truecaller di Web

Truecaller merupakan perusahaan asal Swedia dengan pengguna lebih dari 85 juta di seluruh dunia. Ada banyak layanan serupa, tapi Truecaller adalah salah satu yang paling dapat dipercaya dan memberikan informasi yang benar berdasarkan identitas asli, serta mampu menampilkan nama pemanggil.

Selain di Android, anda juga bisa menggunakan Truecaller di web, yang dapat anda buka di browser PC anda. Caranya:

  • Pilih negara dan jangan lupa sign in atau daftar jika belum punya akun Truecaller.
  • Kemudian cari berdasarkan nomor telepon.

Selain itu, fitur lain dari True Caller adalah anda bisa mengaktifkan untuk memblokir panggilan dari nomor yang terdeteksi spam, melihat nomor yang terdaftar sebagai spam, dan blokir nomor tersembunyi.

Baca juga:

Itulah cara melacak nomor penelpon untuk mengetahui identitasnya dengan bantuan sebuah aplikasi Truecaller. Aplikasi pelacak identitas penelpon ini bisa digunakan untuk semua operator, baik dari Telkomsel (Simpati, AS, Halo), Indosat (Mentari, IM3), XL, Axis, Three, dsb. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *