Cara Mengetahui dan Membedakan HP Android yang Asli, Palsu & Replika

Cara Mengetahui dan Membedakan HP Android yang Asli, Palsu & Replika

Cara Cek Keaslian HP Android, AndroidSeluler.com ~ Pernahkah memastikan Hp android yang kamu pakai asli, replika atau bahkan rakitan? Dikarenakan android merupakan sistem operasi open source, banyak vendor dengan mudah dan leluasa mengembangkan gadget android. Efeknya, semakin beragam pilihan gadget android.

Bahkan tidak sedikit pihak tidak bertanggung jawab membuat tiruan dengan harga murah dengan embel-embel gadget black market yang didatangkan dari Batam. Tapi apakah benar demikian?

Faktanya, beberapa gadget android palsu atau replika, secara fisik sangat mirip, sehingga agak sulit dibedakan. Namun sebenarnya, dari segi kualitas, ponsel tiruan tersebut hanya dibekali dengan spesifikasi seadanya yang jauh berbeda dengan yang asli.

Cara Mengecek dan Membedakan Hp Android yang Asli (oroginal), Palsu atau Replika, hingga yang Rakitan

Lantas bagaimana cara mengetahui keaslian smartphone android anda? disini akan di kupas cara mengecek tanpa harus membongkarnya.

 1.  Download AIDA

Download aplikasi AIDA, untuk memeriksa keaslian gadget, anda terlebih dulu mendownload aplikasi AIDA begitu gadget anda terhubung dengan Internet. Setelah data di AIDA muncul, segera samakan spesifikasi yang muncul di gadget dengan spesifikasi resmi gadget terkait di website resminya atau di situs lain yang terpercaya. Jika ternyata spesifikasinya tidak sesuai, maka dapat dikatakan bahwa gadget anda itu tidaklah asli.

2. Cek charger dengan ampere

Kita bisa melihat keaslian gadget anda dengan melihat charger-nya dengan mudah, dengan install aplikasi ampere. Aplikasi ini akan mengukur arus yang dikeluarkan dari charger tadi. Jika arusnya lemah, jelas bahwa charger-nya palsu, dan kemungkinan gadget-mu juga palsu

3. Cek lewat AnTuTu

Walau skor AnTuTu. tidak mutlak dalam menentukan performa gadget, tapi skor ini bisa dijadikan patokan untuk pembanding keaslian gadget. Segeralah cari tahu skor menggunakan aplikasi tersebut dengan mode yang sama dengan internet. Pastikan angkanya tidak terpaut jauh, jika jomplang anda layak untuk curiga dengan keaslian gadget-mu. Perlu diketahui powermade yang dibekali pada beberapa gadget , hal ini mempengaruhi performa gadget

4. Cek IMEI

Langkah selanjutnya adalah mengecek IMEI dengan masuk menu-Settings-about atau dial phone *#06#. Lihat IMEI anda langsung cek lewat website http://www.imei.info/. Informasi yang muncul ternyata tidak sesuai dengan informasi tadi, itu tanda gadget-mu tidak asli.

5.  Kelengkapan Gadget

Kelengkapan gadget asli dan palsu juga berbeda, bukan dari jumlah, melainkan dari kualitasnya. Biasanya yang palsu dilengkapi dengan kabel dan charger yang rendah kualitasnya dan tidak sesuai.

Charger gadget palsu atau black market biasanya dibekali adaptor yang tidak sesuai dengan negara tempatnya dijual. Selain itu, detail charger gadget palsu juga biasanya nampak buram dan mudah terkelupas.

Baca juga :

Nah, itu dia cara mudah mengetahui android ayng asli atau palsu. Sudah cek keaslian gadget anda belum? Jangan sampai anda datang ke service center tapi ternyata gadget yang dibawa ternyata replika. Untuk informasi dan tips selain cara diatas silahkan share di komentar. [AS/ Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *