Cara Memperbaiki Blue Screen di Komputer dengan Mudah

Memperbaiki Blue Screen, AndroidSeluler.com ~ Pemakaian komputer saat ini memang telah menjadi sebuah keharusan. Pasalanya segala pekerjaan harus menggunakanya karena mampu dengan cepat dan mudah untuk menyelesaikannya. Tak cuma untuk bekerja saja, tapi bermain juga saat ini memakai piranti ini.

Dengan frekuensi penggunaan perangkat ini cukup padat maka bukan hal yang aneh jika komputer mengalami kerusakan. Salah satunya blue screen. Yaitu dima layar komputer menjadi berwarna biru dan terdapat tulisan keterangan dan akan suka restart sendiri, lebih parahnya tidak biasa dipakai.

Nah jika sudah begini tentu akan menghambat kegiatan produktifitas anda. Biasanya banyak pengguna akan melakukan install ulang Windows tersebut. Cuma akli ini kami akan memberikan cara memperbaiki blue screen di komputer tanpa ribet, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Blue Screen Di Komputer

Sebelum masuk ke cara mengatasi blue screen, anda harus tahu apa penyebab blue screen terlebih dahulu. Karena dengan mengetahui apa penyebab atau sumbernya, tentu akan lebih mudah menanganinya.

Penyebab blue screen cukup banyak. Bisa karena Windows error, terkenal virus, hardware failure dan lain-lain. Supaya tidak bingung dalam diagnosa masalah blue screen, ikuti langkah berikut.

Langkah-langkah Cek Penyebab Blue Screen Di Komputer

Langkah 1

Download terlebih dahulu software bernama ‘BlueScreenView’, anda bisa download melalui tautan berikut:

Download: BlueScreenView versi terbaru

Langkah 2

Jika sudah download, langsung buka software tersebut tanpa install. Pada nomor 1, pilih ‘Dump Files’ terbaru. Pada nomor 2, baca penyebab blue screen di komputer. Selesai, sekarang anda sudah tahu masalahnya.

Cara Mengatasi Blue Screen Di Komputer Yang Mudah

Setelah anda mengetahui penyebabnya, anda bisa konsultasikan ke pakar IT dengan memperlihatkan screenshot dari software BlueScreenView. Sertakan juga kronologinya, sehingga pakar IT akan lebih mudah memberikan solusi.

Tapi kalau anda ingin usaha sendiri terlebih dahulu, berikut beberapa yang bisa anda coba

1. Melakukan Full Scan Dengan Antivirus

Apabila penyebabnya terkait dengan file system, bisa juga penyebabnya adalah virus. Oleh karena itu cara pertama yang bisa anda coba, yaitu dengan full scan pakai antivirus.

2. Melakukan System Restore

Apabila penyakit tersebut masih saja, maka ada kemungkinan pada sitem operasinya. Nah jika penyebabnya karena  file system, bisa jadi karena anda menginstall suatu software atau driver namun hasilnya crash. Untuk itu cara kedua yang bisa anda coba, yaitu dengan melakukan system restore.

3. Melakukan Reset Windows

Apabila dua cara sebelum ini tidak membantu, anda juga bisa coba lakukan reset atau install ulang Windows. Umumnya dengan cara ini, masalah ini terkait software dapat teratasi.

4. Melakukan Pengecekan Hardware

Apabila hasil dari analisa mengatakan penyebabnya terkait driver, lalu dengan reset atau install ulang Windows tidak membantu, besar kemungkinan bisa terjadi karena ada masalah hardware. Cara mengatasi blue screen ini, yaitu dengan service atau maintenance.

Baca juga:

Itulah tadi Cara memperbaiki layar biru yang bisa kami berikan untuk anda. Gimana. ternyata tidak sulit bukan? sebenarnya langkah yang diambil dari atas ini sebelumnya anda harus kenal penyebabnya terlebih dahulu, jangan ragu untuk konsultasikan penyebab ke pakar IT. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

1 Comment

  1. Download pakai apa bos begitu terbuka windows langsung restart lagi, paling jg instal ulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *