Cara Memperbaiki Video Yang Rusak Menggunakan Aplikasi Android

MP4Fix Video Repair Tool Aplikasi Memperbaiki Video Rusak, AndroidSeluler.com  ~ Bagi anda yang suka mengabadikan moment penting, sepreti dengan keluarga, traveling dengan teman atau pacar bahkan saat pelantikan jabatan. tentu yang anda lakukan adalah membidik kamera smartphone dan merekam video moment tersebut. Memang momen penting sangat berharga karena tidak bisa terulang kembali.

Namun apa jadinya jika video momen penting tersebut rusak atau corrupt?  Tentu membuat anda kecewa panik dan bingung karena videonya tidak dapat diputar.  Untuk itu kami menyarankan anda tidak langsung menghapusnya dari smartphone anda. Karena Masih bisa diperbaiki. Kami akn kasih tahu caranya.

Penyebab Video Bisa Rusak

Sebelum membahas tentang cara memperbaikinya, perlu diketahui  juga penyebab kenapa  bisa video rusak dan tidak bisa diputar.   Ada banyak faktor penyebab terjadinya hal itu.  Biasanya karena kesalahan ketika download, kehilangan codec, atau struktur video rusak setelah recovery data.

Tapi yang sering terjadi pada ponsel khususnya Android adalah video rusak karena kehabisan baterai ketika merekam video, kehabisan RAM ketika menyimpan video, atau kesalahan pada aplikasi ketika merekam layar contohnya screen recording atau aplikasi kamera lainya.

Setelah anda mengetahui penyebabnya sekarang lanjut  ke langkah-langkah memperbaiki video yang rusak tidak bisa diputar. Berikut penjelasanya.

Perbaiki Video Rusak dengan Aplikasi MP4Fix Video Repair Tool

Dengan Aplikasi ini bisa menyelamatkan video rusak anda. Karena  Aplikasi ini mampu secara otomatis mendeteksi video yang rusak. Jadi ketika pertama kali buka aplikasi, maka daftar video yang rusak akan otomatis muncul sendiri.

Dan lebih hebatnya ukuran aplikasi ini kecil hanya dibutuhklan kapasitas memori sebesar 1.2 MB. Untuk mulai memperbaiki video yang rusak, silahkan ikuti langkah-langkah memakai MP4Fix Video Repair ini

 

1. Download dan Install Aplikasi MP4Fix Video Repair Tool

Langkah yang paling utama adalah  Download dan pasang dulu aplikasi MP4Fix Video Repair Tool dari PlayStore.

>>Download MP4Fix Video Repair Tool

2. Buka Aplikasinya

Setelah download dan install, selanjutnya Buka aplikasi tersebut. Maka video yang rusak (video corrupt) akan otomatis muncul. Aplikasi ini mampu mendeteksi video mana yang rusak dan masih bisa diperbaiki.

3. Pilih Video yang Akan Diperbaiki

Setelah itu, Pilih video yang rusak tadi, ketika muncul menu “more information required”, pilih video yang bagus dan bisa diputar

Sebagai Catatan,  aplikasi ini membutuhkan video yang bagus untuk dijadikan referensi / rujukan mereka dalam memperbaiki file rusak video. Bisa diktakan untuk melihat struktur video yang bagus untuk diterapkan pada video rusak tadi.

Jika Anda tidak memiliki video yang bagus, maka buat saja video asal untuk sekedar sampel. Tidak perlu lama-lama, 5 detik saja cukup namun dengan catatan antara video yang rusak dengan video yang bagus itu harus dibuat dengan aplikasi yang sama, settingan yang sama, atau kamera yang sama. Supaya hasilnya benar-benar bagus untuk dijadikan rujukan dalam perbaikan video tersebut.

4. Pilih Select

Setelah membuat video yang bagus sebagai rujukan, maka selanjutnya Pilih select dan cari contoh video yang bagus tadi dari galeri / memori ponsel android Anda.

5. Pilih tombol Repair

Terakhir tekan tombol Repair dan tunggu aplikasi ini mulai memperbaiki video rusak Anda.

Untuk mencari hasilnya, buka galeri Anda atau secara default Anda bisa mencarinyai di folder DCIM pada memory ponsel. Hasil video yang sudah diperbaiki akan diberik akhiran “fixed” pada nama file videonya.

Perlu diketahui bahwa untuk ponsel Android, aplikasi untuk memperbaiki video rusak atau yang corrupt ini belum banyak. Lain halnya software untuk memperbaiki video di PC, sehingga aplikasi ini benar-benar perlu Anda miliki.

MP4Fix sejatinya dirancang untuk memperbaiki video yang dibuat dengan kamera ponsel android. Namun tidak menutup kemungkinan bisa dipakai untuk memperbaiki video hasil download dari internet, dengan catatan yang sudah disinggung di atas (lihat poin 3).

Sekian pembahasan mengenai cara memperbaiki video yang rusak menggunakan aplikasi android. Semoga dengan menggunakanya, video momen penting anda bisa pulih kembali. [AndroidSeluler/Fo]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *