Categories: Aplikasi

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Cepat dan Mudah

Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Bisakah pemula menghasilkan uang dari YouTube dengan cepat? Upload video seperti apa yang bisa dimonetisasi Ads YouTube? Artikel ini akan membahasnya untukmu.

Saat ini banyak vlogger yang bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan konten di YouTube. Sampai banyak yang berlomba-lomba untuk menghasilkan uang dari YouTube. Bahkan dari ads YouTube harta mereka bisa mencapai milyaran juta rupiah. Siapa yang tak tergiur?

Baca : 7 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Dijamin Ampuh

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Cepat dan Mudah

Namun untuk dapat uang dari YouTube bisa dikatakan susah-susah gampang, namun kamu bisa menghasilkan uang dari YouTube dengan tips dan trik ampuh berikut ini;

1. Membuat Channel YouTube

Kamu bisa mendapatkan uang lewat YouTube dengan membuat akun terlebih dahulu. Bila kamu belum memiliki akun YouTube. Caranya, Sign in ke YouTube dengan  menggunakan akun Google. Lalu buat channelmu dengan nama yang menarik. Tentukan juga konsel, tema,d dan karaketr channelmu.

2. Monetisasi YouTube Channel

Setelah itu, kamu bisa mengambil langkah untuk pengajuan monetisasi. Caranya:

  • Sign in akun YouTube milikmu
  • Lalu pilih menu “account information” di kanan atas
  • Kemudian klik “Creator Studio”
  • Kemudian, klik Channel pada menu di sebelah kiri
  • Lalu klik “Status and features”
  • Setelah itu pilih “Enable Monetisation” dan setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel milikmu, kamu hanya butuh melakukan associate dan approved AdSense account kamu ke YouTube account milikmu. Selanjutnya pada fitur YouTube Analytic yang bisa digunakan untuk melakukan track penghasilanmu yang dapat terbayar bila kamu sudah melengkapi atau mengikuti Youtube payment threshold.

Baca : Cara Nonton YouTube Dapat Uang yang Lengkap & Mudah

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi

Untuk memperoleh uang dari YouTube, kamu harus mengoptimalkan YouTube channel  dengan memenuhi kriteria berikut ini:

  • Video harus user-friendly
  • Kontennya asli atau orisinil supaya bisa dipromosikan
  • Jangan pernah melakukan Copyrighted videos atau plagiasi yang akan merugikanmu
  • Perhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang sudah dibuat pihak YouTube
  • Jik monetisasi telah aktif, maka beberapa iklan akan muncul di video milikmu

5. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Jika kamu bertanggung jawab untuk perusahaan atau bisnis tertentu, kamu bisa menjadikan channel YouTube milikmu untuk meningkatkan conversion rate. Buatlah konten menarik yang menunjukkan keunggulan produk dan buatlah tautan atau link produk di kolom deskripsi YouTube videomu.

6. Menjual Video di Website Penjualan Video

Kamu bisa menjual video di website komersial yang memberikan sarana untuk menjual hasil karyamu. Di YouTube, kamu bisa mengunggah tayangan berupa teaser dan mengarahkan penonton untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.

7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Cara ini sangat populer menghasilkan uang secara online. Buatlah saluran YouTube yang keren dan menjadikannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Niche visual yang makin berkembang dan orang-orang mulai malas membaca teks panjang. Kamu bisa mengembangkan bisnis lebih pesat lagi.

8. Menarik Sponsorship

Para YouTuber terkenal di hampir semua konten video mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Jadi kamu juga bisa memanfaatkan sponsorship untuk menghasilkan uang dari konten YouTubemu.

9. Live Speaking

Bila kamu sudah mempunyai fanbase atau fans yang banyak, kamu bisa mengadakan greeting dan meeting dengan jadwal yang rutin. Dari siti kamu bisa menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya.

10. Berpikir Out of The Box

Kamu harus berpikir kreatif untuk mmenghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal sampai akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh banyak orang sampai akhirnya menjadi konten viral.

Baca : Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah

Tipe-tipe Video yang Menghasilkan Uang dari YouTube

Seperti apa konten yang menarik banyak penonton? Berikut jenis-jenis video yang bisa kamu buat untuk menjangkau banyak penonton:

1. Tayangan Voice Over

Rekaman suara narasi tentang berbagai fakta menarik, berita terkini, film atau musik dengan visual yang menarik sangat diminati penonton

2. Tayangan List

Tayangan ini menayangkan daftar yang menarik untuk ditonton seperti 10 Penemuan Tanda-tanda Alien di bumi”, “10 Buaya Terbesar di Dunia” dengan suara, gambar bergerak, tulisan, kolase foto-foto dan sebagainya.

3. Tayangan Tutorial

Tutorial (panduan) untuk membuat atau melakukan sesuatu seperti tutorial make up, DIY, memasak, dan masih banyak lagi.

4. Tayangan Unboxing

Video-video unboxing sangat banyak diminati karena keingintahuan yang besar oleh penonton di YouTube. Seperti mainan anak, alat-alat teknologi, dan sebagainya.

5. Tayangan Ilustrasi

Kini banyak sekali tayangan bernilai edukasi yang dibuat dengan ilustrasi menarik. Kamu bisa mengulas tentang cerita, ilmu pengetahuan, dan fakta menarik dengan ilustrasi dibalut dengan gambar, teks, dan audio.

Aturan Mencari Uang dari YouTube

Sebelum memonetisasi video, kamu bisa mengetahui peraturan untuk mendapatkan uang dari YouTube:

  • Membuat video dengan tampilan menarol dengan sudut pengambilan gambar, resolusi, suara, dan sebagainya.
  • Membuat video yang menarik sampai penonton dapat menontonnya dari awal sampai akhir tayangan
  • Membuat video yang menaikkan engangement, dimana penonton bisa berkomentar atau membagikan video
  • Mengajak penonton menjadi subscriber channel YouTube milikmu
  • Memberi nama dan judul yang sesuai dengan konten, memberikan deskripsi video yang sesuai dan berpengaruh pada rank SEO
  • Membuat video sesering mungkin
  • Mempublikasikan dan mensosialisasikan video YouTube di semua sosial media
  • Jangan membuat video plagiasi satau copy-paste konten agar kamu tak dikenakan sanksi
  • Jangan membuat konten yang melanggar Terms of Service YouTube

Mengenal Istilah CPM dan RPM

Bila kamu serius ingin menghasilkan uang dari akun YouTube kamu juga harus mengenal istilah-istilahnya monetisasi YouTiube:

Definisi CPM

CPM (Cost per Mille) adalah istilah per seribu. Terkait monetisasi video YouTube Anda, kamu harus mengetahui rumus yang untuk mengetahui berapa pendapatanmu:

  • Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)
  • 1000 views/ $1 =kira-kira 10 ribu rupiah
  • 10.000 views/ $10 = kira-kira 100 ribu rupiah
  • 100.000 views/ $100 = kira-kira 1 juta rupiah
  • 1.000.000 views/ $1000 = kira-kira10 juta rupiah
  • 10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah

Jumlah uang yang dibayarkan bisa meningkat jika sedang hari raya seperti Lebaran dan Natal. Jumlah bisa dipengaruhi oleh konten, waktu, dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif, mulai dari 50 cents sampai dengan 10$ per thousand impressions.

Pada Google AdSense, impression adalah jumlah halaman unit iklan yang muncul. Bagi negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang negara yang tidak memakai Bahasa Inggris.

Definisi RPM

RPM ( Revenue per thousand impressions) adalag potongan yang diambil YouTube sebesar 45% dari pendapatan iklan yang dihasilkan di saluran YouTube-mu serta dari keseluruhan total RPM. Rumusnya sebagai berikut:

Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

Ketentuan Youtube

Youtube mengharuskan minimum durasi total video selama 4.000 jam dengan 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir sebagai syarat  masuk ke dalam YouTube Partner Program. Keuntungan yang didapat adalah sebuah Channel bisamemasukkan link ke website pada akhir video. Selain itu, channel tersebut bisa bebas memasang iklannya di video mereka.

Baca : Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Pakai Google Adsense Bagi Pemula

Demikian ulasan tentang cara menda[atkan uang dari YouTube. Cukup lengkap kan? Ayo asah kreativitasmu dan bangun konsel untuk membuat konten menarik agar kamu bisa sukses seperti vlogger lain dengan channel YouTube. [AS / BS]

Ranika S