Cara Mendeteksi Noda Bakteri dengan Kamera Smartphone, Wajib tahu!

Cara Deteksi Noda Bakteri dengan Kamera HP, AndroidSeluler.com ~ Anda wajib tahu, virus seperti influensa dan gastrointestinal (penyakit gangguan pencernaan) disebabkan bakteri pada objek yang hadir di sekitar kita? Terlebih lagi, selain berbahaya, bakteri ini tidak bisa dilihat secara kasat mata. Bakteri mikroskopik tersebut justru kerap muncul di objek yang terletak di ruangan lembab seperti toilet.

Sebuah artikel yang ditulis seorang ahli dari pusat Epidemiologi dan Kesehatan Umum Nasional mengungkap para pengguna ponsel tidak disarankan untuk menggunakan perangkatnya di toilet. Hal ini dikarenakan ruangan penuh dengan bakteri yang sangat gampang pindah ke tubuh manusia lewat media yang dipegang.

Seorang ahli dari pusat Epidemiologi dan Kesehatan Umum Nasional menerangkan perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, dan laptop tidak disarankan untuk digunakan di toilet. Ahli kesehatan bernama Dr. Martyn Kirk tersebut mengatakan, penggunaan barang elektronik itu semestinya di tempat yang sesuai, bukan di toilet.

“Saya berpikir penggunaan barang-barang seperti itu di toilet sungguh menjijikkan,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan ponsel di toilet, memiliki risiko kesehatan sebab  toilet adalah sebuah ruangan yang memiliki banyak media di mana bakteri bisa berpindah ke tangan manusia.

“Bakteri di toilet akan sangat mudah pindah ke tubuh manusia lewat media yang dipegang. Salah satunya ponsel dan beberapa perangkat genggam. Terlebih, jika orang tersebut tidak mencuci tangannya dengan bersih,” terangnya.

“Bakteri dan virus tersebut bisa berpindah ke tangan manusia. Parahnya, hal ini bisa menyebabkan penggunanya menderita gastroentritis, muntah-muntah, bahkan penyakit diare,” lanjutnya.

Perlu diingat bahwa penggunaan ponsel di toilet bisa mengakibatkan perpindahan bakteri dan virus, bahkan menyebabkan penggunanya menderita penyakit yang tak diinginkan. Setelah melihat seperti apa resiko dan bahayanya, masihkah Anda ingin memakai ponsel kesayangan di toilet?

Untuk mengantisipasi hal ini, ternyata ada cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengetahui tempat mana di rumah Anda yang paling banyak memiliki bakteri. Untuk mengetahui letaknya, Anda hanya memerlukan ponsel dan beberapa alat tulis.

Cara Mendeteksi Bakteri dengan Kamera Ponsel

Alat:

Sebelumnya, siapkan alat-alat sebagai berikut:

  • Smartphone yang memiliki kamera dan Led Flash
  • Isolatif
  • Spidol warna ungu
  • Spidol warna Biru

Cara merakit alat

  • Tempel selotip bening ke bagian lampu flash belakang HP
  • Warnai bagian Selotip dengan spidol warna biru
  • Tempel lagi bagian yang sudah diwarnai dengan Selotip bening
  • Lakukan pewarnaan ulang pada selotip dengan spidol biru
  • Ulangi dengan menempel selotif bening
  • Warnai lagi selotip bening tadi, namun kali ini dengan spidol warna ungu.

Cara mendeteksi Bakteri

  • Matikan ruangan yang akan di deteksi bakterinya
  • Nyalakan kamera dan nyalakan fitur flash
  • Maka bakteri akan terlhat pada layar ponselmu

Selengkapnya, simak cara mendeteksi noda bakteri lewat kamera ponsel di video berikut ini:

Baca Juga:

Demikian cara mudah mendeteksi bakteri dengan memanfaatkan kamera pada smartphone. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! [AndroidSeluler/Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *