Aplikasi

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak disadap Orang Lain

Cara Mengamankan Akun WhatsApp, AndroidSeluler.com ~ Kemungkinan penyadapan, di hack atau dibobolnya akun whatsApp kini tak perlu dikhawatirkan lagi. Sebab baru-baru ini WhatsApp sudah memberikan Update terbaru menambahkan fitur keamanan terbaru yaitu Two-Step Verivication.

Ketika kita menginstal WhatsApp atau sudah melakukan pembaharuan aplikasi tersebut, hal ini lah pertama yang harus dilakukan. Lalu Apa itu Two-Step Verivication? Bagaimana menjalankanya?

Fitur Two-Step Verification adalah fitur yang mengaktifkan keamanan dengan cara memasukkan kata sandi enam digit ketika kita ingin mendaftarkan nomor telepon kita lagi pada WhatsApp. Fitur ini sangat berguna untuk mencegah data-data atau  percakapan pribadi kita diambil atau disadap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap oleh Hacker atau orang lain

Cara menjalankan fitur anti pembajakan untuk mengamankan akun WhatsApp ini sebenarnya cukup mudah. Simak penjelasan dibawah ini:

1. Mengaktifkan verifikasi 2 Langkah

  • Langkah pertama, masuk ke Setting/Setelan dengan tap titik tiga dipojok sebelah kanan layar lalu pilih Setting/Setelan.

  • Selanjutnya Selanjutnya, klik “Akun” atau “Account”, kemudian klik “Verifikasi Dua Langkah” atau “Two-Step Verification”

  • Di sini kita langsung klik “Aktifkan” atau “Activate”.

  • Kemudian masukkan enam digit angka sebagai kode sandi, tergantung selera anda. Setelah itu, ulangi kode sandi yang sudah dimasukkan sebagai bentuk konfirmasi
  • Selanjutnya, masukkan alamat emailmu. Opsi ini bisa dilewati, tetapi saran Kami sih lebih baik ditambahkan. Sebab jika anda tidak menambahkan alamat email dan kebetulan anda lupa kode sandi yang telah dibuat, maka anda tidak dapat mendaftarkan ulang nomor teleponmu di WhatsApp.

  • Tunggu sebentar, dan ……. ! Fitur Two-Step Verification sudah aktif.

Sampai tahap ini sebenarnya akun WhatsApp kita sudah cukup aman dari penyadapan, namun jika masih kurang yakin, kita bisa lanjutkan pada langkah berikutnya.

2. Menampilkan Notifikasi Keamanan

WhatsApp memiliki kode khusus berupa barcode pada setiap akun. Nah, apabila kalian mengaktifkan fitur ini, kita akan menerima pemberitahuan saat kode keamanan berubah ketika ada perangkat baru mesuk ke akun whatsApp kita. Pendek kata, kita jadi cepat tahu saat ada orang lain di perangkat berbeda yang login ke akun WhatsApp di nomor Hp yang kita daftarkan.

3. Log out dari WhatsApp Web

Jika kalian pernah membuka WhatsApp versi web di PC atau laptop, jangan lupa untuk Log Out dulu sebelum mematikan komputer. Sebab, hal ini sangat berbahaya dan rentan terhadap peretasan akun WhatsApp. Seorang hacker bisa saja meremote komputer yang sedang kita pakai dari jarak jauh tanpa kita ketahui, lalu mengakses pesan WhatsApp kita.

Atau yang paling memungkinkan, orang dekat seperti teman kerja, keluarga atau pasangan kita yang meminjam Laptop dengan mudah membaca semua isi pesan pribadi WhatsApp. Tentu kalian tidak mau hal ini terjadi bukan?

4. Jangan Root Folder Whatsapp

Kalian yang punya hobi otak-atik dan root Android, sebaiknya tidak memberikan akses root pada folder WhatsApp. Sebab hal ini memungkinkan aplikasi-aplikasi jahat akan mencuri data dari WhatsApp milik kita.

5. Hindari Menginstal Aplikasi Pihak Ketiga

Kalian pasti pernah mendengar aplikasi yang menyerupai WhatsApp namun punya keunggulan lain yang tidak ada di WhatsApp bukan? Itulah yang dimaksud aplikasi pihak ketiga, entah aplikasi untuk mengganti tema WhatsApp, mengganti WhatsApp jadi warna-warni, WhatsApp Blue atau bahkan WhatsApp Premium dst.

Demi alasan keamanan, sebaiknya hindari aplikasi yang mencurugakan seperti itu. Karena tidak ada jaminan aplikasi semacam itu bebas dari Malware yang bisa mengakses data-data pribadi kita.

Baca juga :

Demikian ulasan tentang cara mengamankan akun whatsApp agar tidak mudah disadap atau dibajak oleh orang lain. Dengan demikian akun WhatsApp kita bisa lebih aman dari tangan-tangan jahil hacker. Selamat mencoba! (AS/JT)

Sr. Mulya