Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root dan Mudah

Cara mengembalikan SMS Yang Terhapus Di Android ~ Perkembangan Teknologi yang kian maju pesat memungkinkan kita berkomunikasi tak hanya melalui panggilan telepon, tapi juga melalui pesan singkat. Meskipun saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk menggunakan aplikasi chatting, nyatanya kita masih memerlukan fitur pesan singkat alias SMS untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak menggunakan smartphone.

Terkadang kita lupa bahwa kita pernah memiliki pesan penting yang ada di sana, dikarenakan jarang menggunakanya, Dan kemudian kita melakukan kesalahan dengan menghapus pesan-pesan penting tersebut. Tentunya anda akan panic dan bertanya-tanya Adakah cara mengembalikan pesan yang terhapus?

Jawabannya, ada. Pesan yang terhapus di ponsel Android masih dapat di-recover atau dikembalikan, Perlu diperhatikan, asalkan bagian dimana pesan tersebut disimpan dalam memory tidak terhapus dengan adanya update atau file download dari aplikasi lain. Ya, saat kita menghapus sebuah pesan teks, ia tidak langsung dihapus begitu saja. Ia akan ditandai sistem sebagai “tidak aktif” dan menjadi invisible dan replaceable.

Karena itu, Anda harus melakukan gerak cepat sebelum pesan teks yang tadinya tak sengaja terhapus masih belum digantikan oleh file yang lain. Cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android yang pertama adalah bisa dengan menggunakan aplikasi yang bisa mengembalikan data yang terhapus tersebut.

Cara Mengembalikan SMS Yang Terhapus dengan Aplikasi Android dan Software di PC

Berikut adalah daftar aplikasi untuk mengembalikan SMS yang terhapus di Android yang juga bisa anda unduh langsung di Google Playstore melalui link yang kami berikan pada artikel ini.

 1. X-Plore File Manager

Cara pertama ini tanpa menggunakan komputer PC tetapi membutuhkan akses root, anda hanya memerlukan aplikasi tambahan X-Plore file manager yang bisa anda unduh di Google Playstore. Berikut langkah-langkahnya:

  • Install dan buka aplikasi aplikasi X-Plore File Manager seperti biasa.
  • Buka Folder Mail yang terdapat X-Plore File Manager
  • Folder System umumnya memang tersem­bunyi, jadi untuk munculkannya, tab Menu, selanjutnya Tools, Configuration atau lang­sung saja anda tap tombol 0.
  • Kemudian folder dari System Mail, lalu buka di tiap folder yang ada dan dibaca kare­na didalamnya merupakan pesan keluar dan pesan masuk yang ada diponsel. Nah, Saat itulah bakal anda temukan berbagai sms yang anda hapus serta yang belum dihapus.
  • Untuk mengembalikan pesan sms, pilih file mana saja yang mau dibaca.
  • Selanjutnya pilih Menu, tap File lalu Hex viewer.
  • Lihat kolom yang ketiga dari sisi kiri anda. Sekarang SMS anda yang sebelumnya terhapus sudah terbaca kembali.

 2. MobiKin Doctor for Android

Software memerlukan sebuah PC yang harus terhubung dengan perangkat android. Aplikasi ini tidak hanya mengembalikan SMS di android saja yang ditawarkan, tapi juga bermacam jenis file lain seperti dokumen, musik, foto, hingga video. Yang lebih penting, aplikasi ini sudah mendukung untuk digunakan di beragam device Android dari bermacam-macam vendor. Tercatat ada 2000 tipe ponsel Android yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini termasuk aplikasi premium, anda harus membayar sebesar $49.95 untuk mendapatkan aplikasinya. Tapi anda juga diberi kesempatan untuk mencobanya secara gratis untuk menginstal versi trialnya.

 3. Wondershare Dr. Fone

Selanjutnya ada Wondershare Dr.Fone. Software ini juga merupakan salah satu yang menawarkan cara mengembalikan SMS yang terhapus. Anda bisa menginstal program ini di PC Anda dan menyalakan USB Debugging On sebelum memulai proses recovery pesan teks.

Berikut cara mengembalikan SMS yang terhapus dengan Dr. Fone

  • Install Wondershare Dr. Fone di Komputer PC atau Laptop seperti biasa.
  • Buka pengaturan di Hp Android, centang mode USB Debugging pada pilihan Developer Options.
  • Buka software Dr. Fone di PC, sambungkan smartphone ke PC melalui kabel USB. Tunggu hingga Dr. Fone mendeteksi android. Pilih ‘izinkan‘ jika muncul notifikasi di smartphone.
  • Klik tombol start pada software Dr. Fone untuk memulai proses scaning di smartphone. Proses ini biasanya memakan waktu hampir 5 menit tergantung data-data di hpmu. Tunggu hingga selesai.
  • Klik pada tab ‘Messaging’ untuk selanjutnya memilih pesan SMS yang ingin dikembalikan.
    Centang check box pesan mana saja yang ingin di recovery atau dikembalikan.
  • Selanjutnya, klik pada tombol ‘Recovery’ dan tunggu proses berjalan hingga pesan-pesan yang telah terhapus itu kembali seperti semula.

 4. MyJad Android SMS Recovery

MyJad Android SMS Recovery menjadi salah satu aplikasi yang popular untuk mengembalikan SMS yang terhapus di Android. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengembalikan SMS yan terhapus baik pada perangkat Android maupun iOS.

  • Download dan install software MyJad Android Recovery di PC melalui website resminya disini.
  • Buka software yang sudah di-install, sambungkan perangkat Android dengan PC menggunakan kabel micro USB. Aktifkan mode pilihan ‘USB Debugging’.(Jika tidak muncul pilihan Developer options, lihat About Phone di pengaturan, dan tap berulang kali pada pilihan build number sampai muncul pesan You are now a developer. Kemudian kembali lagi ke awal.)
  • Tunggu sampai perangkat Android mendeteksi aplikasi ini, agar otomatis aplikasi akan melakukan proses scan pada perangkat Android.
  • Selanjutnya, klik pada tab ‘message’ dan Pilih pesan yang ingin kamu recover dengan mencentang pilihan pada kotak check box yang disediakan.
  • Pesan yang telah terhapus akan berwarna merah, sedangkan yang warna hitam berarti pesan tersebut masih berada di perangkat Android.
  • Jika sudah yakin 100%, silahkan tekan pada tombol ‘Recovery’. Proses recovery ini akan memerlukan waktu apalagi jika pesan pada Android cukup banyak.
  • TapOK’ jika proses recovery telah selesai.

Keempat cara di atas dapat membantu Anda mengembalikan dan melihat kembali SMS yang sudah dihapus. Namun alangkah lebih baiknya bila ke depannya Anda berhati-hati sebelum menghapus data dari ponsel Anda. Atau, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan backup data-data termasuk pesan teks Anda, sehingga bila suatu saat tidak sengaja terhapus Anda tidak akan kebingungan.

Baca juga:

Itulah cara mengembalikan SMS yang terhapus di Android. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda. Perlu diingat, selalu hati-hati pada saat akan menghapus pesan di ponsel Android Anda! [AndroidSeluler/Tn]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

2 Comments

  1. Cara kembalikan pesan SMS terhapus???

    1. Gimana cara ngembalikan pesan sms yang lama terhapus?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *