Cara Menggunakan BitCoin yang Aman dan Mudah

Cara Menggunakan BitCoin, AndroidSeluler.com ~Setelah memahami pengertian BitCoin dan bagaimana cara mendapatkannya yang sudah pernah diulas sebelumnya sekarang giliran membahas Cara menggunakan BitCoin yang kan  kami ulasa dalam artikel kali ini, jadi jangan lewatkan ya, perhatikan sampai selesai.

Cara Menggunakan BitCoin yang Aman dan Mudah

Mungkin anda yang ingin inverstasi mata uang virtual ini sedang mencari berbagai informasi yang valid mengenai cara menggunakannnya. Nah untuk menggunakannya, ada hal pertama yang perlu anda lakukan untuk dapat menggunakan BitCoin adalah membuat BitCoin wallet. Sama sepert wallet/ dompet uang yang anda miliki, ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan BitCoin anda.

Wallet ini berwujud lebih nyata daripada rekening bank yang hanya berupa angka. File wallet yang anda buat ini sama seperti file pada umumnya yang bisa anda pindahkan dan simpan pada berbagai perangkat. Anda bahkan juga bisa membuat file duplikat namun tidak menduplikat uang yang ada didalamnya.

Bagian BitCoin Wallet

BitCoin Wallet terdiri dari 2 bagian : file wallet yang menyimpan BitCoin dan wallet application atau disebut juga BitCoin client, yang digunakan untuk membuka file wallet tersebut. Artinya, anda bisa memindahkan file wallet menggunakan USB drive dan membuka file tersebut di komputer yang memiliki aplikasi wallet. BitCoin client tersedia untuk berbagai OS, sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai kompatibilitasnya.

Selain menggunakan client BitCoin, anda juga bisa menggunakan layanan online seperti Instawallet. Website ini membuat file wallet dan mengaitkannya dengan URL tertentu yang bisa anda bookmark. Hal ini memungkinkan anda untuk dapat mengakses file wallet BitCoin dari manapun melalui koneksi internet. Tentu saja, hal ini juga berarti anda harus menggunakan layanan yang terpercaya.

Berikut ini tampilan client BitCoin versi Mac yang tidak berbeda jauh tampilannya dengan versi lainnya:

Cara Mengisi BitCoin Wallet

Nah, setelah memiliki client BitCoin, saatnya untuk mengisi wallet anda dengan uang. Terdapat 3 cara utama untuk menambahkan BitCoin ke dalam wallet : donasi dan BitCoin gratis, pertukaran uang dan trading atau menjadi merchant BitCoin.

Sebelumnya, ketahui dulu beberapa istilah BitCoin lainnya. BitCoin dikirimkan kedalam wallet anda melalui alamat penerima (receiving address), string karakter random yang dihasilkan untuk menunjuk pada wallet anda. Proses ini mirip dengan menuliskan cek nominal tertentu, namun prosesnya berjalan secara otomatis.

Menariknya, anda tidak perlu menggunakan satu alamat penerima yang sama. Bahkan disarankan untuk membuat receiving address yang berbeda untuk setiap transaksi agar mudah untuk melakukan tracking transaksi.

Nah di Setiap receiving address yang telah dibuat akan tetap aktif, sehingga bisa digunakan lagi nantinya jika diperlukan. Anda juga bisa mengisi BitCoin wallet melalui BitCoin mining (menambang BitCoin).

Donasi/ BitCoin Gratis

Disini, kami akan membahas cara mendapatkan BitCoin gratis dari beberapa website atau orang lain. Hal ini akan berguna bagi anda untuk mempelajari cara kerja BitCoin. Cara termudah untuk mendapatkan BitCoin pertama anda adalah BitCoin Faucet, yang bakal memberikan anda 0.001BTC bagi pengguna baru BitCoin.

Anda akan memerlukan akun Google untuk mendaftar. Setelah login dengan akun Google, anda akan diminta untuk memasukkan captcha dan receiving address, kemudian klik ‘Get Some!’

Hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk menerima pembayaran dari BitCoin Faucet. Cara kerja donasi kurang lebih sama. Anda bisa menempatkan receiving address dimana saja ; profil Facebook atau Google+, signature forum dan sebagainya. Dengan begini, anda bisa menerima donasi Coin dari siapa saja yang ingin berdonasi.

Contoh receiving address pada signature forum :

Pertukaran Kurs

Meski anda bisa dapat BitCoin gratis, tentunya nilainya tidak banyak. Cara termudah lainnya adalah menukarkan uang anda dengan BitCoin. Terdapat banyak website yang menyediakan layanan pertukaran ini, dan anda juga harus pastikan website yang anda pilih menerima mata uang yang anda gunakan.

Anda bisa melihat daftar website penukaran BitCoin di BitCoin wiki. Terdapat 2 metode pertukaran, yaitu real time dan fixed rate. Penukaran real time adalah kondisi dimana pembeli memasukkan harga tertinggi yang ingin mereka bayarkan untuk BitCoin, sedangkan penjual mendaftarkan harga minimum penjualan BitCoin.

Pertukaran terjadi langsung ketika terjadi kecocokan harga. Tentunya, anda harus bersabar untuk mendapat kecocokan harga.

Metode lainnya adalah fixed rate, dimana sistemnya mirip dengan kurs mata uang pada umumnya. Penjual akan memberikan penawaran harga tertentu pada periode tertentu pula. Meski mungkin anda tidak mendapatkan harga terbaik, namun fixed rate lebih dapat diandalkan dan tentunya lebih cepat daripada real time.

Website pertukaran BitCoin paling populer saat ini adalah Mt Gox, yang menangani lebih dari 80% transaksi BitCoin menggunakan metode real time.

Perdagangan BitCoin

Selain beberapa cara diatas, anda bisa memperoleh BitCoin dengan menjual barang digital atau jasa secara online menggunakan BitCoin. Anda juga bisa menjual barang melalui BitCoin World Market untuk mendapatkan BitCoin. Jika anda suda memiliki bisnis online, maka penggunaan BitCoin tentunya tidak sulit dan bakal berguna untuk bisnis anda.

Lalu jika anda ingin menjual item atau jasa kepada siapapun secara online, anda bisa dengan mudah menggunakan website For BitCoin.

Cara Menggunakan BitCoin

Untuk menggunakan atau membelanjakan BitCoin, tentu saja anda perlu mencari tempat yang menerima BitCoin sebagai alat pembayaran. Cara termudah adalah dengan mengunjungi halaman Trade Wiki BitCoin yang menyediakan informasi mengenai website yang menerima BitCoin sebagai alat pembayarannya.

Semua transaksi BitCoin melibatkan receiving address dan sending address. Cara mengirim BitCoin juga mudah. Klim tombol ‘Send Coins’ pada jendela client, kemudian jendela ‘Send Coins’ akan terbuka dan anda akan diminta untuk memasukkan receiving address yang sesuai. Setelah data diisi, klik ‘Send’ dan transaksi selesai.

Baca juga:

Nah itulah tadi bagaimana cara menggunakan bitcoin yang aman dan mudah. Setelah memahaminya apakah anda akan tetap investasi dengan mata uang virtual tersebut? Tulis jawaban serta pendapat anda dikolom koimentar ya. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *