Categories: Sosial Media

5 Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC (Laptop), Mudah dan Lengkap

Apa kamu masih bingung bagaimana cara menggunakan WhatssApp Web di PC (laptop) lewat smartphone android dan iOS (iphone)? Bisakah WhatsApp Web digunakan di Windows dan MacOs? Tenang saja, dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang terpopuler karena mudah dan nyaman digunakan. Setiap pengguna smartphone pasti menggunakan aplikasi chat ini untuk berkirim pesan. Selain itu penguna juga dapar menggunakan WhatsApp dari PC atau laptop dengan WhatsApp Web.

WhatsApp Web adalah salah satu fitur WhatsApp untuk mengakses WA di komputer atau laptop dengan mensinkronisasi akun WhatsApp dari smartphone.

Baca : Cara Kirim Pesan WhatsApp tanpa Meyimpan Nomor Hp Tujuan di Kontak

Oleh pihak pengembang WhatsApp menyediakan WhatsApp web agar memudahkan penggunanya mengakses WhatsApp dari laptop (PC).

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC (Laptop), Mudah dan Lengkap

Bagaimana cara menggunakan WhatssApp Web dari smartphone android atau iOS ke PC (laptop)? Simak beberapa caranya berikut ini:

1. Menggunakan fitur WhatsApp web di HP Android

Tutorial menggunakan WhatsApp web di laptop ini mudah, ringan, dan cepat Kamu tak perlu install aplikasi apapun di PC atau laptop. Caranya

  • Bukalah halaman WhatsApp Web menggunakan browser di laptop atau  komputer
  • Buka juga aplikasi WhatsApp di ponselmu
  • Lalu klik icon menu (⋮) di sisi kanan atas
  • Pilih WhatsApp Web dan tap icon +
  • Setelah tampil fitur scan barcode di laptop, arahkan kamera HP pada halaman WhatsApp Web tempat barcode tersebut
  • Setelah scan QR code, kamu bisa menggunakan WA di laptopmu

2. Menggunakan fitur WhatsApp Web dari  Smartphone IOS (Iphone – Apple)

  • Buka Situs Whatsapp Web di browser
  • Buka juga aplikasi WhatsApp di smartphone Iphone
  • Lalu klik Pengaturan
  • Kemudian klik menu Whatsapp Web Menu
  • Scan QR Code di smartphone dengan mengarahkan kamera HP pada kode yang tampil di browser laptop

Cara Log Out WhatsApp Web di PC (Laptop)

Log out (keluar) dari WhatsApp Web sangat penting agar WhatsApp di laptop / komputermu tidak dibajak dan disalah gunakan. Caranya:

  • Bukalah WhatsApp di ponselmu
  • Kemudian buka Setelan atau Pengaturan
  • Klik WhatsApp Web
  • Pilih Keluar dari semua perangkat dan klik Keluar

3. Menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop

Kamu juga bisa membuka WhatsApp web di PC atau laptop dengan aplikasi (software) WhatsApp dekstop. Namun kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut sebelumnya. Aplikasi tersebut juga tersedia untuk Windows dan Mac OS. Caranya:

  • Download dan install aplikasi WhatsApp Desktop
  • Cukup satu kali login kamu akan masuk ke WhatssApp
  • Menggunakan WhatsApp Desktop akan login secara otomatis setiap aplikasi kali dibuka
  • Tapi dengan syarat, WhatsApp di smartphone dalam keadaan aktif.

Baca : Cara Hack WhatsApp Menggunakan Aplikasi WhatsWeb, 100% Work!

4. Menggunakan WhatsApp Desktop dari Microsoft Store

Untuk pengguna Windows 10, kamu bisa memakai WhatsApp Desktop yang dapat diunduh melalui Microsoft Store. Perlu kamu tahu, Native app dari Windows ini sebenarnya jauh lebih ringan sebab dirancang khusus bagi pengguna Windows 10. Caranya:

  • Unduh dan install aplikasi tersebut
  • Login seperti biasa

5. Menggunakan WhatsApp di Laptop atau dengan emulator

Dengan cara ini, kamu tak perlu menginstall aplikasi WhatsApp di smartphone. Yang kamu perlukan hanya HP jadul untuk verifikasi nomor telepon. Caranya:

  • Install emulator seperti Bluestack di laptop atau komputermu
  • Install aplikasi WhatsApp di emulator tersebut
  • Lalu verifikasikan dengan nomor telepon Setelah itu WhatsApp siap digunakan.

Kelebihan WhatsApp Web

WhatsApp Web sangat berguna dalam mengirim pesan secara cepat. Selain itu WhatssApp web juga mempunyai nilai plus dengan beberapa fitur menarik berikut ini:

1. Hemat Waktu dan Efisien

Dengan menggunakan WhatsApp Web, pekerjaan ini akan lebih menghemat waktu. Khususnya bagi para pegawai dan pebisnis. Kamu dapat menyiapkan draft di laptop atau komputer tanpa harus mengetik ulang sehingga lebih efisien.

2. Mengirim File Lebih Cepat dan Mudah

Kamu bisa mengirim dan mengunduh file atau data dari WhatsApp ke laptopmu. Seperti foto, dokumen, video dan sebagainya. Bahkan file penting bisa langsung diarsipkan di laptop atau komputer tanpa harus memindahkan dari smartphone terlebih dahulu.

3. Pencari Pesan yang Cepat

Kamu bisa mencari pesan yang penting dengan menggunakan WhatsApp Web lebih mudah dan cepat. Kamu hanya tinggal ketikkan kata pada kotak pencarian pesan yang terletak di sisi kanan atas. Secara otomatis, pesan yang kamu cari akan segera ditampilkan.

4. Baca Pesan tanpa Smartphone

Walau kamu tak membawa HP, kamu masih bisa melihat chat atau pesan di WhatsApp Web. Asalkan sudah login dan terkoneksi dengan internet.

5. Hemat kuota internet

WhatsApp Web memiliki akses yang lebih cepat karena terhubung dengan browser jadi terasa lebih ringan dan hemat kuota internet tentunya.

Kekurangan WhatsApp Web

Walaupun lebih banyak kelebihannya dibanding aplikasi WhatsApp di smartphone. Namun WhatsApp Web juga punya beberapa kelemahan, berikut ini:

1. Tak bisa Lakukan Panggilan Online

Panggilan online merupakan salah satu fitur WhatsApp yang sangat berguna.  Namun sayangnya fitur tidak tersedia pada WhatsApp Web.

2. Membutuhkan Akses Internet yang Kuat

Kamu harus memiliki koneksi internet yang kuat agar bisa menggunakan WhatsApp Web. Sebab jika, jaringan internet lemah atau terganggu,  WhatsApp Web akan lambat menerima respon

3. Tak Bisa Digunakan Ketika Ponsel Mati

WhatsApp Web akan berjalan selama maka WhatsApp di HP mu masih menyala. Namun sebaliknya jika berjalan smartphone mati maka kamu tak akan bisa menggunakan WhatsApp Web.

4. Boros Baterai

Bila kamu sering meghubungkan WhatsApp di HP dengan WhatsApp Web. Maka baterai smartphone akan menjadi boros dan cepat panas.

Baca : Cara Menyembunyikan Status Online WhatsApp dan Tanda Terakhir Dilihat

Demikianlah ulasan tentang cara menggunakan WhatsApp Web di laptop atau PC. Lengkap kan? Gunakanlah sesuai dengan kebutuhanmu agar pekerjaanmu semakin mudah dan cepat selesai. Semoga bermanfaat! [AS / BS]

Ranika S