Aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi Bandel Android yang Susah di hapus/ Uninstall

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus, AndroidSeluler.com ~ Semua perangkat android tentu dibekali dengan aplikasi-aplikasi bawaan seperti Pesan, Galeri, Camera, dan masih banyak lagi. Kamu eperlu tahu bahwa aplikasi bawaan tersebut tak akan pernah bisa dihapus atau uninstall.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa saja terhapus jika androidmu dalam keadaan rooted. Namun kali ini kamu akan mengetahui bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di smartphone. Tentunya bukan aplikasi bawaan yangtelah disebutkan tadi. Melainkan aplikasi yang kamu install dari Google Play Store namun susah autau bandel untuk dihapus.

Ternyata ada beberapa alasan mengapa beberapa aplikasi yang diunduh dari Google Play Store sulit untuk dihapus. Hal ini dikarenakan tak sedikit developer aplikasi atau games yang memiliki cara tersendiri saat merancang aplikasi tersebut.

Kadang kala, developer membuat fitur Advance yang belum pernah ada dalam aplikasi tersebut sehingga membuat para pengguna menjadi bingung. Fitur advance yang ada pada aplikasi tersebut membuat pengguna harus memberikan hak akses kepada  Device Administrator  yang terdapat pada pengaturan Android.

Inilah titik masalahnya dimana para pengguna ponsel pintar tak banyak mengetahui sehingga mereka merasa bahwa aplikasi yang sudah diinstall tak bisa terhapus begitu saja dari handphone.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Smartphone yang Wajib Kamu Tahu!

Kamu merasa bingung dan ining menemukan cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus atau sulit uninstall di ponselmu? Langkah yang paling ampuh adalah kamu harus masuk pada pengatran di poselmu dan menonaktifkan kontrol pada Device Administrator. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah Pertama

  • Masuklan pada menu “Setelan” pada androidmu
  • Lalu tap pada fitur “Keamanan dan Privasi”
  • Pada menu tersebutKemudian, pilihlah “Administrator Perangkat”.

Langkah Kedua

  • Pada Administrator Perangkat atau
  • Device Administrator kamu akan melihat aplikasi apa saja yang akan dihapus
  • Tap pada aplikasi yang akan dihapus dan hilangkan tanda centang untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

Langkah Ketiga

  • Setelah kamu menonaktifkan Aplikasi pada Device Administrator, kembalilah pada menu Manajemen Aplikasi
  • Temukan aplikasi yang akan kamu hapus tersebut
  • Pilih opsi “Hapus Instalasi” atau “Paksa Berhenti” dan “Hapus Installasi” pada aplikasi yang mau kamu hapus tersebut

Cara Menghapus Aplikasi Android yang Sulit Uninstall Dengan Factory Reset

Sebenarnya cara pertama untuk menghapus aplikasi yang tak bisa diuninstall sudah sangat ampuh dan mudah dilakukan. Namun jika ada kemungkinan gagal dalam pengoperasiannya, kamu bisa melakukan Factory Reset atau mengembalikan pada pengaturan pabrik dalam ponselmu.

Namun resiko yang akan kamu harus terima adalah, data-data yang tersimpan dalam ponselmu akan terhapus dan semua perangkat kembali pada kondisi seperti awal kamu membelinya. Untuk itulah, jika kamu ingin menempuh langkah ini, selamatkan dulu data-datamu seperti foto, video, dan file penting lainnya dengan memindahkannya pada perangkat lain. Jadi kamu tak akan kehilangan semua data-datamu yang berharga.

Baca Juga:

Demikian ulasan tentang bagaimana cara menghapus aplikasi yang tak bisa dihapus pada smartphonemu dengan cepat dan mudah. Kamu bisa melakukannya sendiri atau membantu rekan atau kerabatmu yang memiliki permasalahan yang sama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. [AndroidSeluler/ Bs]

Ranika S