Cara Menghapus Virus Komputer Cuma Pakai CMD

Cara Menghapus Virus Komputer Pakai CMD, AndroidSeluler,com~ Hampir setiap pengguna Komputer atau Laptop pasti pernah mengalami masalah deng virus yang menyerang perangkat tersebut. Entah hanya virus shortcut atau virus yang berbahaya. Kalau sudah begitu, data-data anda yang jadi korbannya, terlebih jika anda belum sempat melakukan back up data.

Maka dari itu, sebelum virus menyerang lebih luas, anda perlu segera menghapus virus yang terdeteksi di PC anda. Umumnya menghapus virus pada perangkat PC ataupun laptop dengan mengandalkan sebuah software khusus, seperti antivirus.

Namun kendalanya menggunakan software ini adalah harusnya selalu update, belum lagi yang memakan cukup banyak space memori. Tak masalah jika anda memiliki peraqngkat yang spek gahar, jika tidak? Lemot jadinya

Nah, untuk itu berbeda dengan cara yang akan Kami ulas berikut. Kali ini Kami akan memberikan anda cara menghapus virus komputer Cuma pakai CMD. Dijamin virus pada komputer anda bakal hilang. Penasaran caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Pertama Menghapus Virus Cuma pakai CMD

Menghapus virus komputer menggunakan program Command Prompt atau biasa disebut CMD adalah cara alternatif paling efektif. Tidak perlu butuh bantuan aplikasi lainnya, cukup mengetikkan perintah ke CMD, virus pun teratasi. Lebih lengkapnya anda bisa simak langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1

Pertama-tama, tentunya anda harus membuka program Command Prompt (CMD). Caranya pun cukup mudah, yaitu tinggal tekan tombol Windows +R menggunakan keyboard.

Langkah 2

Apabila program Command Prompt sudah terbuka, maka bisa langsung ketik cd/, kemudian tekan lagi enter.

Langkah 3

ketiga, untuk menghapus virus dengan program Command Prompt, anda hanya perlu mencari nama drive yang ingin anda cek dengan CMD. Misalnya anda ingin cek drive C, maka lansung ketik C:, kemudian enter.

Langkah 4

Selanjutnya, ketik attrib dan tekan enter.

Nah, sampai di sini sebenarnya pengecekan sudah selesai. Anda hanya perlu cek model file-file yang telah muncul. Jika menemukan file yang aneh, maka bisa langsung dihapus dengan cara ketik DEL pada lokasi virus yang telah terdeteksi.

itu adalah cara pertama mengatasi virus dengan program Command Prompt. Untuk melakukan cara ini, sebaiknya anda tahu perbedaan file virus dan yang bukan virus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti salah menghapus file.

Cara Kedua Menghapus Virus Menggunakan CMD

Selain cara pertama yang sudah diberikan di atas, anda bisa juga menghapus virus menggunakan CMD dengan cara kedua ini. Untuk lebih jelasnya, inilah langkah-langkahnya.

Langkah 1

Sama seperti cara yang pertama, anda buka program Command Prompt pada perangkat komputer anda.

Langkah 2

Setelah melihat program Command Prompt terbuka, maka langsung saja perhatikan kolom state. Kalau ada tulisan LISTENING, artinya komputer masih aman dari virus. Namun, jika tertulis ESTABILISHED, itu artinya komputer anda sedang terserang virus.

Langkah 3

Cara mengatasi hal tersebut sangatlah mudah, yakni mengandalkan Task Manager serta Klik Tab Service.

Langkah 4

Buka dulu Task Manager untuk mencocokkan PID di CMD yang mengalami masalah dengan PID yang ada pada aplikasi itu.

Langkah 5

Terakhir, lakukan saja klik kanan, lalu stop service. Tunggu hingga selesai.

Itulah tadi dua cara menghapus virus komputer Cuma pakai CMD. Sangat mudah bukan? Apa anda memeliki cara lain tanpa software antiviru? JIka ada, silakan bagikan di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga:

Pastikan anda juga selalu menyimak artikel daftarandroid,com lainnya, karena banyak sekali yang akan dibahas seperti tips dan trik, teknologi, gadget, media sosial dan masih banyak lagi. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *