Cara Menghidupkan Hp Android Yang Rusak Tombol Powernya!

Diposting pada

Cara Menghidupkan Hp Tanpa Tombol Power, AndroidSeluler.com ~Tombol power adalah tombol wajib yang harus ada di setiap Hp Android. Dengan berbagai fungsinya tentu tombol ini patut dikatakan menjadi tombol vital. Ya seperti yang pernah di bahas sebelumnya tentang manfaat lain tombol ini membuat anda harus menjaganya biar awet

Artikel sebelumnya pun sudah membahas tentang cara mencegah kerusakan tombol power, dengan meminimalisir penggunaanya, seperti:

Namun jika anda memiliki Hp android yang terlanjur rusak tombol powernya, jangan buru buru dibuang atau dijual, karena anda masih bisa pergi ke service center terdekat atau di tukang service yang anda percaya

Apabila anda belum memiliki dana yang cukup untuk service tombol powernya maka anda bisa mengikuti Cara Menghidupkan Hp Android Yang Rusak Tombol Powernya berikut ini.

Cara Menghidupkan Hp Android Yang Rusak Tombol Powernya

1. Gunakan Benda Lain

Cara Menghidupkan Hp dengan Tusuk Gigi

Banyak kasus tombol power tidak berfungsi bukan karena rusak, melainkan karena tombol kecil di dalamnya hilang. Jika demikian, maka solusinya anda dapat menggunakan benda lain seperti tusuk gigi atau sejenisnya untuk menekan bagian benjolan yang terdapat di tombol power. Jika tombol power tidak rusak, maka seharusnya cara di atas akan berfungsi dengan baik.

2. Sambungkan ke PC

Cara Menghidupkan Hp dengan PC Komputer

Perlu diperhatikan, cara ini belum tentu dapat bekerja pada semua Hp android, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Pertama, hubungkan Hp anda ke PC melalui kabel USB. Jika daya baterai nol, maka biarkan saja sampai terisi sedikit. Begitu daya baterai terisi cukup untuk menghidupkan, biasanya perangkat akan menyala dengan sendirinya.

3. Sambungkan ke Power Bank

Colok Hp android ke power bank, biarkan daya baterai terisi cukup. Biarkan power bank masih dalam keadaan terpasang, lalu cabut baterai Hp android dan masukkan kembali baterai tersebut. Jika berhasil, maka Hp android anda akan menyala.

4. Gunakan Tombol Lain yang Ada di Perangkat

Cara Menghidupkan Hp dengan Tombol Volume

Pastikan daya baterai masih banyak. Tahan kedua tombol volume atas dan bawah lalu hubungkan hp ke PC. Selanjutnya, sambil menekan tombol volume, tahan tombol home. Tahan beberapa menit sampai Menu muncul, kemudian lepaskan semua tombol. Jika berhasil maka akan muncul beberapa perintah di layar, gunakan tombol volume untuk menavigasi beberapa pilihan, pilih pilihan restart atau turn on untuk menghidupkan telepon.

Jika tidak memiliki tombol home, maka masih ada cara untuk menghidupkan perangkat. Dalam kasus tersebut, anda hanya memerlukan tombol volume saja untuk menghidupkannya. Sebelum itu pastikan dulu jika daya baterai telepon masih cukup.

Tahan tombol volume bawah dan hubungkan telepon ke PC dengan kabel USB. Tahan tombol volume sampai muncul menu booting. Kemudian pilih opsi Start dan perangkat telepon anda akan menyala.

5. Khusus Perangkat Samsung (Tidak semua)

Cara Menghidupkan Hp Tombol Power Samsung Rusak

Mungkin tidak semua perangkat Samsung akan bekerja menggunakan cara ini, tapi cara ini berfungsi untuk Samsung S3 Mini. Caranya, hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB, biarkan daya baterai terisi sedikit, lalu cabut kabel USB tersebut dan perangkat akan menyala dengan sendirinya.

6. Menggunakan ADB

Cara Menghidupkan Hp dengan ADB

Jika cara-cara di atas tidak berhasil menghidupkan telepon anda, maka solusinya adalah melakukan booting perangkat menggunakan ADB tools. Pertama, yang harus anda lakukan yakni menginstal ADB di komputer. Setelah selesai menginstal ADB dan alat Fastboot juga, maka selanjutnya adalah menghubungkan Hp ke Bootloader.

Mode Bootloader/Fastboot

Tekan tombol volume atas atau bawah (setiap vendor mempunyai cara bervariasi) dan colokkan perangkat ke PC. Beberapa perangkat memiliki cara yang berbeda.

  • Perangkat Nexus dan Pixel: Tekan dan tahan volume bawah sambil ponsel terhubung ke PC. Ketika layar splash Google muncul, lepaskan semua tombol tersebut.
  • Perangkat LG: Tekan terus tombol volume hingga logo LG muncul sambil ponsel terhubung ke PC, lalu lepaskan. Jika masih tidak berhasil, ulangi lagi langkah di atas.
  • Perangkat Motorola: Tekan dan tahan tombol volume bawah sambil ponsel terhubung ke PC.

Setelah melakukan cara sesuai jenis ponselnya, begitu perangkat telepon masuk ke mode bootloader, segera jalankan perintah “Fastboot Continue” di ADB (masih terhubung ke PC). Setelah itu, proses pun selesai.

Itulah tadi Cara Menghidupkan Hp Android Yang Rusak Tombol Powernya. Jika anda memiliki cara lain silahkan tulis di komentar ya. [AndroidSeluler/Jt]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *