Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk dan Laptop (PC)

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk dan Laptop (PC)

Cara Menghilangkan Virus Shortcut, AndroidSeluler.com ~Tentu kamu merasa risih jika ada shortcut pada file di flashdisk atau media penyimpanan di PC-mu. Shortcut sejatinya muncul Karen flashdiskmu terinfeksi virus dari media lain dan bisa jadi dari komputer itu sendiri saat ditancapkan.

Tidak susah sebenarnya menghilangkan virus shortcut,  tergantung sejauh mana penyebaran virus tersebut. Namun kadang kala memerlukan waktu yang cukup lama untuk scanning virus untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk dan Laptop (PC)

Berikut adalah tips bagaimana menghilangkan virus shortcut baik di flashdisk, PC atau laptop dengan mudah dan cepat:

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

1. Colokan atau tancapkan  flashdisk ke computer/ PC/ laptop dan bukalah Flashdisk tersebut.

2. Lalu klik “Organize” kemudian klik “Folder and search options”.

3. Kemudian aktifkanlah “Show hidden files, folders, and drives” dan unchecklist atau hilangkan centang pada “Hide protected operating system files (Recommended)”. Bila muncul sebuah notice klik “Yes”.

4. Basanya pada langkah ini, folder yang disembunyikan virus sshortcut sudah muncul kembali, namun masih berstatus semi-hidden.

5. Kamu dapat menormalkannya lagi dengan membuka CMD (Command Prompt). Kemudian ketik lokasi dimana Flashdiskmu berada seperti pada Drive H, berarti ketik H:

6. Lalu ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD dan tekan Enter.

7. Cek lagi flashdiskmu apakah telah kembali normal, setelah itu kamu bisa hapus folder yang menurutmu tidak jelas atau aneh.

Sebagai catatan, cara di atas berlaku untuk bisa mengembalikan folder yang disembunyikan virus shortcut dan menghilangkannya secara sementara. Bila flashdisk dicolokan kembali ke komputer yang sudah terinfeksi oleh virus shortcut, hal serupa dapat terjadi lagi.

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan Antivirus yang bagus seperti Avira, Smadav, AVG Internet Security, dan sebagainya. Dengan antivirus, kamu bisa melakukan Full Scan Virus terhadap setiap Drive khususnya pada Flashdisk.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut pada Laptop (PC)

Sebenarnya virus Shortcut dinilai tak terlalu berbahaya sebab sangat mudah diatasi dan tak membuat file corrupt. Namun tetap saja bisa mengganggu performa computer/ PC/ laptopmu. Untuk menghilangkannya simaklaj 3 cara berikut ini:

 1. Melakukan Unhide Files

Proses unhide files bila kamu lakukan dengan menggunakan windows. Cara ini cukup jitu untuk menampilkan kembali file yang ter-hide disebabkan virus shortcut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bukalah control panel di windows komputermu
  • Kemudian pilih folder options dan masuklah pada dalam tab view
  • Lalu klik Show Hidden untuk memunculkan kembali file yang disembunyikan virus tersebut

2. Melakukan Remove Attribute pada Storage Device

Proses remove attribute bisa dilakukan dengan cara Command Prompt pada Start Menu. Caranya:

  • Bukalah Command Prompt dari Star Menu laptopmu
  • Bila sudah masuk pada fitur tersebut, ketik drive letter laptopmu yang tengah megalami masalah. Seperti  Drive C, lalu klik enter.
  • Jika drive C sudah tampil, “Attrib –s –h –r /s /d” dan tekan Enter Ketik untuk membersihkan attribute

3. Menghapus Virus dari Storage Device

Cara terakhir ini bisa kamu lakukan dengan membuang atau menghapus virus dari Storage Device di PC atau laptopmu. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, penghapusan virus dengan memakai anti-virus dengan melakukan scanning virus yang akan mendeteksi keberadaan virus secara otomatis.  Kedua adalah penghapusan virus secara manual dengan menghapus file-file yang terinfeksi  virus shortcut yang biasanya mepunyai ekstensi file ‘ink

Baca Juga:

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk dan laptop/ PC. Kamu tak akan lagi merasa terganggu dengan keberadaan virus tersebut yang bisa menyembunyikan file-file-mu yang penting. Semoga bermanfaat! [AndroidSeluler/ Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *