Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop Atau PC Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop, AndroidSeluler.com ~ Kita tentu tak asing lagi dengan WiFi. Sebab peran WiFi (Wireless Fidelity ) memang sangat berguna bagi  penggunainternet. Wifi merupakan  jaringan tanpa kabel atau wireless yang bisa digunakan untuk akses internet.

Selain untuk mengakses internet, WiFi juga bisa dipakai untuk komunikasi data, seperti melakukan transfer file atau data antar perangkat.  Contohnya transfer data dari laptop ke PC atau komputer, akan lebih praktis dan ceoat jika menggunakan WiFi daripada melalui Bluetooth atau kabel.

Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop atau PC Tanpa Aplikasi

Dengan menggunakan WiFi, kita tak akan direpotkan saat lupa menyimpan kabel data. Menggunakan WiFi lebih cepat saat transfer data, apalagi dengan ukuran file yang besar. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Cara Mengaktifkan Wifi Pada Laptop atau PC

Jaringan WiFi biasanya dapat dimatikan dan dihidupkan di laptop.  WiFi yang dalam kondisi Disable atau mati, tak akan bisa menangkap sinyal WiFi di sekitarnya. Untuk itulah kamu harus mengaktifkan WiFi padaPC atau laptopmu terlebih dahulu. Berikut beberapa cara menghidupkan WiFi di laptopmu.

a. Gunakan Tombol Wifi

Terdapat tombol khusus di beberapa laptop untuk bisa mematikan dan menghidupkan WiFi pada laptop. Jika WiFi di laptop dalam kondisi off atau mati, ubahlah posisi tombol menjadi on agar WiFi bisa aktif.

b. Pakailah Tombol Kombinasi Keyboard

Selain tombol WiFi, kamu juga bisa menghidupkan WiFi dengan tombol pada keyboard di laptopmu.  Biasanya setiap laptop mempunyai tombol Fn yang dipakai untuk mengaktifkan  fungsi tertentu diantaraya mengatur tampilan layar, volume, kecerahan, khususnya mengaktifkan WiFi.

Untuk mengaktifkan WiFi di laptop Toshiba, kamu bisa menekan tombol Fn+F12. Untuk merek laptop lainnya bisa memakai tombol Fn+F2 atau Fn+F11.

c. Melalui Control Panel

Kamu bisa mengaktifkan wifi dengan Control Panel dengan cara berikut ini:

  • Bukalah Control Panel
  • Kemudian pilih Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Lalu klik opsi Change Adapter Setting pada samping kiri tab Network and Sharing Center
  • Lalu klik kanan pada ikon Wireless Network Connection
  • Saat tampil beberapa opsi pilihlah Enable untuk menghidupkan wifi
  • Pilih Disable untuk mematikan wifi

2. Cara Menghubungkan Laptop ke Internet Dengan Wifi

Untuk bisa berselancar ke dunia maya, kamu harus mengkoneksikan atau menghubungkan WiFI pada laptop ke jaringan WiFi yang tersedia dengan cara berikut ini:

a. Mengkoneksikan Wifi Dengan Task Bar

  • Klik ikon Wifi yang berada di sisi kanan Task Bar dan akan muncul tab Wireless
  • Bila belum terhubung akan muncul tulisan Not Connected
  • Lalu akan tampil beberapa opsi hotspot yang bisa dijangkau oleh laptomu, pilihlah salah satu
  • Klik Connect untuk menghubungkan jaringan wifi
  • Jika muncul Seccuruty Key, maka wifi yang kamu gunakan harus dibuka dengan password
  • Masukkan password kemudian klik OK
  • Tunggulah sampai laptopmu bisa terkoneksi dengan internet

b. Mengkoneksikan Wifi Dengan Control Panel

  • Bukalah menu Control Panel dengan cara Start Menu > Control Panel atau Charm Bar Setting > Control Panel
  • Kemudian pilih opsi Network and Internet > Network and Sharing Center
  • Lalu klik Change Adapter Settingpada samping kiri tab Network and Sharing Center
  • Lalu klik kanan pada ikon Wireless Network Connection
  • Pilih Connect atau Disconnect untuk memunculkan jendela Wireless dan menemukan hostpot
  • Isilah password jika muncul Security Key dan klik OK
  • Tunggu beberapa saat sampai WiFi bisa terkoneksi ke laptop

 Masalah yang Ditemukan Pada Wifi

Jika WiFi masih belum bisa terkoneksi pada laptop, bisa jadi adabeberapa masalah pada PC atau laptop yang digunakan atau dari router penyedia hotspot wifi. Berikut ini, penyebab masalah tersebut:

a. Driver Wifi tidak cocok

Ada beberapa kasus dimana driver bawaan Windows tidak sesuai atau corrupt dengan hardware yang dipasang. Oleh karena itu, kamu bisa menginstal lagi driver wifi bawaan dari  laptop, yang biasanya dalam bentuk CD saat pembelian laptop.

b. Router Bermasalah

Kamu bisa memastikan fungsi router bermasalah dengan  mengkoneksikan laptop ke wifi router lain dengan hotspot di HP-mu. Bila bisa terhubung maka router memang bermasalah.

c. IP Address Bermasalah

Kadang kala IP Address yang dipakai saat terhubung dengan jaringan wifi juga kerap bermasalah. Untuk mengatasinya kamu bisaatur ulang IP Address dan DNS Server di laptopmu dengan cara: masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter > Wireless Network Connection > Properties.

d. Virus Menyerang Laptop

Jika laptop terkena malware atau virus atau malware bisa jadi penyebab laptop tidak bisa terhubung dengan wifi. Namun kamu bisa mengatasinya dengan Winsock Reset dengan cara buka Run dengan klik Windows+R, lalu ketik cmd danklik OK. Bila Command Prompt sudah terbuka, ketikan winsock reset dan tekan Enter lalu restart laptop.

Baca Juga:

Demikian ulasan tentang cara menyambungkan WiFi ke laptop atau PC dengan mudah dan cepat. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk mengkoneksikan laptop ke wifi supaya kamu bisa menggunakan jaringan internet. Semoga bermanfaat! [AndroidSeluler/ Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *