Cara Print Bolak Balik di Word Paling Cepat dan Mudah

Cara Print Bolak Balik di Word Paling Cepat dan Mudah

Cara Print Bolak Balik, AndroidSeluler.com ~ Biasanya hasil dari mengetik di Microsoft Wordatau software lainnya akan dicetak dalam mesin print jika sudah siap. Tentunya untuk melakukan pront sangat mudah bukan?

Namun pernah terpikir olehmu untuk menghemat kertas dengan melakukan print bolak-nalik? Ya cara ini sangat efektif untuk efisiensi kertas agar mengurangi pemborosan. Bila kamu harus mencetak 100 halaman, akan lebih hemat jika hanya dibutuhkan 50 lembar kertas bukan?

Cara Print Bolak Balik di Word Paling Cepat dan Mudah

Cara print bolak-balik juga bisa untuk menjaga kelestarian alam mengingat lembaran kertas tersebut berasal dari pepohonan. Tapi sayangnya masih sedikit orang yang belum tahu bagaimana nge-print bolak-balik khsusunya di Microsift Word dan printer pendukungnya. Namun kamu bisa mebgikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Cari Tahu Fitur pada Printer

Sebelum print dokumen bolak-balik, kamu harus cari tahu apakah printer milikmu bisa mendukung percetakaan bolak-balik (duplex) atau atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya melalui Microsoft Word. Caranya:

  • Bukalah software Microsoft Word
  • Tekan Print atau Control P, carilah kotak Double-Sided, 2-Sided atau Duplex.
  • Periksalam pengaturan dalam Menu Print sebelum mencetak file
  • Atau kamu bisa lihat buku panduan untuk meihat spesifikasi printer secara detail

Print Secara Otomatis

cara print bolak balik ngeprint word 2010 pdf Epson 1310

Bila printer milikmu sudah mendukung cetak bolak-balik atau duplex. Kamu bisa langsung mencobanya. Memang beberapa merek  printer memiliki pengaturan otomatis untuk mencetak file secara duplex tanpa harus diatur secara manual. tanpa mengaturnya secara manual.

Kamu bisa mengaktifkan fitur duplex dengan mencentang pilihan “Double-sided Printing” pada bagian bawah di pengaturan printer. Jadi kamu tak usah untuk menyetting lagi setiap akan ngeprint file atau dokumen secara bolak balik.

Print Secara Manual

cara print bolak balik seperti buku

Bila printermu tak mendukung  fitur print bolak balik, kamu tetap bisa ngeprint secara manual. Microsoft Word akan mencetak per halaman pada sisi pertama lembar kertas, lalu kamu bisa membalik kertas agar halaman berikutnya bisa dicetak di sebalik kertas tersebut. Caranya:

  • Kamu harus masuk pada kotak dialog Print yang terdapat di sisi bawah software  Printer
  • Pilih Yes Flip Over  pada menu Print On Both Side
  • Lalu pilih “Manual Duplex” lalu simpan pengaturan tersebut
  • Print dan Word nantinya akan memintamu agar memasukkan halaman untuk bisa dicetak pada sisi kertas selanjutnya.

Selain itu terdapat cara lain untuk pint bolak-balik secara manual. cara ini sangat cocok untuk membuat dokumen seperti buku, makalah, jurnal, skripsi, dan sebagainya. Caranya:

  • Buka terlebih dahulu file atau dokumen yang akan kamu print, lalu Klik “Print”
  • Pilihlah opsi pada “Print Odd Numbered Pages”
  • Kemudian Klik “OK” untuk print halaman tersebut
  • Lalu masukkanlah kertas-kertas tersebut ke dalam printer. Tapi cobalah dulu beberapa sampel kertas untuk menjadi pengumpan umpan printer sebelum kamu ngeprint halaman ganjil
  • Kembali lagi pada Word, lalu pilih opsi “Print Even Numbered Pages” kemudian klik “OK” untuk print halaman berikutnya pada sisi lain kertas

Walau ampuh, tapi cara tersebut cukup rumit. Tapi yang perlu kamu tahu banyak jasa print atau percetakan dan warung internet memakai salah satu dari tiga metode di atas untuk print file atau dokumen agar lebih cepat

Tips Print Dokumen Duplex

Kamu bisa membayangkan waktu yang diperlukan untuk mencetak dokumen bolak-balik secara manual, seperti saat pilih opsi Print, kamu harus segera membalik kertas setelah satu halaman telah tercetak begitu seterusnya.

Baca Juga:

Sebaiknya pilihlah printer yang sudah mempunyai fitur duplex seperti Epson, HP, Canon, Borther, Panasonic dan sebagainya. Mencetak dokumen dalam satu kertas secara bolak-balik sangat membantu untuk bisa mebgurangi limbah kertas dan penebangan pepohonandi hutan. Selain itu cara tersebut juga membuat dokumen yang sudah tercetak tersusun dengan rapih. [AndroidSeluler/ Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *