Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar All Operator Agar Tak Kena Blokir

Diposting pada

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar, AndroidSelulercom ~ Pelanggan kartu prabayar baik pemilik SIM Card lama ataupun baru semua operator, diwajibkan untuk registrasi ulang dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK). Bagi yang tidak mengikuti aturan baru ini, siap-siap saja kartu anda tidak bisa digunakan karena akan diblokir oleh pemerintah.

Aturan ini mulai berlaku pada 31 Oktober 2017 dan operator diwajibkan untuk menyelesaikan proses validasi ke Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) hingga 28 Februari 2018. Intruksi ini dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meggandeng Ditjen Pendudukan dan Catatan Sipil serta seluruh operator penyedia layanan telekomunikasi.

Tujuannya agar data pelanggan layanan seluler bisa divalidasi sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada KTP dan Kartu Keluarga. Hal ini juga sejalan dengan tujuan pemerintah untuk menggunakan NIK sebagai National Single Identity. Selain itu juga diharapkan bisa mengurangi penyalahgunaan nomor ponsel untuk motif kejahatan dan konten negatif.

Oleh sebab itu, semua pelanggan baik pengguna kartu prabayar lama maupun baru diharapkan melakukan proses validasi mulai akhir Oktober 2017. Adapun proses validasi bisa dilakukan sendiri dengan cara mengirimkan data diri melalui pesan singkat (SMS).

Cara Registrasi Kartu Prabayar Semua Operator Menggunakan NIK pada KTP dan Kartu Keluarga

Berikut ini panduan mudah untuk melakukan registasi ulang sesuai aturan baru yang dikeluarkan oleh Kominfo agar SIM Card anda tidak kena blokir:

 1. Catat Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK)

Untuk NIK, anda bisa temukan pada bagian atas data diri di Kartu Tanda Penduduk (KTP) berupa deretan angka atau pada kolom NIK di Kartu Keluarga yang terdiri dari 16 digit. Untuk nomor Kartu Keluarga, Anda bisa menemukan di bagian atas halaman data di lembar Kartu Keluarga persis di bawah tulisan ‘kARTU KELUARGA’ yang angkanya terdiri dari 16 digit.

 2. Registrasi Mandiri dengan kirim SMS ke nomor 4444

Format SMS registrasi berbeda antara pelanggan lama dan pelanggan baru yaitu sebagai berikut

  • Pelanggan baru
    – Tri, Smartfren, dan Indosat, ketik SMS dengan format NIK#Nomor KK# kirim ke 4444
    – Pelanggan XL, ketik SMS dengan format: DAFTAR#NIK#nomor KK
    – Pelanggan Telkomsel, ketik SMS dengan format: Reg#NIK#nomor KK
  • Pelanggan lama
    – Untuk pengguna lama, baik XL Axiata, Indosat, Tri, atau Smartfren bisa mendaftar ulang melalui SMS ke 4444 dengan format: ULANG#NIK#Nomor KK# kirim ke 4444
    – Khusus Telkomsel dengan format: ULANG(spasi)NIK#Nomor KK# kirim ke 4444

Proses registrasi dinyatakan berhasil apabila data yang dikirimkan sudah tervalidasi.

 3. Gunakan Surat Pernyataan Jika Gagal

Apabila Anda sudah melakukan registrasi ulang dengan NIK dan nomor Kartu Keluarga sesuai yang tercantum pada berkas, tapi menerima informasi bahwa validasi gagal, artinya pihak operator tidak menemukan data yang sesuai pada database Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil. Untuk itu, registrasi ulang dan validasi dengan mengisi lembar pernyataan yang disediakan pada gerai resmi operator seluler yang Anda gunakan dengan membawa berkas seperti KTP dan Kartu Keluarga.

Baca Juga:

Demikian cara mudah registrasi kartu prabayar untuk semua operator baik pengguna SIM Card lama maupun baru. Selain metode SMS, kalian juga bisa mendaftarkan diri melalui gerai, situs, atau aplikasi milik masing-masing operator. jBagi yang belum punya KTP, anda bisa baca artikel Cara Registrasi SIM Card Tanpa KTP, Semoga bermanfaat. [AndroidSeluler/ Bs]

Percakapan dan Gaya Pacaran Kids Jaman Now ini Bikin Hati Terguncang
4 Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi, Praktis dan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *