Cara Ubah Kartu Memori Jadi Penyimpanan Internal Android Tanpa Root

Ubah Kartu Memori Jadi  Memori Telpon, AndroidSeluler.com ~Seberapa penting kah keberadaan slot microSD pada sebuah smartphone? memang harus diakui, kartu memori memang menjadi ‘alternatif’ bagi pengguna smartphone yang butuh penyimpanan lebih.

Apalagi buat anda yang menggunakan smartphone tipe lama atau smartphone entry-level yang dibekali dengan memori pas-pasan. Sangat berguna untuk menyimpan foto, lagu, dan video. Sayangnya, hanya sedikit aplikasi yang bisa dipindahkan ke kartu memori.

Karena kebanyakan file foto atau video dan aplikasi maka akan terasa lemot bukan? Nah Tenang saja, kami akan kasih tahu bagaimana cara menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal pada smartphone Android anda. Mari simak ulasanya berikut ini!

Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Tak perlu buru buru ganti smartphone jika lemot terjadi, sengan syarat smartphone anda sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Karena anda bisa mengubah kartu memori sebagai penyimpanan internal anda menggunakan Fitur Adoptable Storage. Nah bagaimana caranya dan kelebihan serta kekurangannya?

Sebelum masuk dalam pembahasan langkah-langkahnya, ada baiknya anda pahami dulu ulasan di bawah ini.

Fitur Adoptable Storage

Fitur Adoptable Storage tersedia di Android 6.0 Marshmallow, yang memungkinkan kartu microSD digunakan sebagai penyimpanan internal. Sebelumnya memang sudah ada sejumlah metode untuk melakukan tugas serupa. Namun, tidak mudah untuk diimplementasikan.

Kartu MicroSD Lambat

Sejumlah pabrikan ponsel menolak untuk menyematkan slot microSD, dengan dalih kartu memori itu lambat. Sehingga akan menurunkan user experience.

Tentu hal tersebut ada benarnya juga, makanya pastikan kartu microSD yang anda gunakan itu berkualitas. Tak hanya besar kapasitasnya, tapi juga perhatikan kecepatan baca dan tulisnya.

Pastikan juga asli, ada harga ada rupa. Jika anda pakai kartu microSD yang abal-abal, dipastikan performa smartphone anda menurun dari waktu ke waktu.

Selain itu, menjadikan kartu microSD sebagai memori internal juga artinya anda tidak bisa sembarangan mencopotnya lagi. Harus melalui prosedur yang ada, jika tidak media penyimpanan anda bisa saja rusak.

Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Memori Internal

Sudah siapkan kartu SD yang berkualitas? Pastikan anda sudah back up data-data anda di dalamnya, karena prosesnya akan memformat kartu SD.

Meski Adoptable Storage adalah fitur bawaan Android 6.0 Marshmallow. Produsen bisa saja menonaktifkan fitur tersebut. Berikut caranya:

Langkah 1

Masukkan kartu microSD ke dalam smartphone Android anda.

Langkah 2

Setelah terdeteksi, buka ‘Settings’.

Langkah 3

Gulir ke bawah dan tekan ‘Storage’. Pilih kartu microSD anda dan tekan tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar. Lalu, tekan ‘Storage settings’.

Langkah 4

Berikutnya pilih ‘Format as internal’.

Langkah 5

Anda bakal diberi peringatan dan konfirmasi dengan tekan ‘Erase & Format’ dan tekan OK untuk melanjutkan.

Itulah cara mengubah kartu memori menjadi penyimpanan memori internal Android anda. Sekarang memori penyimpanan anda bertambah dan jadi lebih leluasa menginstalasi berbagai aplikasi serta game.

Baca juga:

Penting! Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Kartu Memori

Anda bisa menjadikan kartu microSD sebagai media penyimpanan portable dengan mengikuti langkah di atas. Bedanya, pilih opsi ‘Format as portable’. Selamat mencoba ya. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *