Cara Cek Keaslian HP Samsung Asli atau Palsu dengan Cepat dan Mudah

Cara Cek Keaslian HP Samsung Asli atau Palsu dengan Cepat dan Mudah

Cek Keaslian HP Samsung, AndroidSeluler.com ~ Samsung adalah salah satu vendo terbesar dan pasti dikenal banyak orang. Sebab banyak sekali pengguna HP Samsung di seluruh dunia daripada merk lainnya.

Tapi saking populernya brand Samsung membuat banyak oknum yang mengambil keuntungan dengan membuat produk replika, KW, bahkan palsu. Dimana luarnya memang tampak sama dengan aslinya namun hardware atau bagia dalamnya sangat jauh bereda.

Cara Cek Keaslian HP Samsung Asli atau Palsu dengan Cepat dan Mudah

Oleh karena itu, saat kamu membeli ponsel, kamu harus cek terlebih dahulu apakah barang asli atau sebaliknya, sesuai spesifikasi atau tidak. Lalu bagaimana cara mengecek  Samsung asli atau palsu? Simaklah ulasannya berikut ini:

1. Pastikan IMEI pada Smartphone Sama dengan yang Terdapat pada Dus HP

Kamu harus cek kesamaan nomor IMEI pada ponsel dan dus saat pembelian. Cara cek IMEI, sebagai berikut

  • Tekan *#06# pada ponsel kemudian OK atau Call
  • Nantinya akan muncul informasi IMEI ponselmu. Lalu kamu bisa cocokkan IMEI pada dus. Jika sama kemungkinan memang asli, namun jika tidak dipastikan palsu atau KW

2. Cek Tipe HP melalui Website

Kamu dapat cek tipe smartphne yang kamu miliki melalui website Samsung dengan cara:

  • Kunjungilah situs IMEI.info untuk cek tipe HP Samsung
  • Masukkan IMEI ponselmu pada kolom yang tersedia dan ceklis pada I’m not a robot, lalu klik ‘Check’
  • Lalu akan muncul informasi tentang tipe HP-mu. Kamu harus pastikan modelnya sama dengan ponsel Samsung milikmu
  • Kamu bisa melihat spesifikasi HP Samsung yang kamu miliki di sisi kanan layarseperti berat, tahun rilis, kapasitas baterau, jenis SIM, dan masih banyak lagi.

3. Cek HP Samsung Produksi Negara Mana

Kamu bisa cek keaslian ponsel Samsung milikmu produksi negar mana, dengan cara sebagai berikut:

  • Kamu bisa lihat di halaman IMEI.info.
  • Kamu bisa tahu kode dimana HP dibuat dengan digit ke-7 dan digit ke-8 pada IMEI smartphone-mu seperti buatanCina, Eropa, Amerika, dan sebagainya.

4. Tes Hardware pada HP Milikmu

Kamu harus cek hardware atau komponen pada ponselmu seperti getar (vibration)  tes layar LCD, kamera, sensitivitas sentuhan layar, speaker, dan sebagainya. Menu-menu testing hardware ada ponsel datu dengan yang lainnya pasti bebeda karena model atau tipenya. Cara cek hardware ponsel Samsung adalah:

  • Tekan *#0*# pada tombol telepon lalu OK atau Call
  • Kemudian kamu akan menemukan menu-menu yang bisa digunakan untuk cek hardware atau komponen smartphonemu. Simaklah berikut ini:

a. Red, Green, Blue dan Black, dipakai untuk test warna prime pada layar ponsel HP-mu

b. Receiver dan Vibration, tes receiveruntuk menerima panggilan bisa berfungsi atau tidak. Bila terdapat bunyi, maka hardware receiver dipastikan tidak ada bermasalah. Vibration digunakan untuk memeriksa ponsel bergetar atau tidak.

c. Dimming, dipakai untuk cek layar HP bisa diredupkan atau tidak. Lakukan swipe ke bawah untuk meredupkan layar ponselmu, bila berhasil berarti tak bermasalah

d. Mega cam dan Front Cam, dipakai untuk tes Mega Cam atau kamera utama dan Front Cam (kamera depan) bisa berfunsi dengan normal. Bila tak bermasalah, kamu bisa tekan tombol back sebanyak dua kali untuk kembali ke menu utama.

e. Sensor dan Touch, dipakai untuk cek sensor seperti sensor accelerometer yang berguna untuk mengukur dan mendeteksi percepatan atau getaran gravitasi bumi. Sedangkan Touch, dipakai untuk memeriksa sensitivitas sentuhan layar ponsel Samsung Milikmu. Bila kamu ingin kembali ke menu utama, sentuh semua kotak smpai berwarna hijau semua.

f. Sleep dan Speaker, dipakai untuk cek fitur Sleep (mematikan layar sejenak untuk hemat daya) bisa bekerja dengan normal. Lalu Speaker, untuk memeriksa speaker ponselmu bisa bekerja dengan baik atau tidak.

g. Sub key dan Low frequency, dipakai untuk test tombol Menu, Volume, Back, Power, dan lain-lain bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Tekan tombol-tombol tersebut atu per satu, bila warna layar tidak mengalami perubahan berarti tidak bermasalah.

Demikianlah mengecek keaslian HP Samsung asli atau palsu dengan cepat dan mudah yang wajib kamu tahu. Jadilah pembeli yang smart, jangan tertipu dengan produk palsu, replika, atau KW. Dimana luarnya memang sama persis namun hardware atau dalamanya beda jauh dengan aslinya.

Baca Juga:

Dengan membeli produk HP yang asli, kamu juga bisa memperoleh garansi selama satu tahun jika menemukan masalah atau kerusakan pada ponselmu. Semoga bermandaat! [AndroidSeluler/ Bs]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *