Charge iPhone Di Ranjang, Pria Ini Nyaris Tewas Karena Bahaya Ini

AndroidSeluler.com ~ Seorang pria di Alabama, AS ini nyaris kehilangan nyawanya karena mengisi daya ponsel iPhone dekat ranjangnya sembari ia tidur. Kejadian naas tersebut terjadi pada 22 Maret lalu dimana Wiley Day sedang tidur sembari mengisi daya ponselnya yang ia letakkan dekat ranjang. Setelah bangun keesokan paginya, Wiley Day mendapati kalung rantai pada lehernya terlilit colokan pengisi daya ponsel yang lepas.

Kalung yang dikenakan Wiley Day lalu menghantar listrik dari pengisi daya ponsel itu ke tubuhnya, yang membuatnya tersetrum sampai terlempar dari tempat tidur.
Wiley Day mendapati luka bakar pada lehernya, yang membentuk seperti bekas lilitan, dan lubang pada pakaiannya.
Tangannya juga mengalami cedera lantaran berusaha melepas kalung rantai tersebut dari tubuhnya setelah tersetrum..Usai dibawa ke rumah sakit, Wiley Day dikatakan sungguh beruntung oleh dokternya, sebab insiden yang dialaminya fatal dan dapat merenggut nyawa.

“Saya senang mujizat untuk bisa selamat itu datang pada saya. Tapi, lebih senang lagi karena bisa menjadi contoh pelajaran untuk orang-orang yang tak tahu bahaya mengisi daya ponsel sambil tidur,” katanya.

Saat ini ponsel telah menjadi sahabat paling setia manusia, bisa dikatakan di zaman sekarang tak ada seorang pun yang tidak memiliki ponsel. Ponsel telah berubah dari barang mewah yang dulu hanya segelintir orang saja mampu memilikinya, namun sekarang bahkan anak-anak usia sekolah dasar pun tak jarang kedapatan menentengnya ke mana-mana.

Sebagai sahabat manusia ponsel telah banyak membantu untuk memudahkan komunikasi pemiliknya dengan orang lain. Namun, meskipun sebagai sahabat ternyata ponsel juga menyimpan bahaya tersendiri yang tidak disadari oleh pemiliknya. Apalagi tak jarang pemilik ponsel saat ini, ketika mereka tidur, si ponsel juga berada di dekatnya.

Ponsel memiliki pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata, hal ini menyebabkan seseorang tidak menyadari akan bahayanya. Menurut data WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.

Tidur adalah waktu untuk mengisi tenaga, jika tidur Anda tidak mampu mengisi tenaga Anda, maka hari-hari Anda tidak akan maksimal. Oleh karena itu, guna meminimalisir bahaya laten ponsel bagi si pemiliknya, ada baiknya bila kebiasaan tidur di dekat ponsel mulai saat ini dihilangkan. Berikut ini ada 9 dampak negatif tidur di dekat ponsel, diantaranya:

1. Dapat menyebabkan tumor otak

Radiasi ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus di mana tumor juga dapat menyerang anak-anak. Oleh karena itu, mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan ponsel terlalu sering, apalagi sampai dibiasakan tidur di dekatnya.

2. Dapat menyebabkan kanker

Hampir sama dengan tumor otak, radiasi ponsel juga dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali, sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti kulit dan telingga. Tak jarang anggota tubuh lainnya seperti perut juga dapat terpapar radiasi ponsel sehingga menyebabkan kanker, karena ketika tidur si pemilik tidak sadar kerap meletakkannya di bawah tubuh dan menindihnya.

3. Terbakar dan meledak

Media massa seperti televisi dan surat kabar pernah memberitakan kasus ponsel meledak dan terbakar ketika si pemiliknya sedang tertidur sehingga melukainya. Kejadian tersebut terjadi karena sering kali pemilik ponsel mengisi ulang dayanya dan kemudian tertidur di sisinya, ketika daya sudah penuh dan lupa mencabutnya, maka ponsel akan menjadi panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.

4. Menyebabkan sakit kepala

Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.

5. Serangan jantung

Pada beberapa kasus pernah ditemukan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia seketika ketika mendengar ponselnya berdering di tengah malam, bisa jadi yang bersangkutan kaget sehingga mengalami serangan jantung.

6. Memperparah Alzheimer

Penyakit Alzheimer memang tidak menular dan umumnya menyerang seseorang yang sudah tua. Namun, bagi mereka yang terbiasa tidur di dekat perangkat ini, radiasinya dapat mempercepat proses seseorang mengalami Alzheimer.

Baca Juga:

 

Nah sebaiknya jauhi handphone saat Anda beristirahat jika tak ingin terkena dampaknya yang berbahaya. [AndroidSeluler/ Wp/ Kl]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *