Deretan Mitos Tentang Baterai Yang Tidak Semuanya Benar

Diposting pada

Mitos Tentang Baterai, AndroidSeluler.com ~  Baterai merupakan komponen penting yang ada di smartphone. Denganya maka smartphone bisa di gunakan untuk kegiatan sehari hari. Namun beberapa pengguna smartphone mungkin melakukan beberapa tindakan aneh untuk menjaga agar baterai tetap awet.

Namun, kabar yang beredar di masyarakat mengenai baterai tidak semuanya benar, seperti yang akan di ulas disini.  Langsung saja simak kumpulan mitos tentang baterai yang dipercaya banyak orang.

Mitos Tentang Baterai Yang Tidak Semuanya Benar

1. Baterai memiliki ‘memori’

Orang biasa berpikir bahwa Anda harus ‘melatih’ baterai untuk bisa memiliki kapasitas yang besar. Untuk melakukan itu, orang akan mengurasnya secara teratur dan mereka tidak akan pernah menyambungkannya saat dayanya di atas 50%.

Mereka mengira bahwa seiring berjalannya waktu, baterai akan mengembangkan memori daya baterai. Ini tidak benar. Menggunakan daya yang sering tidak akan merusak baterai Anda.

2. Charger Bukan Mereknya Akan Merusak Baterai Anda

Meskipun beberapa pengisi daya di luar merek tidak optimal (dan beberapa bahkan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi baterai), namun tidak akan membahayakannya, asalkan pengisi daya bekerja dengan benar.

Ini berarti tidak apa-apa menggunakan atau membeli charger murah itu untuk mengganti yang original

Namun anda harus pastikan, saat mencari penggantinya, pilihlah yang dibuat khusus untuk perangkat itu. Jika tidak, anda tidak akan menikmati waktu yang cepat untuk pengisian daya.

3. Mengisi Daya Baterai Semalam Akan Merusak Baterai

Ngecas semalaman bisa merusak baterai belum tentu semuanya benar, karena kini Kebanyakan smartphone dibekali fitur ‘pintar’ yang akan menghentikan aliran listrik ketika baterai telah terisi penuh. Namun hal ini juga benar untuk smartphone jadul. Yang tidak memiliki fitur tersebut.

4. Tidak Mematikan Smartphone Dapat Merusak Baterai

Tidak ada sedikitpun kebenaran mengenai hal ini. Tentu saja, jika Anda membiarkan ponsel Anda dalam jangka waktu lama, baterai akan habis (itulah sifat baterai). Tapi sangat baik untuk mematikan perangkat itu sesekali.

Anda bahkan dapat mematikan perangkat dan mengeluarkan baterai jika Anda mau. Sebenarnya, untuk beberapa perangkat, reboot sederhana bisa membantu mengembalikan fungsionalitas baterai.

Jadi meskipun perangkat Android berjalan dengan sempurna hari demi hari, berikan waktu istirahat.

5. Anda Harus Selalu Mengisi Daya Baterai Sebelum Menggunakannya

Banyak orang berpikir bahwa hal pertama yang harus mereka lakukan dengan smartphone baru adalah ngecas hingga 100%. Ini hanyalah mitos belaka. karena, baterai smartphone bekerja paling baik antara 40% sampai 80%.

6. Menaruh Baterai Di Dalam Freezer Akan Memperpanjang Umurnya

Pada tahun 80-an, anda mungkin menempatkan baterai di dalam freezer untuk waktu yang singkat dengan beranggapan akan memperpanjang umur baterai.

Namun itu tidak bekerja dan tidak akan berhasil sekarang. Sebenarnya, baterai Li-Ion akan terkena dampak negatif dari suhu panas dan dingin.

Suhu kamar selalu menjadi suhu terbaik untuk baterai smartphone Anda. Ingat, jika perangkat itu sudah panas, maka tidak perlu membawanya ketempat yang ekstra dingin karena dingin adalah musuh baterai Li-Ion.

7. Menggunakan Internet Akan Boros Baterai

Penggunaan internet sangat menguras baterai sebenarnya tidak semuanya bisa di katakan benar, karena Hal yang paling menguras daya baterai pada smartphone Anda adalah gaming. Mesin grafis adalah penyerap energi yang paling besar.

Nah Jika Anda sering bermain game, kurangi layar sebanyak mungkin saat bermain (jika ingin memperpanjang masa pakai baterai).

Ini juga tergantung pada apa yang Anda gunakan untuk internet. Jika Anda melihat video melalui YouTube, game online, atau melakukan aktivitas intensif grafis lainnya, ini akan menguras baterai Anda lebih cepat. Ingat, Grafisnya yang membuat cepat habis bukan internetnya.

Baca juga:

Itulah mitos tentang baterai yang tidak semuanya benar. Setelah membaca artikel ini semoga menambah wawasan anda dalam menjaga kinerja baterai. [AndroidSeluler/Jt]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *