Frekuensi Ponsel Bisa Matikan Turbin Pesawat, Fakta Atau Mitos?

Frekuensi Ponsel Bisa Berbahaya Dan Matikan Turbin Pesawat, AndroidSeluler.com ~ beredar kabar yang datang dari media sosial WhatsApp dan Facebook yang menyebutkan himbauan untuk mematikan ponsel ketika berada di pesawat karena  frekuensi ponsel bisa matikan turbin pesawat. Isi pesan berantai ini beredar kurang lebih menceritakan perjalanan seorang yang duduk di salah satu pesawat maskapai nasional, yang duduk disamping insinyur jerman yang menjadi supervisior perusahaan turbin.

 Frekuensi Ponsel Bisa Matikan Turbin Pesawat Fakta Atau Mitos?

Insinyur Jerman tersebut cemas ketika melihat seorang menerima SMS saat pesawat hendak mendarat. Setelah ditanya kenapa cemas, orang Jerman yang  tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa apabila frekuensi ponsel atau smartphone itu sama dengan frekuensi mesin turbin, bisa menggangu bahkan bisa berakibat fatal, masin turbin bisa langsung mati.

Namun berbeda dengan pernyataaan Airworthiness Inspector dan praktisi dunia penerbangan Yon Karyono menegaskan bahwa tidak ada hubungannya antara mesin turbin pesawat dengan frekuensi sinyal ponsel. Sistem kabel tidak memiliki resistensi terhadap sinyal frekuensi smartphone. Karena keduanya merupakan hal yang berbeda. Mesin pesawat sendiri ada beberapa jenisnya seperti turbofan, turboprop, dan turbojet. Keduanya memiliki turbin didalamnya.

Turbin ini yang mengubah energi panas menjadi energi kinetik. Panas yang dihasilkan dari ruang bakar mesin pesawat disalurkan lewat corong yang membesar. Aliran panas tersebut menggerakkan bilah-bilah turbin. Rotasi bilah itulah yang menghasilkan energi kinetik yang menggerakkan bilah mesin pesawat. analogi nya jika piston mobil/motor digerakkan dengan letupan dari busi dan ruang bakar maka turbin ini digerakkan oleh gas panas. Semua komponen yang ada di dalamnya terhubung dengan kabel-kabel informasi dan daya yang disalurkan juga melalui kabel.Itu sebabnya tidak ada pengaruhnya terhadap sinyal radio atau apapun termasuk sinyal yang dipancarkan oleh ponsel.

Baca juga:

Yang perlu digaris bawahi adalah komputer mesin dan sistem elektronik mesin pesawat saat ini masih menggunakan kabel. Kabel tidak memiliki interferensi dengan sinyal. Sehingga kabar tentang sinyal frekuensi handphone yang bisa menyebabkan mesin pesawat mati diragukan kebenarannya. [AndroidSeluler/Bw]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *