News

Ternyata ini Fungsi Sebenarnya Dual Kamera Smartphone

Fungsi Sebenarnya Dual Kamera Smartphone, AndroidSeluler,com ~Di zaman yang perkembangak teknologi sangat pesat seperti sekarang ini telah memb uat banyak vendor smartphone berlomba menciptakan smartphone dengan segala kecanggihannya, seperti dibidang fotografi.

Di bidang ini banyak sekali vendor menawarkan produknya yang memiliki kualitas kamera yang jernih dan mantap. Tak cukup dengan besarnya mega piksel sebuah kamera, para pabrikan juga menciptakan dula kamera pada smartphone-nya.

Ya dual kamera ini bukan kamera depan ditambah belakang menjadi ada dua. Tapi kamera belakang ada dua begitu juga depan. Yang diklaim akan menghasilkan pengalaman fotografi yang sangat menarik dan sekeren kamera PRO. Namun, apakah memang fungsinya untuk itu saja?

Fungsi Sebenarnya Dual Kamera Smartphone

Beberapa vendor terkemuka mengemas smartphone flagship mereka dengan fitur kamera ganda untuk meningkatkan kemampuan kamera. Apakah fitur tersebut di smartphone telah menjadi penting dan apa fungsi sebenarnya dual kamera smartphone tersebut? Sebelum menjawabnya, yuk simak dulu manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari fitur kamera ganda ini.

Apa Sih Fungsi Sebenarnya Dual Kamera Smartphone?

Masa Depan Fotografi Mobile

Kamera di smartphone flagship saat ini memberikan pengalaman fotografi mobile yang luar biasa. Tetapi tidak berhenti cukup di situ, pabrikan ponsel terus berlomba-lomba mencari cara untuk terus meningkatkan kemampuan kamera, salah satunya dengan konfigurasi dual kamera.

fitur dual camera ini menjadi penting saat ini dan bukan sekadar gimmick semata. Biar lebih jelas, berikut Kami bahas lebih lanjut kemampuan dual camera LG G5, Huawei P9, dan Apple iPhone 7 Plus.

1. LG G5 – Menawarkan Sudut Pandang yang Lebih Luas

LG G5 merupakan smartphone modular yang juga unggul pada dua kameranya. Dua kamera belakang LG G5 ini memiliki peran masing-masing.

Kamera pertama hadir dengan lensa standar ukuran 16 megapiksel dan memiliki peran dalam pengambilan gambar selebar 78 derajat. Sementara, kamera kedua yang berukuran 8 megapiksel memiliki lensa lebar yang mendukung mode pengambilan gambar dengan sudut pandang 135 derajat dan diklaim yang terluas untuk sebuah smartphone.

LG menggunakannya untuk memberi sudut pandang lebih lebar ini karena ingin menghasilkan foto yang bokeh. Lensa selebar 135 derajat tersebut menawarkan sudut pengambilan gambar yang mencapai 1,7 kali lebih lebar dibandingkan smartphone yang ada di pasaran dan 15 derajat lebih lebar ketimbang sudut pandang mata manusia.

Dengan kemampuan tersebut anda dapat mengambil gambar landscape lebih lebar dan bangunan-bangunan tinggi. Selain itu, anda dapat memotret grup dengan lebih banyak orang tanpa harus repot mengatur posisi agar semua tertangkap kamera.

2. Apple iPhone 7 Plus – Menawarkan 2x Zoom Optik

Apple iPhone 7 Plus menggunakan sistem dua kamera 12 megapiksel dengan dua lensa yang berbeda. Kamera pertama dibekali lensa setara 28 mm dengan bukaan F1.8, sementara kamera kedua mengusung lensa setara 56 mm bukaan F2.8.

Itu artinya, kedua lensa iPhone 7 Plus memiliki dua focal length yang berbeda. Satu kamera menghasilkan view finder wide-angle dan satunya lagi lensa normal.

Kamera dengan lensa 28 mm ideal untuk memotret pemandangan, arsitektur, atau objek lain yang membutuhkan sudut pandang lebar. Sementara kamera dengan lensa 56 mm cocok untuk memotret orang atau subjek lain secara close up.

Fitur kamera ganda pada iPhone 7 Plus ini bisa melakukan zoom secara optik hingga 2x(tanpa mengurangi kualitas) dan digital zoom sebanyak 10x.

Kerennya lagi, dua kamera ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan Depth of Field (DoF) yang lebih bokeh yakni berupa background yang buram, sementara subjek utama tetap tampil tajam.

3. Huawei P9 – Untuk Meningkatkan Kualitas Foto

Sekarang mari bahas keunggulan dual camera Leica pada Huawei P9. Meskipun sempat ada kontroversi yang sempat mencuat tentang kebenaran kamera Leica, Huawei dan Leica nyatanya sukses menghasilkan sistem dual camera yang unik, yakni memisahkan antara kamera RGB dan monokrom.

Kamera RGB dikhususkan dalam merekam warna, sementara kamera monokrom disebut punya kemampuan dalam merekam detail gambar.

Dua kamera ini masing-masing punya resolusi 12 megapiksel dengan ukuran piksel sebesar 1,76 mikron, yang disertifikasi oleh Leica. Kedua kamera belakang P9 bekerja bersamaan yang memungkinkan anda mengambil gambar dengan kedalaman detail dan warna yang mengagumkan.

Selain itu, dengan fitur Wide Aperture anda bisa menentukan fokus setelah menjepret gambar. Sangat cocok bagi mereka yang suka bermain bokeh, dan efek depth-of-field lainnya, sambil menjaga objek utama dalam fokus yang tajam. Kesimpulannya adalah dual camera Leica pada Huawei P9 ini ditargetkan untuk meningkatkan kualitas gambar.

 

Kesimpulan Fungsi sebenarnya Dual Kamera pada Smartphone

Setelah menyimak alasan di atas, tentunya anda sudah mengetahui bahwa Fungsi sebenarnya dual camera smartphone itu berbeda-beda. Yang pasti, smartphone dengan dua kamera di bagian belakang harusnya mampu menghasilkan foto bokeh yang lebih baik.

Baca juga:

Seperti LG yang memanfaatkan dual camera untuk sudut pandang yang lebih luas, sementara Huawei memanfaatkan dual camera untuk meningkatkan kualitas foto. Sedangkan Apple membawa dukungan fitur 2X optic zoom tanpa mengurangi kualitas foto. Jadi, masih menganggap fitur dual camera ini sebagai gimmick? [AndroidSeluler/Jt]

Sr. Mulya