Game

7 Game Haram di Indonesia Menurut Fatwa MUI, Begini Alasan Dilarang Dimainkan

Apakah kamu tahu apa ada istilah game haram di Indonesia? Apakah PUBG dan Free Fire (FF) juga disebut game berlabel haram? Bagaimana alasannya sehingga dilarang  untuk dimainkan dan kenapa disarankan diblokir? Artikel ini akan membahasnya untukmu.

Saat ini banyak sekali game yang dimainkan pengguna smartphobne android dan iOS. Bahkan saking banyaknya gamer kini muncul kompetisi game. Namun sayangnya ada beberapa game yang dinilai haram oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca : 10 Game Battle Royale Offline Paling Mirip PUBG Terbaik di Android

MUI mengeluarkan fatwa haram terhadap beberapa game yang tengah populer. Keputusan ini tentu saja menuai kontroversi dari masyarakat.

Daftar Game Haram di Indonesia Menurut Fatwa MUI, Begini Alasan Dilarang Dimainkan

Apa saja game populer yang dicap haram karena berbagai alasan? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Game PUBG (Playerunknown’s Battleground)

Kenapa PUBG disebut game bernilai haram? MUI menyebut PUBG merupakan game yang dinilai bersifat destruktif. Sebab game tembak-tembakan tersebut berisiko tinggi dan bisa mengubah karakter seseorang. Apalagi nila dimainkan oleh anak-anak yang masih belum mempunyai filter diri yang baik.

2. Free Fire

Free Fire (FF) juga disebut game tidak halal oleh MUI. Secara permainan Free Fire masih serupa dengan game PUBG yaitu sebagai game FPS (First Person Shooter). Oleh karena itu, alasan pengharaman MUI untuk game besutan Garena ini juga tak jauh berbeda dengan game PUBG.

Baca : 10 Game Mirip Free Fire Offline Terbaik di Android yang Wajib Download!

3. Fortnite

Game Fortnite yang dikembangkan Farga Corporation sejak tahun 2017 sudah menyita perhatian orang banyak orang dan mampu menggoyahkan popularitas PUBG. Fortnitedinilai cukup unik terutama dari segi kemampuan bertahan para pemainnya. Sayangnya, Fortnite juga didakwa sebagai game bernilai haram yang tak layak dimainkan oleh MUI.

4. Call of Duty

Call of Duty merupakan game yang cukup legendaris sebelum game mobile mulai populer. Apalagi game ini mempunyai banyak seri yang cukup populer di Indonesia dandi seluruh dunia. Bahkan Call of Duty menawarkan konsep permainan yang seperti di dunia nyata. Namun, MUI melihat game ini mengandung nilai kekerasan dan dinilai tak layak dimainkan terutama oleh anak-anak.

5. Mobile Legends: Bang Bang

Permainan perang-perangan, Mobile Legends: Bang Bang pun difatwa haram oleh MUI. Fatwa ini dikeluarkan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) atau MUI-nya Aceh. MPU Aceh menilai game Mobile Legends bisa mengubah kepribadian seseorang sampai mengganggu kesehatan.

6. Clash of Kings

Game Clash of Kings  juga dianggap tidak layak dimainkan oleh MUI, karena dianggap sama “merusaknya” dengan games lainnya.  Clash of Kings merupakan game perang yang lebih mengandalkan strategi daripada unsur perangnya. Ibarat main catur, naming dibungkus dengan permaina perang sesungguhnya.

7. Ragnarok M: Eternal Love

Game lucu, Ragnarok juga turut mendapatkan label haram. Walau Ragnarok jauh dari kesan kejam dan seram. Tampilan grafis ragmarok malah sangat lucu dan menggemaskan. Namun menurut MUI, game ini bisa mengubah kepribadian seseorang.

Baca : 10 Game Online Multiplayers Terbaik di Android, Terbaru dan Paling Seru!

Nah itu dia ulasan tentang game haram sesuai fatwa MUI. Apakah kamu setuju deretan permainan tersebut layak menerima label haram? [AS / BS]

Ranika S