Diklaim Sebagai OS Calon Penerus Android, Inilah Bocoran Wajah Si Fuchsia!

Bocoran Wajah Fuchsia, OS Calon Penerus Android, AndroidSeluler.Com ~ Fuchsia Adalah OS Baru Yang dikabarkan sedang dikembangkan oleh Google. Sistem operasi tersebut diketahui muncul untuk pertama kalinya pada bulan Agustus tahun lalu yang masih berupa command line.

Wajah Si Fuchsia, OS Calon Penerus Android

Dengan mengusung kode nama ‘Armadillo’, fuchsia kembali muncul dalam bentuk antar muka system operasi (UI). Homescreen-nya terlihat seperti kartu-kartu alias cards yang bisa digulir dengan arah vertikal.

Selain itu, terdapat pula semacam tempat yang bisa digunakan untuk menaruh foto profil penggun, tanggal, nama kota, serta ikon baterai di bagian tengahnya, lalu dibagian atas tampak kartu ‘stories’ yang memiliki fungsi seperti ‘recent Apps’ di android dan juga sanggup menampilkan interface split-screen dan tampilannya masih bisa diperbesar agar pas dengan layar pada tablet.

Tidak seperti OS sebelumnya Android dan Chrome, OS ‘Anyar’ tak memakai kernel Linux, melainkan mickrokernel anyar bernama Magenta yang juga merupakan hasil pengembangan oleh Google.

Fuchsia memakai basis kode open-source sehingga bisa diutak-atik. SDK yang dipakai juga merupakan Google Flutter sehingga bisa digunakan untuk menulis aplikasi Android dan iOS. Magenta pun dalam penggunaannya diketahui lebih menyasar perangkat seperti ponsel dan PC modern yang memiliki prosesor dengan performa kinerja yang tinggi.

Untuk saat ini sepertinya masih terlalu dini jika membuat spekulasi lebih jauh tentang OS baru bernama Fuchsia tersebut yang sepertinya masih hadir dalam bentuk prototype ini. OS Fuchsia yang dikembangkan oleh Google ini kemungkinan masih memerlukan waktu bertahun-tahun lagi sebelum pada akhirnya nanti siap untuk dirilis ke pasaran dan diaplikasikan ke perangkat-perangkat. Bahkan hal itu pun dengan catatan kalau sistem operasi ini benar-benar diluncurkan.

Baca juga:

Walaupun begitu, ada juga kemungkinan bahwa Fuchsia akan menjadi sistem operasi penerus dari Android atau Chrome OS. Hal ini dengan menilik lagi ke belakang ketika Android dulu juga berawal dari sebuah sistem operasi yang dikembangkan untuk kamera digital namun saat ini dipakai oleh hampir sebagian besar smartphone dan tablet. [AndroidSeluler/Bw]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *