Inilah Fungsi Lain Flashdisk Selain Untuk Menyimpan Dan Transfer Data

Fungsi Lain Flash Disk, AndroidSeluler.com ~ Flashdisk merupakan salah satu perangkat tambahan komputer yang sering kita gunakan untuk menyimpan dan melakukan transfer data dari satu komputer atau laptop ke komputer atau laptop lainnya.

Ukuran yang praktis dan kapasitas yang cukup besar untuk menampung sejumlah file seperti video, audio dan file lainnya menjadi faktor yang membuat flashdisk ini sangat laku di pasaran.

Namun, selain sebagai media penyimpanan dan transfer data, flashdisk juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal keren . apa saja kah itu simak ulasanya berikut.

Inilah Fungsi Lain Flashdisk Selain Untuk Menyimpan Dan Transfer Data

1. Instal Sistem Operasi

Salah satu hal keren yang bisa anda lakukan dengan flashdisk anda adalah memanfaatkan flashdisk tersebut sebagai media instalasi sistem operasi Linux Atau Windows. Tentunya isinya bajakan.

2. Menjalankan Aplikasi Portabel

Selain melakukan instalasi sistem operasi, anda juga bisa memanfaatkan flashdisk anda untuk menjalankan sejumlah aplikasi portabel yang sewaktu-waktu anda butuhkan, misalnya aplikasi Photoshop Portable di komputer teman anda ketika anda tiba-tiba mendapat tugas editing dan laporan.

3. Mengunci Komputer Anda

Anda juga bisa memanfaatkan flashdisk sebagai media pengunci komputer anda. Jadi, ketika sedang menyalakan komputer dan ada orang lain yang hendak menggunakan komputer anda tanpa izin, maka orang tersebut tidak akan bisa membobol komputer anda.

Itu karena satu-satunya kunci yang bisa membuka komputer anda hanyalah flashdisk anda. Tentu saja, untuk melakukan hal ini anda memerlukan aplikasi pengunci komputer seperti Predator.

5. Jadikan Sebagai Rescue Disk

Masih belum puas dengan fungsi mengunci komputer? Okelah, anda juga bisa menggunakan flashdisk untuk menyelamatkan komputer anda dari ancaman virus. Caranya adalah dengan menjadikan flashdisk anda sebagai rescue disk, tentunya dengan memanfaatkan sejumlah software seperti Kaspersky Rescue Disk.

Rescue disk di sini akan berfungsi layaknya antivirus yaitu untuk membersihkan virus yang ada pada komputer anda. Namun, dengan kondisi yang berbeda. Jika antivirus akan membersihkan virus di komputer anda pada kondisi normal, maka rescue disk akan menjadi penyelamat anda jika anda tidak bisa mengakses desktop Windows anda karena masalah virus.

6. Jadikan Sebagai RAM Virtual

RAM merupakan komponen penting dalam komputer yang berperan sebagai pembaca dan penyimpan informasi sementara. Ketika RAM anda sudah hampir penuh, tentunya anda akan merasakan penurunan peforma pada komputer anda. Nah, sebagai solusi alternatif ketika RAM anda penuh, anda bisa memanfaatkan flashdisk sebagai RAM virtual.

Bagaimana caranya? Anda tinggal mengakses Advance System Settings lalu pilih opsi Settings pada tab Advance, kemudian pilih lagi Advance, kemudian atur ukuran paging pada bagian virtual memory.

7. Menjalankan Web Server

Untuk anda para developer website, flashdisk yang anda miliki juga bisa anda jadikan sebagai sarana untuk menjalankan web server seperti MySQL dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda dalam mengakses basis data yang anda gunakan kapan saja dan di komputer mana pun. Untuk melakukan hal ini, anda perlu menggunakan aplikasi Server2Go.

Baca juga:

Bagaimana canggih bukan fungsi lain Flashdisk diatas? Makanya manfaatkan flash disk anda sebaik mungkin. Namun untuk menjaga performanya, anda harus membeli yang original, bukan yang abal abal. [AndroidSeluler/Jt]

You May Also Like

About the Author: Ranika S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *