Inilah Hal yang Menentukan Kualitas Foto, Bukan Cuma Megapiksel

Diposting pada

5 Hal yang Menentukan Kualitas Foto, AndroidSeluler.com ~ Seiring berkembangnya tren fotografi menggunakan smartphone maka  banyak vendor yang berlomba menciptakan smartphone dengan kualitas kamera, salah satunya adalah megapisel pada kamera.

Tapi tahukah anda bahwa besarnya megapiksel pada kamera itu bukan segalanya dalam menentukan kualitas foto?

5 Faktor  yang Menentukan Kualitas Foto

Untuk anda yang eksis dimedia sosial, pasti sangat puas jika foto yang anda bagikan seperti di Instagram banyak disukai orang. Agar foto yang akan anda bagikan memiliki hasil yang bagus, penting untuk mempertimbangkan 5 hal berikut ini saat akan memilih smartphone.

Resolusi (Megapiksel)

Promosi yang dilakukan oleh suatu vendor benar-benar berhasil berkaitan dengan yang satu ini. Banyak orang yang percaya bahwa semakin besar resolusi suatu kamera, hasil fotonya akan semakin bagus.

Padahal sebenarnya megapiksel hanyalah kumpulan piksel yang mampu ditampilkan kamera smartphone. Semakin besar ukuran megapiksel suatu kamera, akan semakin besar pula ukuran foto itu bisa dicetak. Namun pada kualitas foto, resolusi kamera hanyalah sebuah angka.

Sensor

Sensor yang dibawa oleh kamera smartphone memiliki peran yang lebih penting dibandingkan besarnya megapiksel. Semua megapiksel diharuskan masuk ke dalam sensor, maka jika ukuran sensornya kecil, harus kecil pula megapiksel yang dibawanya.

Jika megapiksel kamera yang dibawa tidak sesuai dengan ukuran sensornya, maka foto yang dihasilkan akan penuh dengan gradasi atau noise. Sebagai contoh, kamera smartphone dengan resolusi 12MP, hasilnya bisa lebih bagus daripada kamera dengan resolusi 20MP jika ternyata menggunakan ukuran sensor yang sama.

Lensa (Aperture)

Perhatikan jenis lensa yang dibawanya. Kualitas lensa menentukan cahaya yang masuk ke dalam sensor untuk menangkap gambar. Jika anda adalah orang yang suka mengabadikan gambar di malam hari, maka wajib bagi anda untuk mengambil smartphone yang memiliki bukaan lensa/aperture besar.

Kamera smartphone yang memiliki ukuran f/1.7 mampu menangkap cahaya lebih banyak dibandingkan f/1.8, sehingga akan membuat pengalaman foto di malam hari semakin memuaskan.

Autofocus

Faktor selanjutnya yang menentukan kualitas foto yang dihasilkan kamera smartphone adalah autofocus. Akan terasa percuma memiliki kamera dengan megapiksel yang tinggi jika tidak dibekali autofocus yang baik, apalagi jika tidak dilengkapi autofocus.

Kamera yang dibekali autofocus mampu menghasilkan foto yang lebih tajam dibandingkan kamera yang hanya memiliki teknologi fixed focus.

Masih berhubungan dengan autofocus, anda juga sebaiknya mencari smartphone yang kameranya dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization) untuk menghasilkan foto bagus tanpa harus khawatir kamera goyang sehingga menghasilkan gambar buram.

Prosesor Pengolah Gambar

Selain hardware, hal terakhir yang menentukan kualitas kamera foto pada smartphone adalah prosesor pengolah gambarnya. Pengolah gambar ini bertugas memproses gambar yang diambil oleh kamera setelah gambar ditangkap.

Pada smartphone, pengolah gambar ini bergantung pada jenis chipset serta firmware bawaannya. Selain menghindari terjadinya overheat, chipset Exynos 8890 Octa menjanjikan hasil pengolahan gambar yang lebih tajam dan memuaskan dibanding smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 810.

Nah itulah tadi faktor yang menentukan kualitas foto. Jadi buat anda yang hoby fotografi dengan smartphone maka ada baiknya faktor yang dijelaskan diatas menjadi pertimbangan sebelum membeli smartphone. Semoga bermanfaat. [AndroidSeluler/Jt]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *