Inilah Kelebihan Dan Kekurangan 4G LTE

Inilah Kelebihan Dan kekurangan 4G LTE, AndroidSeluler.com ~ 4G LTE saat ini sedang menjadi pembicaraan hangat, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia, karena merupakan sebuah generasi baru yang menggantikan 3G HSDPA di dalam dunia broadband seluler dan juga smartphone. Lalu apa kelebihan dan kekurangan 4G LTE? pertanyaan itulah yang seing ditanyakan oleh pengguna, maka dari itu kami akan memberikan informasi tentang Kelebihan dan kekurangan 4G LTE

Tentu saja sebagai salah satu jenis teknologi terbaru yang masih hangat untuk diperbincangkan dan juga dicoba, banyak komentar dan juga respon – respon yang menunjukkan kinerja dan juga performa dari teknologi seluler 4G LTE ini. Respon – respon tersebut kemudian menjadi pro dan kontra, serta kelemahan dan juga kelebihan dari teknologi 4G LTE ini sendiri. Berikut adalah pembahasan Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE dalam dunia internet.

  1. Kelebihan dari jaringan 4G LTE

Ada banyak kelebihan dari teknologi jaringan 4G LTE ini, terutama apabila dibandingkan dengan teknologi seluler lainnya, yaitu :

  • Kecepatan download seluler sebesar 100 Mbps atau lebih

Salah satu hal yang paling hebat dari koneksi jaringan 4G LTE pada smartphone anda adalah kecepatan download yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan 3G pada umumnya. Ya, biasanya, kecepatan mendownload pada smartphone tidaklah fantastis, namund dengan adanya jaringan 4G LTE ini, kecepatan download menjadi jauh lebih fantastis, bahkan bisa menyamai kecepatan download dari layanan internet rumah.

  • Streaming anti buffering dengan menggunakan telepon seluler anda

Selain mendownload menjadi lebih cepat, penggunaan jaringan 4G LTE ini juga membuat streaming menjadi jauh lebih cepat, dan tidak akan menemukan buffering pada saat anda melakukan streaming dengna menggunakan jaringan 4G LTE.

  • Pengalaman internet menjadi lebih cepat

Dengan menggunakan 4G LTE pada smartphone anda, maka akan sangat meningkatkan pengalaman berinternet anda menjadi lebih baik dan juga lebih memuaskan. Tentu saja anda dapat membuka situs – situs web dengan menggunakan smartphone anda dengan lebih mudah, lebih cepat dan juga lebih stabil dari pada hanya menggunakan teknologi 3G.

  • Video call menjadi lebih lancar dan sangat mempermudah komunikasi

Video call menggunakan jaringan 4G LTE, anda akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan menggunakan internet call dan juga video call menggunakan smartphone anda.

Meskipun dinilai memiliki banyak kelebihan, terutama dalam hal kecepatan akses internet dengan menggunakan ponsel seluler, namun demikian, jaringan 4G LTE dinilai masih memiliki beberapa kekurangan yang cukup mengganggu. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari jaringan 4G LTE, terutama yang berada di wilayah Indonesia :

  1. Kekurangan dari jaringan 4G LTE

  • Masih sedikit cakupan wilayah yang tercover oleh jaringan 4G LTE

Kekurangan pertama dari jaringan 4G LTE ini dalah dari segi cakupan wilayahnya. dikarenakan masih merupakan jaringan baru yang diimplementasikan di Indonesia, maka hal ini menjadi salah satu kendala beroperasinya jaringan 4G LTE di Indonesia. Berbeda dengan 3G, yang hampir seluruh wilayah Indonesia sudah tercover, maka untuk teknologi jaringan 4G LTE ini hanya sedikit wilayah Indonesia yang sudah tercover jaringan 4G. hanya beberapa lokasi di Pulau Jawa, serta beberapa ibukota di berbagai pulau di Indonesia yang sudah bisa merasakan teknologi jaringan 4G LTE ini.

  • Untuk dapat menikmati jaringan 4G LTE harus melakukan proses penukaran SIM Card Terlebih dahulu

Sebenarnya bukan masalah untuk menukarkan SIM Card terlebih dahulu untuk dapat menikmati jaringan 4G LTE ini. namun terkadang hal ini cukup merepotkan, karena kartu SIM bawaan yang lama ini belum dapat menerima jaringan 4G LTE, karena masih berbeda jaringan. Karena itu, jika anda ingin menikmati kecanggihan teknologi 4G LTE ini, anda tidak bisa menggunakan sim card lama anda, dan harus menukarkannya ke operator seluler kepercayaan di kota anda

  • Jaringan 4G LTE masih cenderung belum stabil, terutama ketika dibawa berpergian keluar kota atau daerah

Kelemahan lainnya dari jaringan 4G LTE ini adalah masih belum stabil. Lagi – lagi hal ini disebabkan karena area cakupan 4G LTe yang belum merata di seluruh Indonesia. Hal ini menyebabkan, ketika anda berpergian keluar kota, kemungkinan jaringan 4G LTE yang anda gunakan bisa saja mengalami gangguan, karena daerah yang akan anda kunjungi belum tercover sepenuhnya oleh jaringan 4G LTE yang anda gunakan.

  • Keterbatasan perangkat handheld atau smartphone yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE

Untuk dapat mencoba menggunakan jaringan 4G LTE ini, tentu saja anda tidak dapat menggunakan handphone biasa. Bahkan tidak semua smartphone saat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE. Karena itu, anda pun tidak bisa langsung menggunakan dan juga menikmati jaringan 4G LTE ini di handphone anda. anda harus menganti handphone anda dengan smartphone yang sudah support dengan jaringan 4G LTE. Dan beberapa handphone yang sudah mendukung 4G LTE biasanya memiliki harga beli yang cukp tinggi, belum ada handphone 4G LTE yang bisa anda peroleh dengan harga dibawah 1 juta rupiah, berbeeda degnan ponsel 3G yang bahkan dengan 500 ribu pun sudah bisa anda peroleh.

  • Kebanyakan masyarakat Indonesia yang masih berfokus pada media sosial, dan sedikit yang memanfaatkan 4G LTE untuk kepentingan lainnya.

Kelemahan lainnya dari teknologi jaringan 4G di Indonesia ini adalah dari segi utilitas. Saat ini pengguna internet di Indonesia masih berfokus pada penggunaan yang konsumtif, seperti media sosial, belanja online, dan juga browsing konten yang tidak menambah ilmu. Padahal, dengan adanya jaringan 4G LTE ini, user bisa memanfaatkan kecepatannya untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti mencari referensi pendidikan, ilmu populer terbaru, dan mengembangkan bisnis internet baru.

Dengan focus masyarakat Indonesia yang masih banyak menggunakan internet hanya untuk bermain media sosial, maka teknologi 4G LTE tidak terlalu cocok dengan karakter masyarakat Indonesia, meskipun tidak semuanya seperti itu.

Baca juga:

5 Mitos Tentang 4G LTE yang Selama Ini Dipercaya

Koneksi Internet Cepat di Smartphone Android Anda, Bisa Hanya Pakai 4 Cara Ini Lho!

Ternyata Hanya Mitos, Bukannya Mempercepat, Malah Lambat Internetnya

 Itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan 4G LTE. Walau bagaimanapun kekuranganya sudah selayaknya kita acungi jempol karena kelebihan yang di ada di jaringan 4G LTE. [AndroidSeluler/Dn]

You May Also Like

About the Author: Sr. Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *